x

Paten, Kolaborasi ASIOP-Shonan Bellmare Lahirkan Akademi J-League Pertama di Indonesia

Sabtu, 13 Mei 2023 13:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
ASIOP menjalin kerja sama strategis dengan klub elite Jepang, Shonan Bellmare.

INDOSPORT.COM - Klub Jepang, Shonan Bellmare, resmi mendirikan akademi J-League pertama di Indonesia bernama Shonan Bellmare Indonesia Soccer School. Akademi ini nantinya akan dikelola oleh ASIOP.

Kepastian itu didapat dalam acara peluncuran Shonan Bellmare Indonesia Soccer School di markas ASIOP FC, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/5/23). 

Peluncuran Shonan Bellmare Indonesia dihadiri dua petinggi ASIOP, Ade Prima Syarif (Presiden) dan Ade Wellington (Chairman), serta Direktur Teknik Shonan Bellmare, Kiyoshi Sekiguchi. 

Ade Prima Syarif menyebut, peluncuran Shonan Bellmare Indonesia Soccer School merupakan implementasi kerja sama kedua belah pihak yang sudah terjalin sejak lama dan diumumkan pada Desember tahun lalu. 

“Yang pasti inilah akademi J-League pertama di Indonesia dan ASIOP FC menjadi pionir. Kami merasa kultur sepak bola Jepang ini sangat kuat, khususnya di Shonan Bellmare,” kata Ade Prima Syarif. 

Baca Juga

"Kita tahu sepak bola Jepang kini nomor satu di Asia dan ranking 20 FIFA. Mereka berhasil lolos sebagai juara grup di Piala Dunia 2022 dengan melibas dua negara kuat, yaitu Jerman dan Spanyol. Ini tidak main-main. Jadi Jepang sudah level elite," cetusnya.

Ade menambahkan, Jepang punya etos kerja yang luar biasa. Mental dan kedisiplinan mereka sangat kuat, kendati secara postur tak beda jauh dengan pesepak bola Indonesia pada umumnya. 

Baca Juga

"Cara bermain mereka itu cocok untuk kami pelajari. Kalau dulu kami belajar tiki-taka-nya Spanyol dengan postur tubuh yang tidak tinggi," jelas Ade Prima Syarif. 

"Nah kini ada lagi yang benar-benar hampir menyerupai orang Indonesia. Cara mereka membentuk pesepak bola ini menurut saya harus kami tiru." 

"Rumusnya apa itu? Itulah yang akan kami terapkan di Shonan Bellmare Indonesia. Jadi, kurikulum yang akan digunakan murni kurikulum sepak bola Jepang,” tandasnya. 

Baca Juga

1. Sekilas Shoman Bellmare

ASIOP menjalin kerja sama strategis dengan klub elite Jepang, Shonan Bellmare.

Sekadar mengingatkan, Shonan Bellmare merupakan klub kasta tertinggi Liga Jepang atau J-League yang sangat sukses di sektor olahraga dan pengembangan pemain. 

Shonan Bellmare bersama J-League memiliki kontribusi besar dalam menciptakan pemain unggul di timnas Jepang selama bertahun-tahun. 

Pada 2021, Shonan Bellmare dinobatkan sebagai Best Youth Development Club. Dari sini, masa depan J-League semakin baik dalam mengembangkan pemain top Jepang dari level junior hingga menjadi bintang dan bisa berkarier di Eropa. 

“Tujuan mendirikan Shonan Bellmare Soccer School di Indonesia sudah pasti karena kami melihat ada negara di Asia yang secara geografis, postur, dsb. itu sama seperti Indonesia," ujar Ade Wellington. 

Baca Juga

ASIOP FC hanya tinggal meniru apa yang sudah dilakukan Shonan Bellmare di Jepang. Mereka meyakini anak-anak Indonesia bisa belajar banyak dari klub elite J-League tersebut. 

"Setelah itu, maka akan terbuka kesempatan untuk anak-anak dan pelatih-pelatih Indonesia untuk belajar di Jepang secara langsung,” imbuhnya. 

Yang paling penting, lanjut Ade Wellington, Indonesia harus bisa meniru kesuksesan Jepang mengirim pemain-pemain terbaiknya ke kompetisi Eropa, seperti Bundesliga dan La Liga Spanyol. 

Ketika timnas Jepang hendak bertarung di turnamen kelas wahid seperti Piala Asia dan Piala Dunia, sekitar 80-90 persen pemainnya berstatus jebolan Liga Eropa. 

Baca Juga

Sekarang, Indonesia memiliki sejumlah putra bangsa langganan timnas yang sedang berkarier di luar negeri, di antaranya Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Elkan Baggott, dan Asnawi Mangkualam. Mereka cukup memberikan kebanggaan untuk Tanah Airnya. 

"Bagaimana kalau ada 50 pemain Indonesia yang bisa bermain di Eropa atau Jepang, atau mungkin Benua Amerika? Tentu akan mudah bagi pelatih timnas Indonesia untuk memanggil pemain dari luar negeri dan membentuk tim yang tangguh," tutur Ade Wellington. 

"Makanya pemain Indonesia harus kita titipkan di sana. Seperti yang ASIOP lakukan selama ini dengan mengirim pemain ke Spanyol,” pungkas mantan Sekjen PSSI era Ketum Edy Rahmayadi tersebut. 

JepangJ-LeagueTimnas IndonesiaLiga IndonesiaASIOP ApacintiAde WellingtonBola IndonesiaOne Football

Berita Terkini