x

Barnabas Sobor Dicoret dari Timnas U-20 Karena Attitude Buruk? Begini Penjelasan Indra Sjafri

Sabtu, 25 Februari 2023 20:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Barnabas Sobor (tengah) saat Latihan Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C Senayan, Rabu (08/02/23).

INDOSPORT.COM - Bek Persija Jakarta, Barnabas Sobor ramai jadi perbincangan netizen usai dicoret dari daftar pemain Timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia U-20 2023. Ia diduga dicoret karena umpatan kasar di media sosial.

Seperti diketahui, pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong memilih 23 pemain berdasarkan penampilan selama pemusatan latihan dan tiga laga uji coba internasional di Jakarta.

Mengingat Barnabas Sobor minim kontribusi di tiga laga dalam Turnamen Mini U-20 lalu, maka namanya dicoret oleh Shin Tae-yong dan tidak ikut serta ke Piala Asia U-20 2023.

Namun, banyak yang menganggap jika pencoretan Barnabas Sobor dari Timnas U-20 adalah imbas dari kata-kata kasar yang ia tuliskan di media sosial Instagram.

Ketika Timnas Indonesia U-20 kalah 0-1 melawan Guatemala, Selasa (21/01/23) lalu, Barnabas Sobor malah menulis kata 'mampus' di Instagram Story.

Baca Juga

Saat itu, Barnabas Sobor memang tidak bermain dan unggahan kata-kata kasar di Instagram membuatnya jadi bulan-bulanan netizen.

Dikonfirmasi soal apakah pencoretan Barnabas Sobor berhubungan dengan attitude buruk, direktur teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan tidak mengetahuinya.

Baca Juga

Indra Sjafri menjelaskan, semua keputusan soal tim dan pemain sepenuhnya berada di tangan Shin Tae-yong.

"Saya kalau keputusan teknis, ga ikut. pencoretan, pemanggilan pemain, saya tak ikut. Saya hanya diskusi dalam hal hal umum, bagaimana road map bisa berjalan baik, terus mengenai hal lain di luar teknis yang lebih spesifik," jelas Indra Sjafri.

Baca Juga

1. Klarifikasi

Barnabas Sobor (tengah) saat Latihan Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C Senayan, Rabu (08/02/23).

Sementara itu, Barnabas Sobor telah memberikan klarifikasi. Ia menyampaikan, kata-kata 'mampus' yang ia tuliskan tidak merujuk kepada Timnas Indonesia U-20 yang sedang berjuang menghadapi Guatemala.

Pemain asal Papua itu mengaku saat itu ia kalah main play station bersama temannya, lalu mengumpat di Instagram. Tetapi ia salah momentum karena saat itu Timnas U-20 juga sedang bertanding.

Melalui insta stroy, Barnabas Sobor meminta pihak media untuk membantu menyebarkan permintaan maaf darinya ke masyarakat.

"Di sini saya mau menjelaskan sebenarnya yang kemarin saya naikin story 'mampus' itu terus saya pake emot ketawa," jelasnya.

Baca Juga

"Sebenarnya itu bertabrakan langsung sama coach dan temen-temen Timnas U-20. Saya enggak tahu juga kalau skor akhir 1-0 buat kemenangan Guatemala, soalnya saya enggak lanjut nonton di babak kedua."

Terlepas dari permasalahan tersebut, Timnas Indonesia U-20 kini telah tiba di Uzbekistan. Skuad Garuda Nusantara akan beraksi di Piala Asia U-20 2023 mulai 1-18 Maret mendatang.

Baca Juga

Indonesia berada di Grup A Piala Asia U-20 tahun ini bersama tuan rumah, Uzbekistan, Suriah dan Irak.

Hasil di Piala Asia U-23 2023 akan jadi acuan Shin Tae-yong untuk membentuk skuad menuju Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, Indonesia akan jadi tuan rumah event dua tahunan tersebut.

Baca Juga
PSSIIndra SjafriLiga IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini