x

Resmi Kantongi 3 Slot, PSM, Bali United, Persija dan Persib Berebut Tiket LCA dan Piala AFC

Selasa, 11 April 2023 07:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Logo Piala AFC.

INDOSPORT.COM - Teka-teki wakil Indonesia di kompetisi antar klub Asia musim 2023-2024, yakni Liga Champions Asia dan Piala AFC, sudah ada titik terang. 

Berdasarkan keputusan dari AFC yang sudah diinformasikan ke PSSI, ada tiga slot untuk klub Indonesia yang bisa berpartisipasi di dua ajang itu.   

Tapi, ketiga slot tersebut tidak langsung didapat secara otomatis. Klub Indonesia mendapat jatah play-off Liga Champions, babak penyisihan grup Piala AFC, dan play-off Piala AFC. 

“PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC,” jelas Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, Senin (10/4/23).

Ferry Paulus menjelaskan, berdasarkan informasi dan keputusan PSSI, slot peserta di play-off babak Liga Champions Asia akan diwakilkan pemenang play-off kampiun Liga 1 2021-2022, Bali United, menghadapi juara Liga 1 2022-2023, PSM Makassar.  

Baca Juga

Atau dalam bahasa sederhananya, juara musim lalu, Bali United, akan diadu dengan juara musim ini, PSM Makassar. Pemenangnya nanti berhak ikut kualifikasi Liga Champions Asia. 

Lalu, tim yang kalah dari babak play-off LCA tersebut, lanjut Ferry, akan dapat tiket langsung atau berhak tampil di penyisihan grup Piala AFC. 

Baca Juga

"Tim yang kalah dalam play-off tersebut, statusnya langsung hadir di Piala AFC pada babak penyisihan grup,” ujar Ferry Paulus. 

Khusus untuk slot ketiga atau yang berhak mewakili Indonesia di play-off Piala AFC, akan diikuti oleh klub peringkat kedua atau runner-up Liga 1 2022-2023 atau musim ini.

“Tak ada lagi play-off untuk slot yang ketiga. PSSI sudah menentukannya secara langsung,” tegas mantan bos Persija Jakarta tersebut. 

Baca Juga

1. Persija dan Persib

Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23).

Terkait penetapan kriteria klub yang mewakili suatu negara, AFC telah memberikan kebebasan penuh kepada federasi yang bersangkutan. 

Dalam hal ini, teknis pemilihan klub yang berhak mewakili suatu negara, diserahkan pada masing-masing negara/federasi berdasarkan Entry Manual For AFC Club Competitions. 

Sekadar informasi, Thailand pun melakukan hal yang sama. Untuk kuota klub-klub di kompetisi Asia musim ini, mereka juga melakukan play-off di internalnya. 

“Jadi, dalam hal ini, apa yang ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti,” pungkas Ferry Paulus.

Baca Juga

Dengan ketetapan dari PT LIB dan PSSI, maka selain Bali United dan PSM Makassar, ada dua klub lain yang bersaing sengit perebutkan satu tiket khususnya play off Piala AFC, yaitu Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Persija dan Persib sedang bersaing ketat memperebutkan posisi runner-up musim ini. Kedua tim hanya berjarak satu poin dan menyisahkan satu laga lagi.

Baca Juga

Macan Kemayoran kini ada diurutan kedua klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan perolehan 63 poin, sedangkan Maung Bandung diposisi ketiga (62 poin dari 33 pertandingan).

Pada laga terakhir, Persija akan melawan PSS Sleman dan Persib menjamu Persikabo 1973. Hasil akhir pertandingan tersebut akan menentukan nasib tim Ibu Kota dan Kota Kembang di kejuaraan Asia.

Persib BandungPersija JakartaFerry PaulusPSM MakassarLiga Champions AsiaPiala AFCBali UnitedLiga IndonesiaPT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola IndonesiaBerita Liga Champions AsiaOne Football

Berita Terkini