x

Madura United Perkuat Mental Hadapi Tim Kandidat Juara Liga 1 Persija

Minggu, 26 Februari 2023 11:04 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Madura United langsung dihadapkan dengan lawan sangat berat, Persija Jakarta, di tengah misi untuk memulihkan fisik dan mental usai terpuruk di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Madura United langsung dihadapkan dengan lawan sangat berat, Persija Jakarta, di tengah misi untuk memulihkan fisik dan mental usai terpuruk di Liga 1.

Ingatan Otavio Dutra dkk tentu saja belum hilang ketika mengalami kekalahan telak 4 gol tanpa balas di markas Bhayangkara FC, Senin (20/02/23) lalu.

Kini, tim dengan julukan Laskar Sape Kerrab sudah harus menghadapi Persija Jakarta, tim kandidat terkuat untuk menjuarai Liga 1 musim ini.

Kedua tim dijadwalkan bertemu pada lanjutan pekan ke-27 Liga 1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan Minggu (26/02/23).

Kekalahan telak dari Bhayangkara FC jelas memukul mental bertanding pemain. Hal inilah yang coba terus diperbaiki Madura United selama masa persiapan.

Baca Juga

"Kekalahan (0-4) itu tentu menjadi pukulan telak untuk kami," ujar Pelatih Madura United, Fabio Araujo Lefundes dalam pre-match press conferrence Sabtu (25/02/23).

"Karena kami memulai laga dengan baik, menciptakan peluang gol, tapi malah kebobolan dengan banyak gol," ujar pelatih kebangsaan Brasil tersebut.

Baca Juga

Maka dari itu, Lefundes mengingatkan anak asuhnya untuk menepikan segera sikap emosional. Bagaimana pun situasi laga, harus disikapi dengan tenang.

Terlebih, Riko Simanjuntak dkk dikenal punya strategi jitu dalam memainkan ritme permainan maupun emosi para pemain lawan dalam laga yang ketat.

"Kalau sudah emosi, (akal sehat) tidak akan berfungsi dengan baik. Kondisi itu juga akan melemahkan fisik," ujar Fabio Lefundes.

Baca Juga

1. Unggul Recovery

Prediksi pertandingan antara Madura United vs Persija Jakarta (BRI Liga 1).

Salah satu faktor penting dalam mendukung optimisme Madura United untuk mengamankan tiga angka adalah kembali bertanding di home.

Tak hanya itu, Hugo Gomes dkk juga dipastikan tidak berjuang sendirian. Lantaran izin keamanan memperbolehkan penonton hadir lagi di tribun.

"Kami selalu percaya bisa tampil lebih maksimal setiap kali bertanding di kandang sendiri," ucap Pelatih Madura United, Fabio Lefundes.

"Kami sangat ingin meraih hasil maksimal. Dan kami akan berusaha sangat keras untuk mencapai hasil tersebut," tambah dia.

Faktor lain yang turut mendukung misi tiga angka Madura United adalah keunggulan dari waktu recovery yang lebih banyak dibanding lawan.

Baca Juga

Tim kebanggaan warga pulau garam itu setidaknya bisa melakukan persiapan selama empat hari sejak bertandang ke markas Bhayangkara FC, Senin (20/02/23) lalu.

Sementara Madura United mulai bersiap, Persija Jakarta justru bertanding ketika menjamu Barito Putera di Stadion Patriot Bekasi, Selasa (22/02/23).  

Baca Juga

"Ya, kami mendapatkan dua hari yang lebih (dibandingkan Persija untuk recovery dan) persiapan jelang pertandingan ini," ungkap Lefundes.

Kendati demikian, Lefundes sadar betul bahwa dua modal itu tak akan cukup untuk mengalahkan tim sekelas Persija Jakarta.

"Tapi semua pemain sudah mengerti tentang tugas apa saja yang akan dilakukan pada pertandingan nanti," pungkas pelatih Madura United di Liga 1 tersebut.

Baca Juga
Persija JakartaMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Fabio Araujo Lefundes

Berita Terkini