x

3 Pemain Belanda dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Manchester United

Sabtu, 18 Februari 2023 06:41 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Ruud van Nistelrooy (kiri) berselebrasi dengan Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT. COM - Kiprah Manchester United selaku klub Liga Inggris, cukup sering mendatangkan pemain-pemain asing berkebangsaan Belanda ke dalam skuat mereka.

Sepanjang sejarah berdirinya klub, total sudah ada 16 orang pemain asal Belanda yang pernah menjadi bagian dari skuat Setan Merah.

Mungkin ke depannya, jumlah pemain yang ada dalam daftar tersebut bisa saja akan bertambah banyak lagi secara signifikan.

Baca Juga

Faktor sosok pelatih MU sekarang yang kebetulan juga berasal dari Belanda, Erik ten Hag, tentu menjadi pemicu utamanya.

Ten Hag punya referensi luas tentang peta kekuatan sepakbola di negerinya, dan berpotensi mempengaruhi kebijakan bursa transfer Man United.

Belum genap semusim membesut MU saja, eks juru taktik Ajax Amsterdam itu telah dua kali memboyong pemain asal Belanda ke Old Trafford, yakni Tyrell Malacia dan Wout Weghorst.

Namun harus diingat kembali, bahwa tidak semua pemain asal Belanda yang berpengalaman menjalani karier di Old Trafford, bisa mencapai level benar-benar sukses.

Berikut kami rangkum rekam jejak pemain asal Belanda tersukses di Man United, berdasarkan ukuran jumlah penampilannya.

Semakin banyak sang pemain mengemas jumlah penampilan, berarti kualitasnya sungguh diandalkan MU, sehingga layak disebut benar-benar sukses.


1. Edwin van der Sar

Edwin van der Sar .

Perjalanan karier sepakbola milik kiper asal Belanda ini memang begitu melegenda bersama klub Liga Inggris, Manchester United.

Pertama kali didatangkan dari Fulham pada musim panas 2005, Edwin van der Sar langsung dipercaya menjadi penjaga gawang utama Setan Merah.

Van der Sar pun mampu menunjukkan kualitas performa yang cemerlang dalam menjalankan tugasnya mengawal jala gawang MU.

Baca Juga

Buktinya, ia bisa mengemas 266 penampilan sepanjang membela Man United, atau terbanyak di antara pemain-pemain Belanda lain yang pernah menjadi bagian dari publik Old Trafford.

Kebersamaan panjang Van der Sar dengan Man United juga berhasil mempersembahkan sejumlah trofi juara bergengsi, seperti gelar Liga Champions 2007/08, serta empat gelar Premier League.

Keberlangsungan karier Van der Sar di Man United diketahui berakhir pada 1 Juli 2011, yang ditandai dengan keputusannya pensiun di Old Trafford.

Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy dan Alex Ferguson.

Kebersamaan Ruud van Nistelrooy dengan Manchester United memang tidak sampai pensiun di Old Trafford, seperti yang dilakukan oleh Edwin van der Sar.

Namun, Van Nistelrooy tetap termasuk pemain asing asal Belanda yang rekam jejak kariernya di MU tergolong benar-benar sukses.

Nistelrooy menjadi pemain Belanda dengan jumlah penampilan terbanyak kedua di Man United, dengan total 219 laga.

Perannya sepanjang memperkuat Setan Merah, dikenal sebagai penyerang yang sungguh mematikan dalam urusan menjebol gawang lawan.

Buktinya, selama periode 2001-2006 berkostum MU, ia mampu menyabet lima penghargaan top skor di berbagai ajang; satu kali top skor Premier League, satu kali top skor Piala FA, dan tiga kali top skor Liga Champions.


2. Daley Blind

Daley Blind sempat melakukan blunder dalam laga persahabatan melawan Sampdoria.

Datang pada pasca era kepelatiha Sir Alex Ferguson, Daley Blind ternyata tetap mampu menunjukkan kontribusi mencengangkan buat Manchester United.

Hal itu terlihat dari catatan pribadinya yang menjadi pemain Belanda dengan jumlah penampilan terbanyak ketiga di Manchester United.

Sepanjang membela MU sedari 2014 hingga 2018, Blind tercatat mampu mengemas total 141 penampilan dalam berbagai ajang.

Baca Juga

Faktor yang membuat ia sering mendapat menit bermain karena keahliannya menempati beberapa posisi, mulai dari bek tengah, bek sayap kiri, hingga gelandang tengah.

Namun sungguh disayangkan, secara raihan trofi, perjalanan karier Blind di Man United tidak secemerlang Van der Sar ataupun Nistelrooy.

Kiprah Blind memang tidak pernah bisa mengantarkan MU sampai ke level prestasi meraih gelar juara Premier League.

Hanya saja, ia berhasil mempersembahkan gelar Liga Europa yang diraihnya bersama Man United asuhan Jose Mourinho pada musim 2016/17.

Manchester UnitedBelandaLiga Inggris

Berita Terkini