x

Xhaka Angkat Kaki, 3 Pemain Rival Ini Bisa Dilirik Arsenal sebagai Pengganti

Sabtu, 27 Mei 2023 17:06 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris, Arsenal, dipastikan akan ditinggal oleh Granit Xhaka di bursa transfer musim panas 2023 nanti usai dirinya bergabung Bayer Leverkusen.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris, Arsenal, dipastikan akan ditinggal oleh Granit Xhaka di bursa transfer musim panas 2023 nanti usai dirinya bergabung Bayer Leverkusen.

Kepastian pemain berpaspor Swiss itu bergabung Leverkusen disampaikan oleh juru transfer kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano.

Dalam cuitan terbarunya di media sosial Twitter, Fabrizio Romano menyebutkan bahwa pemain Xhaka akan memainkan laga terakhirnya bersama Arsenal pada akhir pekan ini, Minggu (28/05/23).

Setelah memainkan laga terakhirnya itu, Xhaka akan langsung terbang ke Jerman dan menuntaskan kepindahannya ke Leverkusen.

Diketahui, klub asal Jerman itu harus menggelontorkan dana sebesar 15 juta euro (Rp241 miliar) demi bisa mendapatkan tanda tangannya.

Baca Juga

Mahar sebesar itu harus dikeluarkan Bayer Leverkusen karena Granit Xhaka sendiri masih terikat kontrak dengan Arsenal hingga 2024 dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Dengan kepastian transfer ini, pemain berusia 32 tahun itu pun akan kembali ke Jerman untuk kali pertama sejak 2016 silam.

Baca Juga

Sebagai informasi, Xhaka sebelumnya bermain di Jerman bersama Borussia Monchengladbach, dan kemudian dipinang Arsenal pada 2016.

Berakhirnya kebersamaan Xhaka dengan tim berjuluk The Gunners itu pun membuat pihak klub harus segera mencari penggantinya di bursa transfer musim panas 2023.

Setidaknya ada tiga pemain rival Liga Inggris yang bisa menggantikan peran Granit Xhaka di lini tengah Arsenal dan bisa direkrut pada bursa transfer musim panas 2023 nanti. Siapa saja?

Baca Juga

1. Pemain Berpengalaman di Inggris

Ilkay Gundogan, pemain Manchester City. Foto: REUTERS/Chris Radburn

1. Ilkay Gundogan

Arsenal melalui Mikel Arteta dilaporkan tertarik memboyong Ilkay Gundogan dari Manchester City yang akan berstatus bebas transfer di musim panas 2023 nanti.

Pemain berusia 32 tahun itu dianggap sebagai figur yang tepat bagi permainan Arteta untuk menggantikan peran Xhaka di lini tengah.

Secara usia, Gundogan memang lebih tua dari Xhaka. Arsenal pun berencana menjadikan pemain berpaspor Jerman itu tambahan untuk pemain berpengalaman dan bermental juara.

Arsenal akan memanfaatkan kedekatan Gundogan dengan Arteta agar eks Borussia Dortmund itu mau bergabung di musim panas nanti.

Tapi Arsenal harus bisa meyakinkan Gundogan yang kontraknya tengah coba diperpanjang Man City dan juga dirinya yang tengah didekati Barcelona.

Baca Juga

2. Mason Mount

Arsenal selalu identik dengan pemain muda, karenanya kepergian Granit Xhaka diyakini akan membuat The Gunners menggantinya dengan pemain muda berpengalaman.

Salah satu nama yang bisa direkrut Arsenal untuk menggantikan Xhaka adalah Mason Mount dari rival sekotanya sendiri, yakni Chelsea.

Baca Juga

Saat ini, Chelsea berencana melego Mount karena kontraknya yang akan habis pada Juni 2024. Diketahui, The Blues meminta mahar minimal 70 juta poundsterling (Rp1,2 triliun).

Mahar tersebut bisa saja dipenuhi Arsenal jika melihat kesamaan Xhaka dan Mount sebagai pemain bernomor 8 dalam skema 4-3-3 maupun 4-2-3-1.

Dalam skema yang jadi andalan Arteta itu, Mount dan Xhaka punya kemiripan dengan kemampuan melancarkan serangan dan bertahan sama baiknya.

Baca Juga

2. Gelandang Mahal Liga Inggris

Declan Rice, pemain West Ham United. Foto: REUTERS/Peter Nicholls

3. Declan Rice

Jika enggan mendatangkan Mason Mount, Arsenal bisa melirik kawan karib bintang Chelsea itu, yakni Declan Rice di musim panas 2023 nanti.

Gelandang milik West Ham United itu memang dirumorkan menjadi target teratas Arsenal untuk memperbaiki lini tengahnya sepeninggal Xhaka.

Rice sendiri punya tipikal permainan yang sama dengan Xhaka, yakni pemain dengan kemampuan bertahan yang apik, dan kerap menjadi sosok pertama yang membangun serangan.

Dengan usianya yang masih muda, yakni 24 tahun, Rice punya pengalaman segudang di Liga Inggris dan juga level internasional.

Pengalaman itu dibutuhkan oleh Arsenal yang didominasi pemain muda, agar bisa bersaing memperebutkan gelar juara di musim depan.

Tapi, Arsenal harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memboyongnya. Sebab, West Ham meminta mahar minimal 100 juta poundsterling atau Rp1,8 triliun.

ArsenalBayer LeverkusenIlkay GundoganGranit XhakaIn Depth SportsDeclan RiceMason Mount

Berita Terkini