x

Sambut Shayne Pattynama, Erick Thohir Traktir Makan Nasi Goreng dan Pepes Ikan

Senin, 27 Maret 2023 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pemain keturunan Indonesia, Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda). Kini ia baru tiba di Jakarta, dan bertemu Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambut kedatangan pemain naturalisasi timnas Indonesia, Shayne Pattynama, dan menjamunya dengan kuliner lokal.

Diketahui, Shayne Pattynama masuk dalam daftar pemain timnas Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi FIFA Matchday melawan Burundi.

Namun, hingga hari H pertandingan, Sabtu (25/3/23) kemarin, Shayne Pattynama belum bergabung dengan timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sendiri berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Burundi, berkat gol milik Yakob Sayuri (6'), Dendy Santoso (11'), serta Rizky Ridho (43') di babak pertama.

Sesaat setelah kemenangan itu, Shayne Pattynama mengunggah sebuah foto di Instagram Story, potret sebuah tiket penerbangan dari Eropa menuju Jakarta.

Baca Juga

"See you soon!" tulis Shayne Pattynama dengan menambahkan emoji bendera Merah Putih.

Benar saja, Shayne Pattynama akhirnya tiba di Jakarta pada Minggu (26/3/23) malam, dan dijamu oleh Ketum PSSI, Erick Thohir.

Mereka menyantap makan malam berupa nasi goreng, serta pepes ikan yang jadi salah satu kuliner unggulan Indonesia.

Baca Juga

"Malam tadi saya bertemu Shayne Elian Jay Pattynama, sesaat setelah tiba di Jakarta dari Norwegia," kata Erick Thohir melalui Instagram pribadinya.

"Ketika dijemput tim PSSI, Shayne bilang kalau ia rindu sama masakan Indonesia. Kami lalu berbincang sambil menikmati nasi goreng dan pepes ikan kecombrang," kata Ketua Umum PSSI dan Menteri BUMN RI itu.

Baca Juga

1. Absen Bela Timnas Indonesia

Shayne Pattynama resmi jadi warga negara Indonesia, namun ia belum bisa membela Timnas Indonesia di laga uji cba vs Burundi.

Banyak yang mempertanyakan mengapa Shayne Pattynama baru saja berangkat dari Belanda menuju Indonesia, padahal Timnas sudah bertanding menghadapi Burundi.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong meluruskan bahwa Pattynama memang sudah dipanggil ke TC Timnas Indonesia, tetapi ia belum bisa bermain untuk Garuda.

Walau sudah mengambil sumpah dan sah menjadi warga negara Indonesia (WNI), PSSI rupanya belum mengurus pengajuan pindah federasi ke FIFA.

Hal ini yang membuat Shayne Pattynama belum bisa berseragam Merah Putih, dan menjalani debutnya saat melawan Burundi.

"Sungguh disayangkan, Shayne sudah berusaha banyak sekali untuk mendapatkan status WNI," ungkap Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Jumat (24/3/23).

Baca Juga

"Harusnya sampai sekarang sudah selesai proses perpindahan federasi, tetapi belum dilakukan (PSSI) sampai saat ini, sangat disayangkan," sambungnya.

Shayne Pattynama sendiri memutuskan untuk tetap berangkat ke Indonesia dan segera bergabung ke timnas dalam TC, seiring dengan upaya PSSI mengajukan berkas perpindahan federasi ke FIFA.

Baca Juga

Jika beruntung, Shayne Pattynama bisa saja mendapat perizinan lebih cepat dari FIFA, dan menjalani debutnya di laga kedua timnas Indonesia vs Burundi.

Sekadar informasi, timnas Indonesia akan kembali menghadapi Burundi di FIFA Matchday 2023, Selasa (28/3/23). Laga ini juga masih akan dilaksanakan di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga
PSSIErick ThohirNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaBurundiBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongShayne Pattynama

Berita Terkini