x

Ngeri! Bantai Man United 7-0 di Liga Inggris, Liverpool Pecahkan Rekor 128 Tahun Lalu

Senin, 6 Maret 2023 11:20 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi pemain Liverpool Mohamed Salah di laga Liga Inggris antara Liverpool vs Manchester United, 5 Maret 2023. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM – Kemenangan telak Liverpool atas Manchester United pada pekan ke-26 Liga Inggris (Premier League) 2022-2023, Minggu (05/03/23) menciptakan sejarah baru bagi The Reds.

Manchester United harus mengakhiri perjalanan mereka yang mengesankan setelah rekor 11 pertandingan tak terkalahkan telah berakhir di Stadion Anfield.

Liverpool sukses melibas The Red Devils dengan skor 7-0 tanpa balas yang dicetak oleh Cody Gakpo, Mohamed Salah, Darwin Nunes, dan Roberto Firmino.

Trio baru lini serang Liverpool itu masing-masing sukses menyarangkan dua gol, sementara striker lawas mereka ikut berkontribusi mencetak satu gol.

Berkat kemenangan itu, Liverpool kini selangkah lebih maju dengan mengamankan posisi lima. Sementara Man United masih bertahan di posisi ketiga.

Baca Juga

Hasil ini merupakan kemenangan besar Liverpool lainnya ketika menghadapi Manchester United secara kompetitif.

Pada musim 2021-2022, pasukan Jurgen Klopp juga berhasil mencatatkan kemenangan telak 4-2 pada Mei 2021 lalu.

Baca Juga

Kemudian, pada pertemuan berikutnya Liverpool kembali meraih kemenangan dengan mencetak 5-0 pada Oktober 2021.

Tentu kekalahan 7-0 merupakan hasil yang cukup buruk untuk mengakhiri rekor Manchester United yang tak terkalahkan selama 11 pertandingan terakhir.

Di balik kesuksesan tersebut, Liverpool juga memiliki fakta menarik terkait kemenangan besar atas Manchester United.

Baca Juga

1. Kemenangan Terbesar Liverpool atas Man United

Selebrasi pemain Liverpool Mohamed Salah di laga antara Liverpool vs Manchester United, 5 Maret 2023. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Opta mengungkapkan fakta menarik terkait kesuksesan Liverpool dalam mencetak kemenangan besar atas Manchester United.

Dalam laporannya disebutkan bahwa kemenangan 7-0 merupakan kemenangan kompetitif terbesar The Reds atas United dalam sejarah sepak bola Liga Inggris.

Bahkan, hasil itu telah melampaui kemenangan terbesar mereka sebelumnya yang terjadi pada Oktober 1895 alias 128 tahun lalu ketika masih bermain di kasta kedua.

“Liverpool telah mencatatkan kemenangan kompetitif terbesar mereka melawan Manchester United (7-0), melampaui kemenangan terbaik mereka sebelumnya yang terjadi pada Oktober 1895 (7-1 di kasta kedua),” tulis Opta.

Sementara itu, kekalahan 7-0 dari Liverpool turut membuat Manchester United mengingat kenangan buruk pada musim lalu.

Baca Juga

Opta juga menyampaikan bahwa terakhir kali Man United menderita kekalahan dengan hasil 0-7 ketika melawan Wolves pada Desember 1931 silam.

Selain itu, mereka juga mendapatkan kekalahan 7-0 ketika melawan Aston Villa pada Desember 1930, dan Blackburn Rovers pada April 1926.

Baca Juga

Bahkan, kekalahan 7-0 menjadi hasil paling buruk yang didapatkan Erik ten Hag ketika menangani 481 pertandingan di semua kompetisi sebagai pelatih.

Sedangkan Gakpo, Nunez dan Salah adalah trio keempat dalam sejarah Liga Inggris yang mampu menyamai rekor trio Man United Cole, Yorke dan Solskjaer di 1999 silam setelah masing-masing mencetak dua gol.

Baca Juga

Sumber: Opta

Manchester UnitedLiverpoolMohamed SalahLiga InggrisDarwin NunezCody Gakpo

Berita Terkini