x

Bedah 4 Semifinalis UEFA Youth League, Anak-Anak Muda AC Milan Paling Perkasa?

Jumat, 7 April 2023 11:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
AC Milan U-19 berhasil menginjakkan kaki di semifinal UEFA Youth League 2022-2023. Foto: AMA/Corbis via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Empat tim muda terbaik Eropa, termasuk AC Milan, sudah melangkahkan kaki di semifinal UEFA Youth League yang pertandingannya akan digelar pada 21 April ini.

Mereka adalah tim-tim U-19 milik Hajduk Split, AC Milan, AZ Alkmaar, dan Sporting CP. Mereka semua sudah melalui banyak rintangan untuk sampai ke titik ini.

Sejumlah kontestan seperti Real Madrid, Liverpool, dan Atletico Madrid pun sudah dibabat habis saat bertarung di perempat final beberapa waktu lalu.

Jika mendengar nama empat semfinalis UEFA Youth League edisi kali ini, publik pasti telah mengenal tim senior mereka yang telah tersohor di Benua Biru.

Namun bagaimana dengan para pemain mudanya? Nah, dilansir dari berbagai sumber termasuk situs resmi UEFA, berikit redaksi berita olahraga INDOSPORT.COM telah merangkumnya.

Baca Juga

Hajduk Split

Tim senior mereka saat ini bermain di bermain di liga utama Kroasia dan sejauh ini bertengger cantik di peringkat dua klasemen.

Sementara, para pemain juniornya yang kini masuk semifinal UEFA Youth League telah mencatatkan rekor dan sejarah menarik bagi sepak bola Kroasia.

Baca Juga

Mereka menjadi tim pertama dari negaranya yang berhasil menginjakkan kaki di semifinal turnamen UEFA setelah Hajduk Split senior pada 1983-1984.

Saat itu, tim senior Hajduk Split berpartisipasi di ajang Piala UEFA (sekarang Liga Europa) sebagai wakil Yugoslavia. Mereka bergabung ke Liga Kroasia setelahnya.

Lantas, apakah tim junior mereka akan menorehkan kesuksesan yang kurang lebih sama dengan para pendahulunya tersebut?

Baca Juga

1. Hajduk Split dan AC Milan

Hajduk Split dan AC Milan akan bersua di semifinal UEFA Youth League 2022-2023. Foto: AMA/Corbis via Getty Images.

Untuk sampai ke semifinal UEFA Youth League edisi kali ini, Hajduk Split U-19 terlebih dulu menekuk Shakhtar Donetsk di putaran play-off.

Setelah itu, mereka dihadapkan pada tim muda Manchester City dan Borussia Dortmund, untuk nanti bersua AC Milan di semifinal.

Akan bertarung di empat besar, Hajduk Split tentu akan mati-matian menghadapi wakil Italia tersebut, yang skuadnya saat ini dibesut oleh Ignazio Abate.

Bicara soal top skor, Hajduk Split U-19 memiliki Jere Vrcic yang saat ini sudah menggelontorkan empat gol. Pemain berusia 18 tahun ini berposisi sebagai penyerang tengah.

AC Milan

Calon lawan Hajduk Split di semifinal UEFA Youth League yang akan digelar pada 21 April mendatang. Saat ini AC Milan U-19 diasuh oleh Ignazio Abate.

Baca Juga

AC Milan Primavera periode kali ini memang tampil menggebrak Eropa, terlepas dari sepak terjang mereka yang terseok-seok di liga.

Andrei Coubis dkk memutus kutukan tim sejak 2013-2014, saat AC Milan terakhir kali menginjakkan kaki di fase gugur. Tidak ayal, harapan besar pun membuncah di hadapan mereka.

Baca Juga

Jika bisa melangkah ke final, mereka juga bisa membawa nama Italia sedikit lebih menggema setelah Juventus (2021-2022) dan AS Roma (2014-2015) hanya mentok di empat besar.

Untuk sampai ke semifinal UEFA Youth League 2022-2023 dan akan menghadapi Hajduk Split, AC Milan telah mendepak salah satunya tim Juvenil milik Atletico Madrid.

Top skor AC Milan Primavera saat ini adalah Gabriele Alesi dengan empat gol dan siap menggebrak panggung Eropa sekali lagi.

Baca Juga
 

2. AZ Alkmaar dan Sporting CP

Semifinalis UEFA Youth League 2022-2023 lainnya adalah Sporting CP.

AZ Alkmaar

Jika banyak yang mengenal Hajduk Split dan AC Milan sebagai raksasa di liga senior mereka masing-masing, AZ Alkmaar tentu tidak mau ketinggalan.

Mereka saat ini bertengger di peringkat empat Eredivisie Belanda, ketika para pemain mudanya juga mencatatkan hasil apik di level Eropa.

Di semifinal UEFA Youth League kali ini, AZ Alkmaar dijadwalkan bersua wakil Portugal, Sporting CP, yang sudah lama dikenal sebagai gudangnya pemain muda berbakat.

Untuk sampai ke empat besar, tim ini sempat meladeni perlawanan Barcelona dan Real Madrid, usai menekuk Eintracht Frankfurt di play-off.

Nampaknya tidak berlebihan apabila menyebut AZ Alkmaar adalah tim kuda hitam di edisi kali ini, dan melanjutkan perjuangan wakil Belanda setelah Ajax (2019-2020).

Berdasarkan catatan di laman UEFA, top skor AZ Alkmaar adalah Mexx Meerdink. Sedikit lebih banyak dari Jere Vrcic dan Gabriele Alesi, ia sudah mencetak tujuh gol.

Sporting CP

Wakil Portugal nampaknya punya nasib apik di ajang UEFA Youth League, setidaknya dalam beberapa edisi terakhir.

Sporting CP tentu berharap bisa melanjutkan jejak Porto yang juara pada 2019 dan Benfica pada 2022. Apalagi, musim ini mereka sudah sampai di semifinal.

Hasil tersebut, satu langkah lebih baik dari musim lalu di mana tim muda Sporting CP berhasil lolos ke perempat final namun kandas 0-4 dari Benfica.

Mereka memiliki Rodrigo Ribeiro yang saat ini telah menyarangkan enam gol. Sang calon lawan yakni AZ Alkmaar nampaknya harus hati-hati.

Demikianlah profil empat semifinalis UEFA Youth League 2022-2023. Sporting CP sebagai kontestan favorit pun diprediksi melaju ke partai puncak bersama AC Milan.

Sumber: uefa.com

AC MilanSporting LisbonAZ AlkmaarHajduk SplitUEFA Youth LeagueBola InternasionalAC Milan NewsOne Football

Berita Terkini