x

Profil Akbar Arjunsyah, Pengagum Sergio Ramos yang Jadi Rekrutan Baru Persija

Senin, 17 April 2023 17:21 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga 1, Persija Jakarta, resmi mengumumkan rekrutan terbarunya untuk musim depan, yakni pemain muda bernama Akbar Arjunsyah.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga 1, Persija Jakarta, resmi mengumumkan rekrutan terbarunya untuk musim depan, yakni pemain muda bernama Akbar Arjunsyah.

Dilaporkan oleh laman resmi klub ibu kota itu, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini adalah rekrutan pertama untuk menyambut musim depan.

“Perasaan saya sangat senang bisa bergabung ke tim besar seperti Persija. Persija adalah klub yang mempunyai banyak prestasi,” ucap Akbar dikutip dari laman resmi Persija.

Dalam sumber yang sama, tim berjuluk Macan Kemayoran itu merekrut Akbar dan memberinya kontrak berdurasi dua tahun.

Belum diketahui apakah transfer pemain berusia 21 tahun ini memakan biaya atau didapatkan secara gratis oleh Persija.

Baca Juga

Usai resmi bergabung Persija Jakarta, Akbar Arjunsyah langsung mematok target tinggi untuk dirinya sendiri dan juga klub anyarnya itu.

Ia memiliki target bisa mendapat menit bermain musim depan dan juga mengantarkan tim berlogo Tugu Monas itu menjadi kampiun Liga 1.

Baca Juga

“Target pribadi saya tentunya bisa mendapatkan menit bermain dan membantu Persija untuk meraih gelar Liga 1 di musim depan,” ujar Akbar.

Akbar sendiri saat ini tak akan langsung bergabung skuad Persija. Pasalnya, ia harus melakoni pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023.

INDOSPORT pun akan mencoba mengupas profil Akbar Arjunsyah, rekrutan pertama Persija Jakarta untuk musim depan.

Baca Juga

1. Jebolan Persebaya di Persija

Akbar Arjunsyah, rekrutan baru Persija Jakarta. (Foto: Instagram@mediapersija)

Akbar Arjunsyah memang kurang akrab di telinga penikmat sepak bola Tanah Air. Tapi bagi beberapa klub, dirinya cukup dikenal.

Pria kelahiran Sidoarjo 21 Juli 2001 satu itu sempat bermain bagi rival Persija, yakni Persebaya Surabaya di level akademi.

Terhitung Akbar menimba ilmu di akademi Persebaya pada 2019 lalu bersama tim U-18. Setelah itu, ia sempat menganggur karena tak memiliki klub pada 2020.

Pada saat Akbar menganggur, kebetulan sepak bola nasional sempat mati suri akibat merebaknya pandemi Covid-19, sehingga tak ada kompetisi yang dimainkan.

Namun rezeki datang ke Akbar setelah dirinya bisa melanjutkan kiprahnya di tim Jawa Timur lainnya, yakni Persatu Tuban pada 2021.

Baca Juga

Bersama Persatu, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini pun membuka pintunya untuk bermain di Gresik United yang berkiprah di Liga 2 pada Januari 2022.

Bersama Gresik United, Akbar menjadi palang pintu andalan. Pada Liga 2 2022/2023 lalu, ia bahkan tampil sebanyak 630 menit atau tujuh kali sebelum kompetisi dihentikan.

Baca Juga

Kiprahnya bersama Gresik United di usia yang relatif muda ini membuat bakatnya dilirik Indra Sjafri yang memanggilnya ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023.

Dalam beberapa pemusatan latihan sekaligus seleksi itu, Akbar bisa bertahan dan terpilih untuk mengikuti pemusatan latihan terakhir.

Kini, usaha Akbar dari bawah pun tak mengkhianati hasil, di mana dirinya menjadi bagian tim sekelas Persija Jakarta yang bermain di kasta teratas.

Baca Juga

2. Mengidolai dan Meniru Sergio Ramos

Akbar Arjunsyah, rekrutan baru Persija Jakarta. (Foto: Instagram@mediapersija)

Sebagai bek tengah, sejatinya Akbar Arjunsyah tak punya postur yang mumpuni, yakni hanya 175 cm. Posturnya itu masih kalah dari bek-bek lokal muda lainnya.

Tapi postur yang tak cukup tinggi itu mampu ditutupinya dengan gaya bermain yang agresif dan penempatan posisi yang baik seperti Sergio Ramos, idola dari Akbar sendiri.

Lewat media sosial Instagram, dirinya kerap membagikan penampilannya sebagai bek tengah, yang ternyata cukup andal dalam mencetak gol.

Akbar mampu mencetak gol bagi Gresik United dan Persatu Tuban melalui skema bola mati, di mana ia turut membantu serangan dengan maju ke depan.

Dalam dua cuplikan video di Instagram-nya, Akbar seakan meniru Sergio Ramos yang andal dalam mencari ruang untuk menyambut bola dan mencetak gol.

Dengan kemampuan itu, bisa dikatakan keunggulan Akbar berada pada pergerakannya dan Reading the Game yang mumpuni.

Dua atribut ini menjadi atribut penting bagi seorang pemain bertahan kala menghalau serangan dari lawan, baik lewat skema Open Play dalam Counter Attack, maupun skema Set Pieces.

Di usia 21 tahun, Akbar pun masih bisa berkembang untuk menjadi lebih baik lagi. Siapa yang menduga, bisa saja dirinya menjadi bek masa depan bagi Persija Jakarta dan juga Timnas Indonesia.

Bursa TransferPersija JakartaGresik UnitedLiga 1profilTimnas Indonesia U-22Berita Liga 1

Berita Terkini