x

Profil Mencengangkan Malick Thiaw: Bek AC Milan yang Makin Berkilau

Rabu, 15 Februari 2023 20:05 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
Malick Thiaw pemain Schalke 04. Foto: schalke04

INDOSPORT. COM - Malick Thiaw belakangan mampu menunjukkan performa yang makin berkilau, dalam perannya mengisi barisan pertahanan AC Milan.

Dua laga terakhir yang dimainkan AC Milan, Malick Thiaw selalu dipercaya tampil sejak menit awal oleh pelatih Stefano Pioli.

Kepercayaan Pioli terhadapnya, ternyata bisa dibayar bek asal Jerman ini dengan kualitas permainan yang mengundang decak kagum.

Baca Juga

Keberadaan Thiaw yang menempati sektor kiri pertahanan dalam skema tiga bek, sukses mengantarkan AC Milan meraih dua kemenangan beruntun.

Pertama, Thiaw berkontribusi dalam keberhasilan Rossoneri mengalahkan Torino 1-0 di laga lanjutan Liga Italia 2022/23, akhir pekan lalu.

Selanjutnya, ia kembali mengulang kesuksesan serupa ketika AC Milan berjumpa Tottenham Hotspur di leg pertama 16 besar Liga Champions 2022/23, Rabu (15/2/23) dini hari tadi.

Pasca membawa timnya menang 1-0 atas Tottenham, Thiaw langsung menjadi buah bibir sejumlah penikmat sepakbola, khususnya para penggemar AC Milan.

Bahkan, Pioli juga tak sungkan untuk memberikan pujian terhadap kualitas permainan yang ditunjukkan Thiaw.

"Malick adalah pemain yang bekerja dengan sangat baik," ungkap Stefano Pioli kepada Sky Sport via MilanNews.

"Orang-orang mungkin berpikir dia akan meninggalkan klub karena jarang dimainkan."

"Klub telah berinvestasi pada pemain muda yang berbakat, tapi tidak semua pemain asing bisa langsung siap," ucapnya menambahkan.


1. Rekam Jejak Karier

Malick Thiaw (kiri) berduel dengan Marcus Thuram di laga Schalke 04 vs Borussia Monchengladbach (13/08/22). (Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen)

Malick Thiaw merupakan bek tengah berkebangsaan Jerman yang lahir di Duesseldorf, pada Agustus 2001 silam.

Melihat tahun kelahirannya, jelas kentara bahwa status Thiaw saat ini masih tergolong pemain muda di jagat sepakbola Eropa.

Kemampuan Thiaw sejak kecil sudah terbina bersama sejumlah akademi sepakbola milik tim-tim top Liga Jerman, seperti Fortuna Duesseldorf, Bayer Leverkusen, Borussia Moenchengladbach, dan Schalke 04.

Baca Juga

Seiring perkembangan kualitas permainannya, Thiaw yang belum genap berusia 20 tahun, akhirnya mendapat kontrak profesional dari Schalke pada 2020 lalu.

Menembus tim senior Schalke, Thiaw ternyata cepat beradaptasi dan segera mendapatkan menit bermain reguler.

Musim 2019/20, Thiaw memang hanya mendapat empat kali kesempatan bermain, tapi itu langsung meningkat drastis di musim berikutnya.

Sepanjang musim 2020/21, Thiaw total mengemas 22 penampilan bersama Schalke di berbagai ajang.

Meski pada musim 2020/21 Schalke harus terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Jerman, semangat Thiaw untuk meningkatkan kualitas permainannya tetap tak surut.

Musim 2021/22, Schalke yang bermain di kasta kedua, mempercayakan Thiaw menjadi pilihan utama di lini belakang.

Hasilnya berbuah manis, Thiaw yang tampil 31 kali di kasta kedua Liga Jerman, sukses mengantarkan Schalke mendapatkan tiket promosi.

Berkat penampilan apiknya bersama Schalke, Thiaw mendapat tawaran bergabung dengan AC Milan pada bursa transfer musim panas 2022.

Ia menerima tawaran tersebut dan resmi berlabuh ke San Siro dengan status pemain pinjaman.


2. Pesona Thiaw di AC Milan

Brahim Diaz (tengah) merayakan golnya di laga AC Milan vs Tottenham Hotspur (15/02/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Sejak pertama kali didatangkan dari Schalke O4, Stefano Pioli, selaku pelatih AC Milan, yakni betul kalau Malick Thiaw memiliki potensi menjanjikan.

“Dia adalah pemain dengan potensi besar. Dia cepat, cerdas, punya teknik serta postur bagus. Dia adalah pemain yang punya karakteristik tepat untuk berada dalam tim kami,” tutur pelatih AC Milan, Stefano Pioli, pada Agustus 2022 lalu.

Namun Pioli paham betul, pemain muda seperti Thiaw tak bisa langsung dijadikan pilihan utama di tim besar seperti AC Milan.

Baca Juga

Thiaw pun harus bersabar menunggu kesempatan, dan lebih banyak dijadikan Pioli sebagai penghangat bangku cadangan tim.

Kesabaran Thiaw justru berbuah manis ketika Rossoneri menderita puasa kemenangan tujuh laga beruntun di awal tahun 2023.

Pioli yang coba melakukan revolusi taktik, mempercayakan Thiaw tampil sejak menit awal dalam laga pekan ke-22 lanjutan Liga Italia 2022/23 kontra Torino.

Penampilan Thiaw di laga itu tak hanya sukses mengantarkan AC Milan menang 1-0 atas Torino, tapi ia juga menunjukkan performa apik dengan rating 7.5 berdasarkan data Whoscored.

Usai penampilan cemerlang kontra Torino, Thiaw lagi-lagi dipercaya tampil sejak menit awal di laga leg pertama 16 besar Liga Champions 2022/23 melawan Tottenham Hotspur.

Thiaw yang dalam laga kontra Tottenham itu menjalani debutnya di ajang Liga Champions, kembali menunjukkan kualitas performa cemerlang.

Rating performa Thiaw berdasarkan data Whoscored menunjukkan angka 7.5, dengan kontribusi tujuh tekel sukses. 

Ia bahkan turut berperan dalam proses terciptanya satu-satunya gol kemenangan AC Milan yang dicetak oleh Brahim Diaz di menit ke-7.

Gol Brahim Diaz terjadi lewat proses membangun serangan dari lini belakang yang diawali umpan matang Thiaw.

AC MilanLiga ItaliaMalick Thiaw

Berita Terkini