x

Coret Dennis Wise, Ini 3 Pelatih Lokal yang Bisa Direkrut Timnas Indonesia U-16

Selasa, 11 April 2023 19:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Budi Sudarsono dan Cristian Gonzales saat membela Persik Kediri. Budi Sudarsono punya modal untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COM - Bukan Dennis Wise, ini tiga pelatih lokal yang bisa direkrut PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia U-16, dan juga potensial ke Piala Dunia U-17.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu terakhir ramai di media sosial, dorongan para penggemar sepak bola untuk merekrut sosok Dennis Wise jadi pelatih Tim Nasional.

Dennis Wise yang sering melakukan scouting bakat-bakat sepak bola muda di Indonesia, dianggap layak untuk meracik generasi baru Timnas Indonesia U-16.

Apalagi jika Indonesia bisa mengambil alih status tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, maka Timnas Indonesia U-16 atau Timnas U-17 dipastikan bersaing di level tertinggi.

Hanya saja, Dennis Wise ialah sosok super sibuk. Ia dikontrak Mola TV untuk menjadi Direktur Teknik tim Serie B Italia, FC Como, dan jadi Direktur Program Garuda Select.

Baca Juga

Hal tersebut membuat Dennis Wise mulai diragukan menjadi pelatih Timnas U-16.

Namun jangan khawatir, INDOSPORT merangkum tiga pelatih lokal yang bisa menjadi juru taktik Timnas Indonesia U-16.

1. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono merupakan salah satu legenda Timnas Indonesia yang memiliki kans besar untuk jadi pelatih Timnas U-16.

Untuk pengalaman melatih klub, Budi Sudarsono sudah memiliki portofolio bersama Persik Kediri dan Belitong FC.

Baca Juga

Budi Sudarsono juga pernah menjabat sebagai pelatih tim PPLP Selection. Ia pun menyeleksi dan merekrut penggawa terbaik dari PPLP, PPLPD, dan SKO se-Indonesia.

Para pemain PPLP Selection kemudian menjadi lawan tanding Timnas Indonesia U-17 jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Pengalaman ini setidaknya cukup menjadi bekal bagi Budi Sudarsono, sebagai bahan pertimbangan untuk menjadi pelatih Timnas U-16 generasi kelahiran 2008 hingga 2010. 

Baca Juga

1. 2. Firman Utina

Eks gelandang Timnas Indonesia, Firman Utina memiliki modal untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16.

Firman Utina juga menjadi salah satu legenda Timnas Indonesia, yang memiliki modal cukup untuk mengambil alih jabatan pelatih kepala Timnas Indonesia U-16.

Firman Utina saat ini menjabat sebagai Direktur Akademi Borneo FC. Sejumlah pemain Pesut Etam Muda bahkan telah dipromosikan ke tim senior di Liga 1.

Selain itu, beberapa pemain muda Borneo FC juga dipercaya untuk membela Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur, salah satunya ada kiper Daffa Fasya Sumawijaya.

Tak sampai di sana, eks gelandang Timnas Indonesia itu lebih dulu tenar lewat Firman Utina Football Academy (FU15FA), wadah bagi pemain muda untuk menimba ilmu sepak bola langsung dari pakarnya.

Tak dapat dipungkiri, Firman Utina menjadi salah satu unggulan untuk mengambil alih mandat kepelatihan Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga

3. Aples Tecuari

Aples Gideon Tecuari merupakan salah satu pesepak bola asal Papua yang bersinar di era 90-an hingga 2000-an. Ia ikut terpilih untuk mengikuti program Primavera di Italia.

Tahun 2022 lalu, Aples Tecuari menjadi asisten pelatih Timnas Pelajar Indonesia U-18 di bawah naungan Kemenpora, dan mendampingi headcoach Rochi Putiray.

Baca Juga

Para pemain Timnas Pelajar U-18 sempat mengikuti turnamen di IBER Cup di Portugal, hingga turnamen di Spanyol. Hasilnya, skuat besutan Rochi dan Aples mengukir prestasi.

"Kita bawa ke sana untuk mengikuti IBER Cup. Ketika kita mengikutinya, kebetulan kita meraih juara tiga. Juara satu sampai tiga dipromosikan untuk ikut ajang elite."

Dengan pengalaman tersebut, nama Aples Tecuari bisa dipertimbangkan PSSI untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga
Firman UtinaDennis WiseTimnas Indonesia U-16PelatihTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Budi SudarsonoAples TecuariBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini