x

Rosy Oktavia Pancasari, Pebulutangkis Prancis Asal Indonesia yang Curi Perhatian di Orleans Masters

Rabu, 5 April 2023 16:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sosok Rosy Oktavia Pancasari mencuri perhatian di Orleans Masters karena memiliki nama khas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Sosok Rosy Oktavia Pancasari mencuri perhatian di Orleans Masters 2023. Memiliki nama khas Indonesia, ternyata pebulutangkis satu ini telah dinaturalisasi Prancis. Siapakah dia?

Orleans Masters merupakan turnamen BWF Super 300 yang menjadi penutup serangkaian Tur Eropa 2023 yang digelar BWF sejak Maret lalu.

Pada babak kualifikasi hari pertama, Selasa (4/4/23), Orleans Masters menghadirkan sebuah kejutan dengan kehadiran satu pebulutangkis tuan rumah, yakni Rosy Oktavia Pancasari.

Bertanding di Palais Sports, Orleans, Centre-Val de Loire, Prancis, Rosy Oktavia Pancasari mengawali perjalanannya melalui jalur kualifikasi.

Maklum. Rosy Oktavia Pancasari memang bukanlah pemain tunggal putri top dunia. Peringkatnya di ranking BWF masih berada di urutan ke-125 dunia.

Baca Juga

Mengutip dari akun Twitter @BWFScore, Rosy menjalani dua babak kualifikasi. Saat laga perdana, Rosy menang atas wakil Irlandia, Rachael Darragh, lewat laga tiga set 21-12, 19-21, dan 21-13.

Selanjutnya, Rosy menghadapi Juliana Viana Viera, Brasil, dengan skor 21-17 dan 21-14. Hasil ini sekaligus membuat ia menembus babak utama Orleans Masters.

Baca Juga

Di babak 32 besar Orleans Masters hari ini, Rabu (05/04/23), Rosy akan menantang Line Hojmark Kjaersfeldt, Denmark, yang merupakan unggulan kedelapan di nomor tunggal putri.

Jika menilik dari namanya, Rosy Oktavia memang terkesan bukan pebulutangkis asli Prancis melainkan Indonesia. Lantas, siapakah Rosy dan kapan dirinya dinaturalisasi jadi pebulutangkis Prancis?

Mengutip dari laman resmi BWF, Rosy Oktavia Pancasari merupakan pemain tunggal putri yang berada di bawah naungan bendera Prancis.

Baca Juga

1. Rosy Oktavia Pancasari Hijrah ke Prancis 10 Tahun Lalu

Pebulutangkis asal Prancis, Rosy Oktavia Pancasari. Foto: Instagram@rosyoktaviapancasari.

Lewat pengakuannya di akun YouTube @rosyoktaviapancasari, perempuan kelahiran 1995 tersebut mengawali karier bulutangkisnya di klub bulutangkis Surabaya Suryanaga Club, Jawa Timur.

Rosy menimba ilmu di klub tersebut antara periode 2005 hingga 2012 sebelum kemudian memutuskan pindah ke Prancis. Saat ini dia tinggal di Strasbourg, Prancis.

“Pekerjaan saya di Prancis adalah pemain bulutangkis dan juga pelatih,” tulis Rosy di kanal YouTube-nya.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh salah satu sahabatnya, Cuni Candrika, saat dihubungi pihak INDOSPORT, soal status kewarganegaraan Rosy Oktavia Pancasari.

Menurut penuturan Cuni Candrika, Rosy Oktavia Pancasari hijrah ke Prancis 10 tahun lalu. Di negara barunya itu, dirinya merangkap tugas sebagai pemain sekaligus pelatih.

Baca Juga

Bukan waktu yang singkat, namun selama satu dekade membela Prancis, Rosy Oktavia Pancasari tercatat rajin mengikuti turnamen bulutangkis di Prancis maupun Eropa.

Menelusuri akun Instagram-nya, Rosy Oktavia Pancasari baru berhasil memenangi gelar gelar pertamanya di Kejuaraan Nasional Prancis pada 2021 silam.

Baca Juga

Gelarnya tersebut dia raih di nomor ganda campuran di mana dia berpasangan dengan pemain Prancis Ronan Labar yang biasa main di ganda putra dan berperingkat 34 dunia.

Inilah gelar yang sangat berharga karena Rosy mengaku sempat hiatus selama dua tahun dari turnamen karena menjalani pemulihan pascaoperasi kakinya.

Performa Rosy Oktavia Pancasari menanjak di musim 2023. Dia berhasil menjadi runner-up Championnats de France, semifinalis Portugal International Championships dan Orlen Polish Open.

Baca Juga

Prestasi:

1) Runner-up Championnats de France 2023

2) Semifinalis Portugal International Championships 2023

3) Semifinalis Orlen Polish Open 2023

4) Juara French National Badminton Championships 2021 nomor ganda campuran bersama Ronan Labar

5) Semifinalis Yonex Slovenia Future Series 2021

PrancisNaturalisasiBulutangkisBerita BulutangkisOrleans MastersRosy Oktavia Pancasari

Berita Terkini