x

De Gea Masih Mending, 4 Kiper Ini Justru Lebih Blunder Fatal di Premer League

Senin, 8 Mei 2023 12:05 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Aksi kiper Manchester United, David de Gea, dalam pertandingan Liga Inggris kontra West Ham.

INDOSPORT.COM – David De Gea disebut menjadi penyebab utama kekalahan Manchester United dengan skor 0-1 dari tuan rumah West Ham United di London Stadium.

Pertandingan Premier League musim 2022-23 pekan ke-35 ini sejatinya bisa dibilang sebagai salah satu laga sengit di musim ini.

Pasalnya, kedua tim sama-sama menargetkan kemenangan demi ambisi masing-masing. Manchester United bertekad mencuri tiga poin demi mengamankan posisi tiga besar.

Sedangkan tuan rumah mengincar kemenangan demi menjauhi zona degradasi. Sejak awal laga, kedua tim langsung menyajikan pertandingan yang sengit.

Pada menit-menit, Man United menebarkan ancaman melalui Bruno Fernandes, Antony dan Marcus Rashford yang melepaskan tembakan mengarah ke gawang West Ham yang dikawal oleh Lukasz Fabianski.

Baca Juga

Sayangnya usaha mereka masih tak membuahkan hasil karena bola hasil tembakannya melebar ke sisi kanan gawang Fabianski.

Pada menit ke-26 atau memasuki menit ke-27, seluruh tribun penonton London Stadium langsung bergemuruh saat gelandang sayap West Ham United, Said Benrahma berhasil mencantumkan namanya di papan skor.

Baca Juga

Benrahma yang dijaga ketat oleh tiga pemain The Red Devils, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, dan Luke Shaw kesulitan untuk melewati kawalan tersebut.

Ia pun memilih untuk melepaskan tembakan yang mengarah ke arah gawang Man United yang dijaga oleh kiper David De Gea.

Tak disangka, bola sepakan yang mengarah tidak terlalu deras tersebut tak dapat diantisipasi oleh De Gea meski sempat mengenai tangannya sehingga gol pun tercipta.

Banyak yang menyayangkan gol tersebut lantaran bola hasil tembakan Benrahma seharusnya bisa diantisipasi dengan baik oleh mantan kiper Timnas Spanyol tersebut.

Skor 1-0 untuk keunggulan West Ham United atas Manchester United pun bertahan hingga akhir laga dan David De Gea langsung dihujani kritik. Padahal, masih banyak kesalahan yang lebih parah dilakukan oleh kiper lain di Premier League.

Baca Juga

1. Kepa Arrizabalaga

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Bagi pencinta sepak bola Premier League, khususnya fans Chelsea tentu tahu betul jika Arrizabalaga sudah tak terhitung melakukan blunder konyol yang merugikan tim.

Salah satu blunder fatalnya terjadi adalah di musim ini pada Januari 2023 kemarin ketika takluk 0-1 dari Man City.

Kepa saat itu hanya diam saja ketika bola hasil umpan dari Jack Grealish lewat didekatnya dengan pelan, sehingga Riyad Mahrez pun berhasil mencetak gol dengan mudah.

Hal ini pun membuat Kepa Arrizabalaga dituduh sengaja membiarkan Man City unggul agar bisa mengejar poin Arsenal di puncak klasemen.

Alisson Becker

Harus diakui jika Alisson Becker saat ini menyandang status sebagai salah satu kiper terbaik di Premier League, bahkan di dunia.

Namun status salah terbaik bukan berarti sempurna, karena faktanya kiper Timnas Brasil ini juga pernah melakukan blunder konyol yang merugikan timnya, Liverpool.

Kejadian ini terjadi pada musim 2020-21 lalu saat The Reds melawan Leicester City. Di mana Alisson secara tak diduga maju dengan jauh meninggalkan gawangnya untuk memotong bola yang diumpan pemain Leicester, Youri Tielemans.

Baca Juga

Bola hasil umpan Tielemans sebenarnya bisa saja dibuang oleh bek Liverpool, Ozan Kabak, namun karena terjadinya benturan dengan Alisson membuat bola terpantul ke sisi tengah yang mengarah tepat di kaki striker Leicester, Jamie Vardy.

Tanpa ampun, Vardy pun mencetak gol yang mengubah kedudukan menjadi 2-1 sebelum akhirnya ditutup kemenangan menjadi 3-1 lewat gol Harvey Barnes.

Hugo Lloris

Kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris pun tak luput dari kesalahan fatal yang menjatuhkan mental timnya dalam sebuah pertandingan.

Blunder yang dilakukan oleh kapten Timnas Prancis ini tercipta saat melawan Newcastle United di musim ini pada bulan Oktober 2022 lalu.

Kejadian ini nyaris serupa seperti Alisson, di mana Lloris meninggalkan gawangnya cukup jauh untuk memotong bola.

Namun siapa yang sangka, Lloris tak mampu mengontrol bola dengan baik sehingga mampu direbut oleh striker Newcastle United, Callum Wilson yang sukses mencetak gol ke gawang kosong.

Baca Juga

Jordan Pickford

Kejadian ini mungkin bisa dikategorikan sebagai 10 besar blunder terkonyol di kancah Premier League.

Kiper utama Timnas Inggris dan Everton, Jordan Pickford pernah melakukan blunder sangat fatal sehingga membuat timnya kalah di menit akhir dalam laga bertajuk Derby Merseyside melawan Liverpool di musim 2018-19.

Kejadian ini tercipta pada menit akhir di perpanjangan waktu saat kedua tim sama-sama bermain imbang 0-0.

Pada menit akhir, Liverpool mendapatkan sepak pojok dan bek tengah mereka, Virgil van Dijk yang mendapat umpan matang tak mampu melepaskan tembakan dengan baik lantaran salah posisi.

Van Dijk sendiri juga sudah pasrah lantaran bola hasil tembakannya melebar ke sisi atas gawang.

Namun siapa yang sangka, bola yang seharusnya jika didiamkan bakal keluar malah ditepis masuk lagi ke dalam lapangan oleh Pickford.

Bola pun memantul kena tiang gawang dan striker The Reds, Divock Origi yang berdiri bebas dengan leluasa mencetak gol kemenangan untuk timnya.

Baca Juga
Premier LeagueManchester UnitedLiverpoolChelseaManchester CityTottenham HotspurWest Ham UnitedDavid de GeaHugo LlorisLiga Primer InggrisLiga InggrisJordan PickfordAlisson BeckerKepa ArrizabalagaBerita Liga Inggris

Berita Terkini