x

Mengenal 5 Kiper Barito Putera di Liga 1 2023/24: Pemain Grade A Ngumpul jadi Satu

Senin, 29 Mei 2023 12:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Mengenal lima kiper Barito Putera jelang Liga 1 2023/2024, beberapa penjaga gawang grade A berkumpul di satu klub dan bersaing meraih tempat utama.

INDOSPORT.COM - Mengenal lima kiper Barito Putera jelang Liga 1 2023/2024. Beberapa penjaga gawang grade A berkumpul di satu klub dan bersaing meraih tempat utama.

Pascakompetisi Liga 1 2022/2023 selesai, Barito Putera melepas dua kiper senior, yakni Joko Ribowo dan Yoewanto Setya Beny.

Sebelumnya, pada pertengahan musim 2022, klub berjuluk Laskar Antasari itu juga telah melepas kiper yang sudah membersamai tim selama sepuluh tahun, Aditya Harlan.

Sebagai gantinya, Barito mendatangkan tiga kiper baru di bursa transfer Liga 1 2023. Ditambah dua kiper yang masih bertahan, maka Laskar Antasari memiliki lima kiper.

Berikut INDOSPORT mengulas profil lima kiper Barito Putera jelang Liga 1 2023.

Baca Juga

1. Dhika Bayangkara 

Pemain rekrutan anyar Barito Putera pada bursa transfer Liga 1 2023 adalah Dhika Bayangkara, eks kiper Persib Bandung dan Persita Tangerang, dan juga jebolan Persija.

Dhika Bayangkara menjadi kiper paling senior di skuad Barito Putera, mengingat ia juga pernah bermain di sejumlah klub besar seperti PSS Sleman dan PSMS Medan.

Musim lalu saat membela Persita, Dhika Bayangkara tampil dalam 17 laga dan 4 laga tidak kebobolan. Namun, semenjak Aditya Harlan ke Persita, ia tersisih jadi cadangan.

Baca Juga

2. Mario Fabio Londok

Mario Fabio Londok merupakan kiper usia muda, tetapi ia sudah pernah menimba ilmu di berbagai klub besar, mulai dari Persipura Jayapura hingga Persib Bandung.

Mario Londok juga tak perlu banyak adaptasi di Barito, karena sebelumnya ia juga pernah bermain di sesama klub asal Kalimantan Selatan, yakni Martapura FC.

Baca Juga

1. 3. Ega Rizky Pramana

Ega Rizki Permana, mantan kiper PSS Sleman yang hijrah ke Barito Putera di bursa transfer Liga 1 2023.

Menyebut nama Ega Rizky, tentu identik dengan kiper senior andalan PSS Sleman. Ia jadi pilihan utama Super Elja sejak pertama kali bergabung di tim pada tahun 2018 lalu.

Namun setelah lima tahun berjuang, Ega Rizky resmi dilepas PSS Sleman. Tak butuh waktu lama, Ega Rizky langsung dipinang oleh Barito untuk kompetisi Liga 1 2023.

Kolaborasi antara para pemain senior dan pemain muda sudah menjadi hal yang biasa bagi Barito. Apalagi dengan pelatih kiper berpaspor Brasil, menjadi satu daya tarik.

4. Nor Halid

Salah satu kiper yang dipertahankan Barito Putera musim ini adalah Nor Halid, penjaga gawang asli Kalimantan Selatan. Namun, kualitasnya boleh diadu dengan kiper nasional.

Musim lalu, Nor Halid mampu bersaing dengan tiga kiper senior, Aditya Harlan, Joko Ribowo dan Yoewanto Setya Beny. 

Baca Juga

Nor Halid tampil dalam 11 laga, dan hanya kebobolan 15 gol saja, serta 2 kali mencatatkan cleansheet. Hal ini membuat pelatih Brasil mantap mempertahankannya.

5. Gale Trisna Prakastiwi

Tidak banyak informasi mengenai kiper muda Barito Putera, Gale Trisna Prakastiwi. Maklum, Gale termasuk pemain junior yang masih dalam tahap pembinaan di tim senior.

Baca Juga

Mengingat Gale Trisna masih berusia sangat muda, pemain jebolan Majapahit Soccer Academy Mojokerto itu dikontrak jangka panjang oleh manajemen hingga 2024.

Bukan tidak mungkin jika kontrak Gale Trisna akan berlanjut dan ia didapuk jadi kiper utama Barito Putera, seperti yang pernah dirasakan Muhammad Riyandi.

Baca Juga
Bursa TransferBarito PuteraKiperLiga IndonesiaLiga 1profilMario Fabio LondokDhika BayangkaraEga RiskiBerita Liga 1

Berita Terkini