x

Asisten Pelatih Persis Solo Gabung, Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2023 Langsung Bergerak

Rabu, 1 Maret 2023 13:46 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Indra Sjafri soal melatih Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2022.

INDOSPORT.COM - Indra Sjafri kembali reuni dengan Eko Purdjianto untuk memegang Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2023. Reuni ini sudah diungkapkan tim Persis Solo.

Indra merupakan sosok yang lama bekerja bareng Eko. Setelah kesuksesan bersama Timnas Indonesia era Evan Dimas Darmono, duet ini kembali berlanjut di tim Bali United.

Dua tahun Indra dan Eko bersama membentuk pondasi tim Bali United. Nama-nama yang mereka persiapkan pada tahun 2015-2016 masih ada di tim Bali United hingga sekarang, seperti Yabes Roni, Ricky Fajrin hingga Lerby Eliandry.

Setelah Indra memutuskan kembali ke Timnas, Eko tetap berada di Bali United. Eko mendampingi Stefano Cugurra Teco untuk mengunci gelar Liga 1 2019.

Setelah dari Bali United, Eko menerima tawaran masuk staf kepelatihan Persis Solo. Eko menjadi sosok yang berjasa ketika Persis Solo menjadi juara Liga 2 2021 serta kini ada di papan tengah Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

Ternyata, takdir yang membawa keduanya bersatu lagi. Persis Solo memastikan Eko akan menyusul Indra Sjafri ke Timnas proyeksi SEA Games 2023 setelah mempublikasikan adanya surat dari PSSI.

Ya, PSSI mengirimkan surat tertanggal 22 Februari 2023 dengan nomor 622/AGB/63/II-2023. Eko sudah meninggalkan tim setelah Persis Solo dibekuk Bali United 1-3 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (27/02/23).

Baca Juga

Bagi Eko, kembali menjadi bagian dari staf kepelatihan Timnas selalu membanggakan. Ketika masih menjadi pemain, Eko harus terbang ke berbagai negara setiap waktu karena rutin jadi pilihan di posisi bek tengah tim Garuda.

"Tentunya sangat bangga dan senang bisa bergabung kembali bersama Timnas. Saya akan menjadi staf pelatih di sana mendampingi Coach Indra Sjafri," kata Eko Purdjianto, Selasa (28/02/23).

Ternyata, Eko dan Indra Sjafri langsung bergerak lebih cepat. Dua figur ini akan bersiap melakukan pemilihan pemain menuju SEA Games 2023.

Baca Juga

1. Peluang Pemain Persis Solo ke SEA Games 2023

Kanu Helmiawan gelandang Persis Solo mendapat panggilan pemusatan Timnas Indonesia U-23

"Besok pagi (Rabu) saya akan berangkat ke Jakarta dan bergabung untuk mempersiapkan pemusatan latihan SEA Games tahap 1," tutur Eko Purdjianto.

Kemungkinan besar Eko akan turut serta membawa beberapa pemain Persis Solo ke SEA Games 2023. Ada dua nama yang begitu mencolok di skuat Laskar Sambernyawa, yakni  Muhammad Kanu Helmiawan dan Irfan Jauhari.

Kanu dan Irfan merupakan pemain yang sempat masuk Timnas Indonesia U-20 proyeksi Piala Dunia U-20 2021. Sayangnya, pandemi Covid-19 membuat ajang kala itu dibatalkan.

Baca Juga

Terkait hal itu, Eko tak menampik. Namun, dia tak menyebutkan siapa saja nama-nama yang akan diberi kesempatan masuk skuat proyeksi SEA Games 2023.

"Ada kemungkinan pemain muda Persis mendapatkan kesempatan untuk ikut bergabung bersama Timnas," papar Eko.

Baca Juga

Persis Solo belum mengumumkan siapa sosok yang akan menggantikan Eko Purdjianto sebagai asisten pelatih pendamping Leonardo Medina Arellano.

Saat pertandingan melawan Bali United, di jajaran staf kepelatihan Persis Solo juga sudah tidak ada nama Rasiman. Hanya ada nama pelatih muda, Tithan Suryata, yang menjabat sebagai asisten pelatih.

Baca Juga

Persis Solo sendiri masih menyisakan tujuh partai di Liga 1 2022/2023. Terdekat, Laskar Sambernyawa akan menantang PSM Makassar di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (05/03/23) sore.

Indra SjafriLiga IndonesiaEko PurdjiantoTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini