x

Fakta-Fakta yang Tercipta di Laga Liverpool vs Manchester United: Mohamed Salah Luar Biasa!

Senin, 6 Maret 2023 12:06 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mohamed Salah di laga Liverpool vs Manchester United, 5 Maret 2023. Foto: REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Mohamed Salah dkk menggila di big match Liga Inggris (Premier League) antara Liverpool vs Manchester United, Minggu (05/03/23).

Tidak tanggung-tanggung, The Reds menang besar dengan skor 7-0. Tidak sekali pun mereka berbaik hati memberi kesempatan bagi sang lawan untuk bernapas.

Setan Merah yang diperkuat Marcus Rashford sebagai andalan utama dan mesin gol di lini depan ternyata tidak mampu berbuat apa-apa.

Cody Gakpo membuka keunggulan Liverpool lewat golnya pada menit ke-43. Kedudukan lalu berhasil digandakan Darwin Nunez di awal babak kedua.

Tidak cukup sampai di situ, Cody Gakpo kembali membukukan gol keduanya dan menyulap tulisan di papan skor menjadi 3-0 pada menit ke-50.

Baca Juga

Belum puas, Liverpool makin menggila setelah Mohamed Salah mencetak gol keempat lalu disambung lagi oleh Darwin Nunez hingga skor menjadi 5-0.

Anak-anak asuh Jurgen Klopp kemudian memastikan kemenangan 7-0 berkat tambahan dua gol dari Mohamed Salah dan Roberto Firmino jelang peluit panjang.

Baca Juga

Kemenangan di laga Liverpool vs Manchester United ini pun dipastikan membawa senyum lebar bagi Jurgen Klopp dan para pemainnya.

Apalagi, saat ini mereka sedang dalam misi bangkit di Liga Inggris usai terlempar ke papan tengah klasemen karena rentetan penampilan yang buruk.

Big match Liverpool vs Manchester United ini pun menjadi angin segar tersendiri bagi Mohamed Salah dkk dan ada sejumlah fakta yang tercipta pula selepas laga. Apa saja?

Baca Juga

1. Mohamed Salah Luar Biasa

Mohamed Salah mencatatkan rekor hebat setelah laga Liverpool vs Manchester United, Minggu (05/03/23). Foto: REUTERS/Phil Noble.

Pemain asal Mesir ini memang jagonya mencetak rekor bagi Liverpool baik di ajang Liga Inggris, Liga Champions, maupun kompetisi-kompetisi lainnya.

Di pertandingan Liverpool vs Manchester United semalam pun ia lagi-lagi menunjukkan magisnya yang sempat memudar dalam beberapa waktu terakhir.

Berkat dua golnya ke gawang David de Gea, ia berhasil melampaui catatan Robbie Fowler sebagai top skor Liverpool sepanjang masa di kancah Liga Inggris.

Mohamed Salah saat ini telah mencetak 129 gol di Premier League Liga Inggris untuk Liverpool, sejak bergabung dari AS Roma pada 2017 lalu.

Capaian tersebut satu angka lebih tinggi dari Robbie Fowler yang mencatatkan 128 gol bagi Liverpool di kompetisi kasta teratas Liga Inggris tersebut.

Baca Juga

Selain itu, Mohamed Salah juga menjadi pemain pertama Liverpool yang selalu mencetak gol di enam pertandingan beruntun The Reds menghadapi Setan Merah.

Tidak sampai di situ saja. Mohamed Salah juga menorehkan catatan hebat setelah laga Liverpool vs Manchester United pada matchday 26 Liga Inggris 2022-2023.

Baca Juga

Menurut OptaJoe, sang pemain sudah terlibat dalam 30 kontribusi gol Liverpool musim ini di semua kompetisi, dengan rincian 10 assist dan 20 gol atas namanya sendiri.

Catatan tersebut pun menjadikannya satu-satunya pemain Liga Inggris dengan dua digit angka baik untuk assist maupun gol.

Ya, Mohamed Salah memang luar biasa dengan catatan-catatan menterengnya itu, namun fakta-fakta Liverpool vs Manchester United masih akan berlanjut ke halaman ketiga.

Baca Juga

2. Fakta-Fakta Lainnya

Fakta-fakta lainnya setelah laga Liverpool vs Manchester United, Minggu (05/03/23). Foto: REUTERS/Phil Noble.

Kemenangan Terbesar Liverpool

Berkat skor 7-0 tadi, The Reds pun mencatat sejarah baru yakni catatan kemenangan terbesar kontra Manchester United sepanjang masa.

Pertandingan Liverpool vs Manchester United tadi mematahkan rekor sebelumnya yakni kemenangan 7-1 pada bulan Oktober 1895 silam.

Kekalahan Menyakitkan Manchester United

Manchester United menambah panjang daftar kekalahan terbesarnya dengan margin tujuh gol tanpa balas, yang kini sudah terjadi empat kali.

Sebelum Liverpool, mereka pernah kalah 0-7 dari Wolves pada 1931, Aston Villa ada 1930, dan tidak ketinggalan Blackburn Rovers pada 1926.

Trio Anyar Liverpool

Tujuh gol The Reds ke gawang Setan Merah tadi malam tidak lepas dari kontribusi trio Darwin Nunez, Cody Gakpo, dan Mohamed Salah yang tampil tajam.

Bagaimana tidak? Mereka masing-masing menyumbangkan dua gol untuk menghempas Manchester United dengan skor besar di Anfield.

Catatan tersebut, menjadikan mereka trio keempat sepanjang sejarah Premier League Liga Inggris yang secara borongan mencetak brace dalam satu pertandingan.

Sebelumnya, ada trio Manchester United: Ole Gunnar Solskjaer, Dwight Yorke, dan Andy Cole yang masing-masing mencetak dua gol di laga kontra Nottingham Forest pada 1999.

Klasemen Saat Ini

Raihan poin penuh atas kemenangan kontra Manchester United ini, membuat Liverpool sedikit demi sedikit mulai memperbaiki posisinya di klasemen.

Pagi ini, Senin (06/03/23), mereka bertengger di peringkat lima dengan 42 poin dan masih punya kans menyodok posisi 4 yang saat ini dihuni Tottenham Hotspur.

Sumber: OptaJoe, Give Me Sport

Manchester UnitedLiverpoolMohamed SalahLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini