x

Profil Stefan Bajcetic, Bocah Ajaib Pengganti Georginio Wijnaldum di Liverpool

Sabtu, 18 Februari 2023 16:34 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Stefan Bajcetic mencetak gol di laga Liga Inggris Aston Villa vs Liverpool (27/12/22). Foto: Reuters/Paul Childs.

INDOSPORT.COM - Siapa sih Stefan Bajcetic? Pemain muda yang baru naik daun di klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dan bisa jadi pengganti Gini Wijnadum?

Liverpool saat ini sedang memiliki isu di lini tengah, seiring para pemain andalan Jurgen Klopp yang mulai menua dan terkadang tampil angin-anginan.

Ada banyak saran maupun dorongan untuk Liverpool agar segera menambah stok gelandang mereka, agar tidak makin terseok-seok ke depannya.

Terlepas dari Jude Bellingham yang sudah diincar lama, ada Stefan Bajcetic yang bisa menjadi prospek cerah klub untuk masa yang akan datang.

Tidak seperti Jude Bellingham, Liverpool pun tidak perlu pusing-pusing memikirkan berapa dana yang harus mereka gelontorkan untuk Stefan Bajcetic.

Baca Juga

Gelandang muda berusia 18 tahun ini sudah bergabung dengan Liverpool sejak 2020 lalu, direkrut dari klub Liga Spanyol, Celta Vigo.

Ia sudah beberapa kali menunjukkan kemampuannya baik di hadapan Jurgen Klopp maupun suporter setia The Reds, saat tampil di laga-laga jeda Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Ia sempat bermain untuk Liverpool di ajang Dubai Super Cup 2022 beberapa waktu lalu bersama dua gelandang lainnya, Thiago Alcantara dan Harvey Elliott.

Stefan Bajcetic juga bermain di pertandingan Piala Liga Inggris menghadapi Derby County di putaran ketiga, kemudian Manchester City di putaran keempat.

Pada waktu itu, ia dimainkan Jurgen Klopp sebagai gelandang bertahan, yang mana sedikit berbeda dengan peran Stefan Bajcetic di pertandingan lainnya.

Baca Juga

1. Stefan Bajcetic Jadi Prospek Menjanjikan

Jurgen Klopp (kanan) memeluk Stefan Bajcetic setelah mencetak gol di laga Aston Villa vs Liverpool (27/12/22). Foto: REUTERS/Carl Recine.

Akan tetapi, bermain sebagai gelandang bertahan di Derbi Merseyside tempo hari ternyata membuat nama Stefan Bajcetic kembali jadi sorotan.

Bahkan, penampilannya yang cemerlang saat melawan Everton itu mendapat perhatian serta pujian dari sang senior, Mohamed Salah dan Jordan Henderson.

Dua pentolan Liverpool tersebut mengatakan bahwa Stefan Bajcetic adalah pemain terbaik di partai Derbi Merseyside yang berakhir dengan skor 2-0 tempo hari.

Apalagi, banyak yang menyebutnya bermain seperti Giorginio alias Gini Wijnaldum, gelandang yang angkat kaki dari Liverpool pada 2021 lalu ke PSG.

Berdasarkan catatan Liverpool Echo, Stefan Bajcetic berhasil memenangi semua tekel dan duel udara yang dibuatnya di pertandingan kontra The Toffees.

Baca Juga

Rapor di partai Derbi Merseyside ini pun menjadi modal apik bagi sang pemain untuk makin mencuri hati Jurgen Klopp dan para penggemar setia The Reds.

Terlebih lagi, selama ini Jurgen Klopp dikenal sebagai pelatih yang sering memberi para pemain muda Liverpool kesempatan untuk unjuk gigi di lapangan.

Baca Juga

Stefan Bajcetic adalah putra mantan pesepak bola Serbia, Srdjan. Tidak ayal, kehebatan remaja yang satu ini memang murni berkat gen turunan orang tuanya.

Kesempatan yang didapat Stefan Bajcetic untuk unjuk gigi bersama tim senior juga tidak lepas dari peran asisten Jurgen Klopp, Pepjin Lijnders.

Selain itu, ada pula peran dari pelatih elite development Liverpool, Vitor Matos. Keduanya paham betul kualitas seperti apa yang dimiliki oleh Stefan Bajcetic.

Baca Juga
 

2. Stefan Bajcetic Bisa Makin Bersinar

Jurgen Klopp (kanan) memeluk Stefan Bajcetic setelah mencetak gol di laga Aston Villa vs Liverpool (27/12/22). Foto: REUTERS/Carl Recine.

Meski memiliki skill dan kapasitas untuk menonjol, keberadaan Stefan Bajcetic di tim utama Liverpool sempat diakui sang ayah sebagai tuah keberuntungan.

Pasalnya, ada cukup banyak gelandang senior yang tidak mampu berbuat banyak di lapangan tengah, entah karena cedera maupun hal lainnya.

Kesempatan ini tentu tidak disia-siakan oleh Stefan Bajcetic, yang tentu saja tidak mengandalkan aji mumpung karena ia sendiri memiliki bakat yang hebat.

“Dia beruntung banyak yang cedera di lapangan tengah, dan sejak awal dia memang sudah berlatih bersama tim utama,” ucap Srdjan Bajcetic seperti diwartakan Sportskeeda.

Kini, keberadaan Stefan Bajcetic di lapangan tengah cukup berarti bagi Jurgen Klopp, yang saat ini sedang berusaha menarik Liverpool dari jurang keterpurukan.

Liverpool saat ini bertengger di peringkat 9 klasemen Liga Inggris 2022-2023 dengan 32 poin dari 21 pertandingan, mencatatkan 9 kemenangan, 5 imbang, dan 7 kekalahan.

Mereka sudah tersingkir dari Piala Liga Inggris dan Piala FA, namun masih bertahan di 16 besar Liga Champions - meski calon lawannya adalah Real Madrid.

Berkaca pada sisa pertandingan Liverpool hingga akhir musim 2022-2023, bukan tidak mungkin Stefan Bajcetic akan kembali diandalkan Jurgen Klopp di starting line up-nya.

Menit bermainnya d Liga Inggris makin bertambah, termasuk tampil penuh 90 menit di laga melawan Everton dan 82 menit saat menghadapi Chelsea.

Selain itu, gelandang asal Spanyol itu juga sudah bermain di Liga Champions, bahkan berhadapan dengan lawan-lawan besar seperti Ajax dan Napoli.

Sumber: sportskeeda, liverpoolfc.com

LiverpoolLiga Primer InggrisGeorginio WijnaldumLiga InggrisBerita Liga InggrisOne FootballStefan Bajcetic

Berita Terkini