x

Setelah 5 Tahun, Magis Iniesta di J.League Segera Menemui Pintu Keluar

Senin, 29 Mei 2023 14:56 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Bintang sepak bola asal Spanyol, Andres Iniesta semakin mendekati akhir petualangannya di J.League bersama tim Vissel Kobe.

INDOSPORT.COM - Bintang sepak bola asal Spanyol, Andres Iniesta semakin mendekati akhir petualangannya di J.League bersama tim Vissel Kobe.

Ketika mendekati masa-masa akhir karier, kebanyakan bintang sepak bola top Eropa akan memilih untuk hengkang ke klub-klub MLS di Amerika Serikat.

Namun, hal berbeda justru dilakukan oleh sang Maestro asal Spanyol, Andres Iniesta. Ia membuat kejutan dengan mencoba peruntungan ke klub Liga Jepang.

Ya, setelah 18 tahun berjuang bersama Barcelona, Iniesta memutuskan untuk mengakhiri masa baktinya di Camp Nou dan terbang ke Jepang memperkuat Vissel Kobe di J.League.

Sebelum hengkang ke Vissel Kobe, Iniesta bisa dibilang sudah memenangkan seluruh prestasi membanggakan yang bisa diraih seorang pemain di kompetisi Eropa.

Baca Juga

Trofi gelar juara LaLiga, Copa del Rey, Liga Champions, dan Piala Dunia Antar Klub sudah pernah ia angkat kala masih memperkuat Barcelona.

Tidak hanya di level klub, saat memperkuat Timnas Spanyol, pria kelahiran 11 Mei 1984 itu juga sudah memenangkan dua trofi utama, yakni 2 gelar juara Euro dan satu trofi Piala Dunia.

Baca Juga

Kini, setelah memperkuat Vissel Kobe selama 5 tahun sejak 2018 lalu, suami Anna Ortiz itu memutuskan untuk hengkang di tengah musim J.League 2023 ini.

"Ini hari yang sangat emosional setelah bertahun-tahun di sini," ujar Iniesta saat mengumumkan kepergiannya, dengan tak henti-hentiknya mengucapkan terima kasih kepada Vissel Kobe.

"Saya sudah mencoba memberikan yang terbaik di dalam dan luar lapangan, saya sangat bangga akan hal itu," tutup ayah 5 anak itu.

Baca Juga

1. Berkah Iniesta Bagi Vissel Kobe dan J.League

Sejumlah prestasi membanggakan telah dipersembahkan Andres Iniesta selama memperkuat Vissel Kobe.

Sedikit mengenang masa lalu, Iniesta datang ke Jepang pada musim panas 2018, bergabung dengan Vissel Kobe di J.League. Tak butuh waktu lama, ia langsung jadi sentral kebangkitan tim berjuluk Si Sapi tersebut.

Kedatangan Iniesta juga langsung membuahkan hasil yang manis. Vissel Kobe sukses menjuarai Piala Kaisar 2019, gelar major pertama klub yang sudah ditunggu selama 57 tahun sejak berdiri pada 1966 silam.

Efek dari kemenangan ini juga membawa Vissel Kobe lolos ke gelaran Liga Champions Asia untuk kali pertama sepanjang sejarah, bahkan sampai ke semifinal, sebelum dihentikan Ulsan Hyundai.

Sejarah baru juga berhasil dipersembahkan Iniesta untuk Vissel Kobe dengan sukses finis peringkat tiga klasemen J.League 2021. Itu merupakan posisi terbaik mereka sejak mengikuti J.League.

Bila ditotal, Iniesta memiliki jam terbang di 133 pertandingan Vissel Kobe dalam semua kompetisi. Dari total tersebut, Iniesta mampu mencetak 26 gol dan 25 assists.

Baca Juga

Tak hanya bagi Vissel Kobe, kedatangan Iniesta juga menjadi berkah untuk J.League. Kompetisi Liga Jepang itu kini mulai disorot dan menjadi destinasi beberapa pemain dunia untuk berkarir.

Kini, tinggal menunggu hari sampai Iniesta benar-benar pergi dari Vissel Kobe. Ia masih akan bermain selama bulan Juni hingga pekan ke-19 Meiji Yasuda J1 League musim ini.

Baca Juga

Artinya, ia kemungkinan masih akan bermain saat Vissel melawan Kawasaki Frontale, Cerezo Osaka, Avispa Fukuoka, dan terakhir Hokkaido Consadole Sapporo di J1 League.

Di tengah-tengah laga ini, juga ada laga persahabatan melawan klub yang membesarkan namanya, Barcelona, pada Selasa 6 Juni 2023 di Stadion Nasional Jepang.

Kini, Iniesta akan meninggalkan kenangannya setelah lima tahun berdansa di Negeri Sakura. Menarik untuk menantikan kisah petualangan Iniesta selanjutnya.

Baca Juga
JepangAndres IniestaBola InternasionalJLeagueVissel Kobe

Berita Terkini