x

Profil Herbert Kilpin: Sejarah Pendiri AC Milan yang Berasal dari Tanah Britania

Rabu, 31 Mei 2023 12:06 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sejarah Herbert Kilpin, bapak pendiri AC Milan. Foto: AMA/Corbis via Getty Images.

INDOSPORT.COM – Sebagai raksasa Liga Italia, AC Milan atau Associazione Calcio Milan justru didirikan oleh Herbert Kilpin, seorang pria asal Inggris pada 13 Desember 1899.

Melansir Bleacherreport, Herbert Kilpin merupakan sosok paling berpengaruh dalam pendiri AC Milan meski dirinya lahir di Nottingham, Inggris.

Kilpin mulai bermain sepak bola pada usia 13 tahun yang akhirnya bergabung dengan tim lokal Notts Olympic serta St Andrews saat dia bekerja di industri renda.

Pada tahun 1880-an, Kilpin kemudian bertemu Edoardo Bosio, salah satu orang yang akan memberikan pengaruh besar pada kelahiran sepak bola di Italia.

Tidak seperti Herbert Kilpin, Bosio merupakan pria kelahiran Turin yang bekerja di Thomas Adams, sebuah perusahaan tekstil di Nottingham.

Baca Juga

Berangkat dari sana, Bosio mulai menyukai sepak bola dan pada saat itulah dia akhirnya berteman dekat dengan Kilpin.

Tujuh tahun berselang, pada 1887, Bosio menawarkan pekerjaan kepada Kilpin untuk berangkat ke Italia di usia 21 tahun.

Baca Juga

Dari sana, Kilpin menjadi salah satu pemain asal Inggris pertama yang bermain sepak bola di luar negeri.

Setelah kembali ke Italia, Bosio lantas mendirikan sebuah klub bernama Internazionale Torino dan membuat Kilpin menjadi salah satu pemainnya.

Tapi, karena menyadari ada kekurangan dari klub yang dibentuk oleh Edoardo Bosio, Herbert Kilpin lalu berinisiatif untuk ikut mendirikan klub berbasis di Milan yang kini dikenal dengan AC Milan.

Baca Juga

1. Herbert Kilpin Bapak Pendiri AC Milan

Sejarah Herbert Kilpin, bapak pendiri AC Milan. Foto: AMA/Corbis via Getty Images.

Setibanya di Milan, Herbert Kilpin mulai menaruh filosofi dan pandangan dalam permainan sepak bola melalui pelatihan dan diskusi.

Kilpin sangat berambisi untuk membentuk dan memodernisasi sepak bola Italia yang saat itu masih dalam tahap formatif.

“Sebelum kedatangannya, klub-klub gimnasium Italia masih memainkan sepak bola dengan versi yang lebih primitif,” kata Robert Nieri dalam bukunya The Lord of Milan.

“Meskipun masih amatir, dia telah membuka jalan menuju era profesional dengan mengajari pemainnya tentang formasi, taktik, diet, dan kebugaran,” tegasnya.

Dalam mewujudkan sepak bola gaya Inggris di AC Milan, Kilpin dibantu oleh rekan senegaranya seperti, Samuel Richard Davies yang pernah bermain bersamanya di Turin.

Baca Juga

Selain itu, dia juga dibantu oleh David Allison, seseorang yang pernah ditunjuk sebagai kapten klub sebelum mengambil tanggung jawab sendiri.

Pada akhirnya, Kilpin menghabiskan sembilan tahun bersama Milan dengan mencetak tujuh gol dalam 23 penampilan. Dia juga membantu membuat klubnya menjadi klub terbaik di Italia.

Baca Juga

Menariknya, Kilpin juga menciptakan desain seragam AC Milan yang identik dengan garis-garis merah-hitam. Maka, jika bukan karenanya, julukan Rossoneri tidak akan pernah berlaku.

Untuk itu, dalam beberapa tahun terakhir lebih banyak upaya telah dilakukan demi mengenang Kilpin dan dampak abadi yang telah dia berikan kepada AC Milan maupun sepak bola Italia secara keseluruhan.

Oleh karena itu, Herbert Kilpin merupakan bapak pendiri AC Milan meski dirinya berasal dari Nottingham, Inggris.

Baca Juga

Sumber: Bleacherreport

AC MilanTorinoLiga Italia

Berita Terkini