x

Ada Faktor Keberuntungan, Seto Bicara Kunci Kemenangan PSS Sleman Atas Bali United

Sabtu, 8 April 2023 18:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Foto: PSS Sleman

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, mengakui timnya dinaungi keberuntungan saat menang atas Bali United 2-0 pada laga pekan ke-33 Liga 1 2022/2023. Namun, kerja keras Marckho Meraudje dkk. juga layak diacungi jempol.

PSS Sleman secara mengejutkan bisa menang atas Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (07/04/23). Dua gol kemenangan PSS dicetak Kim Jeffrey Kurniawan dan Ricky Cawor.

Kemenangan ini sekaligus membuat PSS Sleman tampil dominan atas Bali United musim ini. Pada pertemuan pertama lalu, PSS juga menang dengan skor 2-1.

Seto Nurdiyantoro mengatakan, kemenangan ini diraih atas kerja keras para pemain. Namun, dia juga tak memungkiri adanya faktor keberuntungan karena Bali United gagal mencetak gol.

"Kami beruntung. Dari catatan saya, ada empat peluang (di awal pertandingan) yang harusnya menjadi gol buat Bali, tapi pemain punya kemauan dan motivasi untuk menjaga gawang kita," kata Seto.

Baca Juga

Seto paham dengan kekuatan Bali United. Ketika mereka sudah mencetak satu gol, maka gol-gol lain juga berpotensi akan datang karena percaya diri meningkat.

Makanya, pada masa persiapan akhir, Seto menekankan pada timnya agar waspada penuh pada babak pertama. Instruksi itu bisa dijalankan para pemain dengan maksimal.

Baca Juga

"Di awal memang saya perintahkan pada babak pertama jangan sampai kemasukan, tapi tetap ada evaluasi, artinya peluang-peluang lawan seharusnya tidak terjadi lagi di pertandingan selanjutnya. Ini menjadi pembelajaran," papar Seto.

Seto juga melihat progres timnya, ketimbang saat dikalahkan PSIS Semarang 2-5 di Stadion Jatidiri. Para pemain bisa menjaga level permainan hingga babak kedua.

"Ada sedikit perbedaan dibandingkan saat melawan Semarang. Kami mampu bermain cukup baik pada babak pertama dan kedua. Ya, ini karena kemauan dan motivasi untuk memberi yang terbaik bagi suporter yang sudah mendoakan kami," ungkap Seto.

Baca Juga

1. Perjalanan Sulit

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Foto: PSS Sleman

Seto berharap kemenangan ini menjadi obat setelah perjalanan super sulit sepanjang musim ini.  Seto bahkan menyebut kompetisi musim ini sebagai kompetisi yang menyedihkan.

Selain prestasi PSS Sleman yang merosot, Liga 1 2022/2023 diwarnai Tragedi Kanjuruhan yang memakan banyak korban jiwa.

"Mudah-mudahan kemenangan ini menjadi pelepas dahaga di sepanjang perjalanan kompetisi yang menyedihkan. Harapannya bisa memberi sedikit rasa bahagia buat suporter," harap Seto.

Setelah ini, PSS Sleman akan menjalani laga pamungkas melawan Persija Jakarta, Sabtu (15/4/23). Belum diketahui venue mana yang akan digunakan Persija sebagai markas.

Penyerang PSS Sleman, Ricky Cawor, berharap kemenangan atas Bali United bisa menjadi modal dalam menatap laga melawan tim Macan Kemayoran.

Baca Juga

"Terima kasih untuk suporter yang sudah datang mendukung kami. Saya rasa dukungan itu menjadi tambahan kekuatan buat kita. Semoga kemenangan ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk laga terakhir nanti," ucap Ricky.

Meski tak berpengaruh lagi pada status juara PSM Makassar, partai PSS Sleman melawan Persija Jakarta bakal sangat menarik.

Baca Juga

Keberadaan Ricky Cawor yang akan jadi sorotan. Pemain asal Papua ini mengakhiri kerja sama lebih cepat dengan Persija dan kemudian gabung PSS Sleman pada tengah musim.

Selama berada di tangan Seto Nurdiyantoro, Ricky Cawor sukses menunjukkan kelasnya. Dalam tiga laga terakhir, Ricky selalu mencetak gol. 

Performa magisnya sangat dinanti ketika ia bermain di depan pelatih Persija, Thomas Doll. Selama menjadi bagian Persija, Ricky Cawor mendapat menit bermain yang sangat sedikit.

Baca Juga
PSS SlemanBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Seto NurdiyantoroLiga 1 2022-2023

Berita Terkini