x

Blak-blakan, Media Vietnam Jagokan Timnas Indonesia Kalahkan Thailand di Final SEA Games 2023

Selasa, 16 Mei 2023 15:14 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Media Vietnam blak-blakan jagokan Timnas Indonesia U-22 kalahkan Thailand di final sepak bola putra SEA Games 2023 yang berlangsung Selasa (16/05/23) malam.

INDOSPORT.COM – Media Vietnam blak-blakan jagokan Timnas Indonesia  U-22 kalahkan Thailand di final sepak bola putra SEA Games 2023 yang berlangsung Selasa (16/05/23) malam nanti.

Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri tinggal selangkah lagi meraih emdali emas SEA Games 2023 untuk melawan Thailand.

Timnas Indonesia U-22 lolos ke final SEA Games 2023 usai menang dramatis 3-2 dari Vietnam. Sementara Thailand ke final usai menang meyakinkan dengan skor 3-0 dari Myanmar.

Dua tim ini diakui oleh media Vietnam, Soha, adalah tim yang terkuat dan pantas untuk berada di final SEA Games 2023.

Baik Vietnam maupun Timnas Indonesia U-22 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun secara blak-blakan, media Vietnam itu menjagokan Indonesia mengalahkan Thailand.

Baca Juga

Ada alasan mengapa media Vietnam itu lebih menjagokan Indonesia ketimbang Thailand. Indonesia disebut punya pemain muda gemilang untuk memuaskan dahaga 32 tahun tanpa menjuarai SEA Games.

“U-22 Indonesia menunjukkan performa gemilang dalam lima kemenangan beruntun. Meski dipastikan akan menghadapi banyak kesulitan (di final), diyakini generasi pemain berbakat bisa memuaskan dahaga (puasa gelar) selama 32 tahun menjuarai SEA Games,” tulis Soha.

Baca Juga

Indonesia memang sudah 32 tahun lamanya tidak mencicipi medali emas. Usai kemenangan Timnas Indonesia di SEA Games 1991, skuat Merah Putih tidak lagi bisa merayakan pada kompetisi resmi.

Padahal Indonesia sudah berkali-kali mendekati puncak, tetapi selalu bisa dihentikan oleh Thaland, seperti di SEA Games 2005 (semifinal), 2013 (final), 2015 (semifinal), dan 2021 ( semifinal).

Thailand bisa disimpulkan menjadi musuh utama Indonesia baik di SEA Games maupun Piala AFF. Faktanya memang Thailand menjadi yang terbanyak juara cabor sepak bola SEA Games. Sementara Indonesia baru dua kali (1989, 1991).

Baca Juga

1. Jagokan Indonesia

Jelang laga final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand, media Vietnam jagokan Merah Putih.

Performa Timnas Indonesia U-22 dianggap cukup apik oleh media Vietnam, Soha, sepanjang babak penyisihan grup sampai semifinal.

Merangkum laga, Timnas Indonesia U-22 mengawali perjuangan dengan mengalahkan Filipina dengan skor sempurna 3-0 di fase penyisihan Grup A.

Keganasan Timnas Indonesia U-22 berlanjut kala bisa mengalahkan Myanmar 5-0, menang 3-0 dari Timor Leste, dan mennag 2-1 dari Kamboja.

Di laga semifinal, Timnas Indonesia U-22 kembali menang dramatis 3-2 dari Vietnam meskipun hanya bermain dengan 10 pemain.

Baca Juga

Secara total, Indonesia baru kebobolan tiga kali. Statistik yang tidak kalah trengginas jika dibandingkan perjalanan Thailand melaju ke final SEA Games 2023.

“Tahun ini adalah generasi emas sepak bola muda Indonesia yang siap melangkah menuju puncak kejayaan,” puji media Soha.

“Mungkin keyakinan dan optimisme Indonesia tidak pernah sebesar saat ini untuk Timnas U-22 mereka. Akankah kepercayaan ini berbuah manis?” sambung Soha.

Baca Juga

Hanya saja media Soha memprediksi bahwa Indonesia harus berhati-hati karena Thailand lebih diuntungkan dari absennya Pratama Arhan karena kartu merah saat melawan Vietnam.

“Thailand memiliki kekuatan terkuat, sedangkan Indonesia harus kehilangan Pratama Arhan karena kartu merah. Ini akan jadi kehilangan yang sangat disayangkan karena pemian ini sangat berpengalaman, bagus dalam pertahanan, dan sangat efektuf dengan senjata lemparan ke dalam,” tulis Soha.

Laga final sepak bola SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand akan dimulai pukul 19.30 WIB di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja.

Baca Juga

Sumber: Soha

SEA GamesThailandBola InternasionalTimnas ThailandTimnas VietnamTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini