x

Pemain Sampai Federasi Thailand Tutup Komen Sosmed, Kena Mental usai Kalah SEA Games?

Selasa, 16 Mei 2023 23:39 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Thailand di SEA Games 2023., Selasa (16/05/23).

INDOSPORT.COM – Para pemain hingga federasi sepak bola Thailand tampaknya sangat terpukul usai kalah di final SEA Games 2023 dari Timnas Indonesia, Selasa (16/05/23) malam WIB.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh tersebut, skuad Timnas Indonesia berhasil ciptakan sejarah dengan meraih medali emas SEA Games 2023 usai mengalahkan Thailand 5-2.

Gol untuk Timnas Indonesia U-22 tercipta pada menit ke-20 setelah Ramadhan Sananta sukses memaksimalkan lemparan jarak jauh Alfeandra Dewangga.

Setelah gol tersebut tercipta, pasukan Indra Sjafri kian gencar untuk terus menggempur pertahanan Thailand.

Timnas Indonesia U-22 pun berhasil menambah keunggulan pada detik-detik akhir laga lagi-lagi lewat aksi Ramadhan Sananta usai memanfaatkan umpan lambung dari kiper Ernando Ari. Skor 2-0 jadi penutup babak pertama.

Baca Juga

Terus mendapat tekanan, gawang Timnas Indonesia akhirnya jebol melalui sundulan pemain Thailand pada menit ke-64’.

Kemenangan di depan mata Timnas Indonesia buyar, setelah di masa injury time Thailand mampu mencetak gol penyama kedudukan. Laga pun berlanjut ke extra time.

Baca Juga

Pada babak tambahan, Timnas Indonesia kembali menggila dengan mencetak tiga gol di dua kali masa extra time. Skor berubah 5-2 yang terus bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia pun berhasil memenangkan medali emas di cabor sepak bola pria SEA Games 2023 untuk kali pertama sejak tahun 1991.

Sementara bagi Thailand, kekalahan ini tampaknya jadi pukulan telak buat mereka, bahkan para penggawa hingga federasi sepak bola Gajah Perang sampai mematikan kolom komentar media sosialnya.

Baca Juga

1. Penggawa Thailand Mengucilkan Diri

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Thailand, Selasa (16/05/23).

Dari pantauan INDOSPORT hingga Selasa (16/05/23) malam WIB atau pasca final SEA Games 2023, terlihat sejumlah penggawa Thailand memilih untuk mem privat dan mematikan kolom komentar medsos mereka.

Para pemain Thailand sepertinya cukup mengerti dengan kekuatan netizen Tanah Air yang sering menyerang media sosial mereka pasca bertanding.

Terlebih di laga kali ini Thailand harus puas telan kekalahan memalukan 5-2 dari Timnas Indonesia, sehingga besar kemungkinan kolom media sosial mereka penuh sindiran dari para netizen.

Seperti yang terlihat dari akun Songchai Thongcham, penggawa Timnas Thailand ini sempat membuat heboh dan jengkek fans Indonesia lantaran meminta pendukung Garuda Muda untuk tidak hadir di stadion saat final SEA Games 2023.

"Hal terakhir yang ingin saya katakan adalah, kepada fans Indonesia lebih baik jangan datang ke laga final. Tetapi untuk fans Thailand, silakan datang. Kami akan bermain 100 persen untuk kalian dan tim ini," ujar Thongcham.

Baca Juga

Sayangnya optimisme Songchai Thongcham gagal membawa Thailand juara, dan sadar akan ucapannya jelang laga, ia pun langsung menutup kolom komentar postingan media sosialnya.

Songchai Thongcham, pemain Thailand di SEA Games 2023

Selain Songchai Thongcham, aksi ekstream malah dilakukan Soponwit Rakyart. Kiper muda Timnas Thailand ini sampai memprivat akun media sosialnya pasca laga.

Baca Juga

Sepanjang final, Soponwit Rakyart jadi sorotan lantaran sempat melakukan aksi tak terpuji yakni memukul salah satu penggawa Timnas Indonesia hingga membuatnya mendapat kartu merah.

Paham dengan kondisinya yang bakal dirujak netizen Indonesia, Soponwit Rakyart langsung mengunci akunnya dan sampai sekarang tidak bisa diikuti oleh pengguna secara umum.

Akun Medsos Soponwit Rakyart, Kiper Thailand di SEA Games 2023

Tak cuma para pemain, bahkan akun resmi federasi sepak bola Thailand juga melakukan aksi serupa, yakni mengunci kolom komentar mereka selepas final SEA Games 2023.

Kolom Komentar Federasi sepak bola Thailand dimatikan

Sepertinya federasi sepak bola Thailand tidak cuma khawatir akan sindiran netizen Indonesia, namun juga dari warga negaranya sendiri yang kecewa dengan penampilan skuad mudah Gajah Perang. 

Baca Juga
SEA GamesThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20SEA Games 2023

Berita Terkini