x

Timnas U-22 Juara, Ribuan Warga Solo Tumpah Ruah Rayakan Medali Emas SEA Games 2023

Rabu, 17 Mei 2023 18:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Ribuan warga Solo saat menghadiri acara nonton bareng final sepak bola SEA Games 2023 di depan Balaikota Solo, Selasa (16/5/23).

INDOSPORT.COM - Ribuan warga Solo tumpah ruah merayakan keberhasilan meraih medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023. Euforia ini dilakukan dalam acara nonton bareng di depan Balai Kota Solo, Selasa (16/5/23).

Acara nonton bareng ini sejatinya tak direncanakan sejak jauh hari. Setelah kemenangan atas Vietnam di semifinal, permintaan warga Solo supaya digelar acara nonton bareng langsung meningkat.

Permintaan mengarah pada venue videotron yang berada tepat di depan Balai Kota Solo. Permintaan yang disampaikan melalui media sosial ini ternyata direspons Wali kota Gibran Rakabuming.

Jalan di depan Balai Kota Solo sudah ditutup sejak pukul 18.30 WIB. Awalnya, diprediksi hanya seribu warga saja yang memadati cara tersebut.

Namun ternyata, jumlah yang hadir benar-benar membludak. Diperkirakan ada lebih dari 5.000 orang yang menyaksikan perjuangan timnas Indonesia U-22.

Baca Juga

Penonton yang datang turut serta membawa bendera merah putih dan bass drum. Penonton yang didominasi para suporter Persis Solo ini meneriakan yel-yel sepanjang pertandingan.

Suasana nonton bareng sempat pecah ketika pelatih Indra Sjafri berselebrasi karena mengira laga sudah bubar dengan skor akhir 2-1. Penonton yang datang sudah menyalakan belasan flare.

Baca Juga

Namun, dalam hitungan detik, euforia berubah jadi tegang ketika wasit melanjutkan pertandingan dan Thailand mencetak gol penyama kedudukan.

Untung saja, suasana kembali semringah setelah winger Persis Solo, Irfan Jauhari, mencetak gol. Dua gol tambahan dari Fajar Faturrahman dan Beckham Putra membuat euforia kembali terjadi.

Penonton kemudian membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa sembari menyaksikan lagu Indonesia Raya. Tumpah ruah ini diakhiri aksi konvoi keliling kota sembari pulang ke kediaman masing-masing.

Baca Juga

1. Bos Persis Solo

Ribuan warga Solo saat menghadiri acara nonton bareng final sepak bola SEA Games 2023 di depan Balaikota Solo, Selasa (16/5/23).

Di antara penonton yang datang, terdapat bos Persis Solo, Kevin Nugroho. Dia datang ke Balai Kota Solo setelah melakukan pengecekan ke Stadion Manahan Solo.

Kevin sangat antusias dengan acara nonton bareng ini karena memprediksi ribuan warga akan datang. Warga yang datang sudah berharap banyak agar penantian 32 tahun berbuah emas di Kamboja.

"Seru, yang nonton rame, baguslah. Saya lumayan berekspektasi sih ramainya bakal seperti ini. Terakhir sudah 32 tahun lalu, jaman coach Edi (pelatih kiper Persis Solo, Edi Harto)," kata Kevin Nugroho.

Baca Juga

"Kalau timnas Indonesia ya pasti tinggi. (Antusiasme) kepada Persis Solo saja sudah tinggi, ke timnas harus lebih tinggi lagi," imbuhnya.

Kevin ikut senang karena Persis Solo punya wakil di timnas U-22. Ada Eko Purdjianto yang notabene asisten pelatih serta Irfan Jauhari yang mencetak gol di final semalam.

"Irfan Jauhari bagus. Bisa jadi (ada coach Eko Purdjianto), jadi lebih gampang beradaptasi, ada banyak teman di sana," pungkas Kevin Nugroho.

Baca Juga

Hanya saja, kegiatan nonton bareng ini tak dihadiri Gibran Rakabuming. Dia diketahui sedang berada di Medan untuk menghadiri serangkaian acara resmi.

Ternyata, Gibran menyaksikan pertandingan timnas Indonesia U-22 bersama ayahanda sekaligus Presiden RI, Joko Widodo. Video nonton bareng itu viral karena ia terlihat kaku saat Presiden Jokowi merayakan gol Beckham Putra.

SEA GamesThailandPersis SoloSoloTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-22Bola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne FootballSEA Games 2023

Berita Terkini