x

Liga Champions: Man City Tidak Ganti Pemain, Guardiola Contek Taktik Nyeleneh Mourinho?

Kamis, 23 Februari 2023 09:39 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat menemati timnya di Liga Champions melawan Borussia Dortmund

INDOSPORT.COMManchester City lakukan strategi unik saat melakoni leg pertama babak 16 besar Liga Champions kontra RB Leipzig, Kamis (23/02/23) dini hari WIB tadi. Skuad asuhan Pep Guardiola tersebut tak melakukan pergantian pemain selama 90 menit!

Seperti diketahui, laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/23 antara RB Leipzig dan Man City harus berkesudahan dengan skor imbang 1-1.

Bertanding di Red Bull Arena Leipzig, kedua tim memainkan permainan menyerang dan tampil dominan di masing-masing babak.

Manchester City yang berstatus tim tamu, berhasil membuka keunggulan lebih dulu melalui aksi Riyad Mahrez menit ke-27’.

Namun pada pertengahan babak kedua, RB Leipzig mampu membalas gol tamunya itu lewat bek andalannya, Josko Gvardiol.

Baca Juga

Di sisa akhir laga, kedua tim sama-sama saling menekan namun skor 1-1 tetap tak bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan hasil ini, baik Manchester City maupun RB Leipzig harus saling mengalahkan pada leg kedua untuk mengamankan tiket ke babak perempat final.

Baca Juga

Partai leg kedua 16 besar Liga Champions 22/23 antara Manchester City vs RB Leipzig sendiri bakal berlangsung pada Rabu (15/03/23) mendatang di markas Man City, Etihad Stadium.

Pasca pertandingan sengit semalam, terdapat sebuah catatan menarik yang ditorehkan kedua tim terutama Manchester City sebagai tim tamu.

Tercatat sepanjang 90 menit laga berjalan, Manchester City tak melakukan satu pergantian pemain pun dalam starting XI mereka.

Baca Juga

1. Tiru Manchester United

Jose Mourinho saat menukangi Manchester United

Sepanjang laga berjalan, pelatih Pep Guardiola tidak menarik ataupun mengganti para pemain utamanya hingga pertandingan usai.

Pelatih asal Spanyol tersebut tampak sangat yakin dengan starting pilihannya, padahal pada menit ke-70’ mereka mampu kebobolan oleh tuan rumah.

Melihat dari daftar pemain Manchester City saat menghadapi RB Leipzig semalam, memang cukup banyak pemain muda yang dibawa Guardiola.

Namun masih ada beberapa pemain senior yang mungkin bisa jadi pembeda andai dimainkan Pep Guardiola seperti Julian Alvarez dan Phil Foden.

Akan tetapi, pelatih Manchester City tersebut masih tetap yakin dengan formasi awalnya dan terus memainkan Halland cs hingga full time.

Baca Juga

Melansir dari laman Opta, kejadian tak mengganti satu pemain pun dalam ajang Liga Champions, sejatinya bukan hal asing buat tim Inggris.

Pasalnya pada tahun 2018 lalu, Manchester United juga pernah melakukan serupa yakni tidak mengganti pemain yang tampil sebagai starter hingga laga usai.

Baca Juga

Manchester United yang saat itu masih dilatih oleh Jose Mourinho, berhadapan dengan Juventus dalam matchday ketiga penyisihan Grup H Liga Champions.

Berstatus sebagai tuan rumah, Mourinho terlihat percaya diri dengan terus memainkan trio Lukaku, Marcus Rashford serta Anthony Martial sebagai lini serang mereka.

Meski sudah kebobolan lebih dulu di menit 1’, namun hingga injury time babak kedua berakhir tidak ada satu pemain pun yang ditarik keluar oleh Mourinho.

Berbeda dengan Manchester City yang sukses terhindar dari kemenangan, taktik tanpa pergantian pemain yang dilakukan Jose Mourinho justru gagal membawa Manchester United raih kemenangan.

Baca Juga
Manchester UnitedManchester CityJose MourinhoLiga ChampionsPep GuardiolaRB Leipzig

Berita Terkini