x

Absen Lawan Persija di Liga 1, Ini Pesan Jupe untuk Pemain Persib

Kamis, 30 Maret 2023 17:27 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, mengingatkan rekan-rekannya untuk menyiapkan mental bertanding saat menghadapi Persija Jakarta di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, mengingatkan rekan-rekannya untuk menyiapkan mental bertanding saat menghadapi Persija Jakarta, pada laga tunda kompetisi Liga 1 2022-2023, Jumat (31/03/23).

Menurut Jupe sapaan akrabnya, mental bertanding harus disiapkan dengan maksimal, pasalnya pertandingan menghadapi Persija sangat penting. Karena, kedua kesebelasan merupakan penghuni papan atas.

Selain itu, tim kebanggaan Bobotoh saat ini sedang bersaing untuk menjadi juara di kompetisi Liga 1 2022-2023, sehingga pada pertandingan yang akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, kemenangan menjadi target yang harus diraih.

Pesan tersebut disampaikan Jupe, karena pada pertandingan tunda kompetisi Liga 1 2022-2023 dia tidak dapat bermain, lantaran mendapatkan akumulasi kartu kuning.

"Mental sih karena ini pertandingan besar dan penting, kita juga head to head kan sama Persija. Jadi setidaknya kita tidak bisa menjadi juara tahun ini, peringkat kedua juga kita rebutan sama Persija. Jadi saya rasa kesiapan mental itu yang paling dibutuhkan," tegas Jupe. 

Baca Juga

Sebagai pemain senior yang sudah sering merasa atmosfer pertandingan menghadapi Persija, Jupe akan menularkan semangat juangnya kepada pemain lainnya, terutama yang masih muda.

Meski demikian, Jupe merasa yakin rekan-rekannya di skuat Maung Bandung sudah mengetahui tugas yang harus dilakukan saat berhadapan dengan Persija, agar tim kebanggaan Bobotoh bisa meraih hasil maksimal.

"Ya pasti lah tapi saya rasa anak-anak sudah siap semua, mereka sudah tahu gimana untuk menghadapi Persija, jadi sudah banyak tahu lah dan sudah sering bertemu juga," ucap Jupe.

Baca Juga

Menjelang pertandingan menghadapi Persija, Persib memiliki waktu persiapan yang cukup panjang yakni sekitar sepekan. Pasalnya, laga sebelumnya menghadapi Bhayangkara FC berlangsung pada Jumat (24/03/23).

Selain itu, setelah pertandingan menghadapi Bhyangkara FC, pelatih Persib, Luis Milla, memberikan waktu libur kepada anak asuhnya selama dua hari. Tim Persib, mulai berlatih kembali pada Senin (27/03/23).

Menurut Achmad Jufriyanto, jeda pertandingan yang cukup panjang tersebut menjadi keuntungan bagi timnya. Pasalnya, rekan-rekannya di skuat Maung Bandung memiliki waktu recovery yang ideal.

Baca Juga

1. Diuntungkan Waktu Recovery

Persib latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23).

Selain itu, tim pelatih Persib bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mematangkan persiapan, agar pada pertandingan nanti skuat Maung Bandung bisa tampil maksimal dan meraih poin penuh.

"Ya itu dia, kita punya keuntungan masa recovery yang lebih panjang dari Persija dan itu sangat penting bagi kita sebagai pemain. Khususnya sekarang di bulan puasa seperti yang tadi saya bilang, proses recovery-nya pasti beda," jelasnya.

Sedangkan Persija, sebelum menghadapi Persib, harus melakoni pertandingan tandang Liga 1 2022-2023 terlebih dahulu menghadapi tuan rumah Persita Tangerang, Selasa (28/03/23). 

Sehingga, waktu recovery dan persiapan yang dimiliki skuat Macan Kemayoran lebih singkat, jika dibandingkan dengan skuat Maung Bandung.

Selain itu, Persib juga memiliki modal yang cukup bagus untuk menghadapi Persija, pada pertandingan tunda kompetisi Liga 1 2022-2023. Pasalnya, pada dua laga terakhir skuat Maung Bandung berhasil meraih kemenangan.

Baca Juga

Dua kemenangan beruntun didapat Persib, usai menaklukkan Dewa United dan Bhayangkara FC. Hasil tersebut, membuat motivasi dan kepercayaan diri pemain Persib meningkat untuk menghadapi Persija.

Sedangkan Persija, sebelum berhadapan dengan Persib, harus menelan kekalahan dari Persita Tangerang dengan skor tipis 1-0, di Stadion Indomilk Arena, Selasa (28/03/23).

Baca Juga

Kemudian, pada pertandingan sebelumnya di putaran pertama kompetisi Liga 1 2022-2023, Persib berhasil menaklukkan Persija Jakarta dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (11/01/23).

Saat itu, gol tunggal yang membawa Persib Bandung meraih poin penuh pada pertandingan tersebut, dicetak oleh Ciro Alves memanfaatkan umpan dari David da Silva saat memasuki menit 63'.

Baca Juga
Persib BandungPersija JakartaAchmad JufriyantoLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini