x

Noa Leatomu, Pemain Blasteran Belanda Siap Naturalisasi demi Timnas Indonesia Putri

Sabtu, 3 Juni 2023 13:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Noa Leatomu, pesepak bola wanita keturunan Indonesia di Belanda.

INDOSPORT.COM - Noa Leatomu, pemain sepak bola wanita keturunan Indonesia di kompetisi Liga Belanda, mengaku tertarik naturalisasi demi Timnas Indonesia Putri.

Pernyataan ini pertama kali disampaikan oleh konten kreator sepak bola Indonesia, Yussa Nugraha melalui Youtube-nya, saat berbincang dengan Hamdan Hamedan.

"Saya juga banyak berkomunikasi dengan pemain Pertiwi yang bermain di Belanda, seperti Noa Leatomu dan Estella Loupaty."

"Dan mereka juga tertarik untuk membela Timnas Indonesia. Apakah Pak Hamdan ada planning untuk fokus ke Timnas Pertiwi?" tanya Yussa pada Hamdan Hamedan.

Staf Khusus Kemenpora RI yang memimpin bidang diaspora atlet Indonesia di luar negeri, Hamdan Hamedan mengaku terbuka untuk membantu kedua pemain tersebut.

Baca Juga

Bak gayung bersambut, pelatih Timnas Indonesia Putri, Rudy Eka Priyambada juga menghubungi Hamdan untuk minta dicarikan pemain keturunan Indonesia di luar negeri.

Namun sejauh ini, baru Noa Leatomu yang sudah mengontak Hamdan untuk dibantu proses naturalisasinya, sedangkan Estella Loupaty masih belum ada kabar lebih lanjut.

Baca Juga

"Jadi, intinya saya akan membantu cabor apa pun yang tertarik untuk memanfaatkan potensi diaspora," kata Hamdan Hamedan.

"Alhamdulillah saya sudah dikontak oleh Coach Rudy, dan berbicara sedikit. Mungkin dalam waktu dekat meeting dengan beliau, ingin mengetahui apa sih keinginan beliau."

"Dan juga, saya sudah menerima pesan juga dari Noa. Kita terus berkomunikasi, mungkin dalam waktu dekat kita akan meeting," jelas Hamdan Hamedan lagi.

Baca Juga

1. Profil Noa Leatomu

Noa Leatomu, pesepak bola wanita keturunan Indonesia di Belanda.

Profil Noa Leatomu, pemain sepak bola keturunan Indonesia di Liga Belanda yang mengaku siap naturalisasi jadi WNI, demi bisa membela Timnas Putri Indonesia.

Noa Leatomu bukan sembarang sosok pesepak bola wanita. Saat ini Noa sedang membela klub besar di Liga Belanda, Jong Fortuna Sittard.

Pemain kelahiran Belanda, berusia 19 tahun itu terbiasa bermain sebagai sayap kanan.

Meski lahir dan besar di Negeri Kincir Angin, Noa Leatomu juga berpeluang membela Timnas Indonesia, karena punya garis keturunan Indonesia dari sang ayah.

Diketahui, ayah dari Noa Leatomu ini lahir di Belanda namun memiliki darah Indonesia dari sang kakek yang lahir di Indonesia.

Baca Juga

Dilansir dari akun IG She’s Talentnesia, Noa Leatomu pernah menyatakan keinginannya untuk bisa membela Timnas Putri Indonesia, karena bangga akan darah dari leluhurnya.

"Winger kanan Jong Fortuna Sittard mengungkapkan minatnya karena garis keturunan ayahnya yang orang Indonesia," tertulis di unggahan akun She’s Talentnesia.

Baca Juga

"Ayah saya lahir di Belanda, tapi memiliki kewarganegaraan Indonesia, sedangkan kakek/nenek saya lahir di Indonesia," ungkap Noa Leatomu benerapa waktu lalu.

"Selalu menjadi tujuan dan mimpi saya untuk dapat membela garis keturunan saya. Jadi, tentu saja (mau membela Timnas Putri Indonesia)," kata pemain 19 tahun tersebut.

Menarik untuk menantikan kelanjutan kabar ini. Apakah PSSI tertarik membantu proses naturalisasi Noa Leatomu untuk menambah kekuatan Timnas Putri Indonesia?

Baca Juga
NaturalisasiProfil Atlet dan FotoBola InternasionalRudy Eka PriyambadaRudy Eka PriambadaProfil Atlet MudaTimnas Wanita IndonesiaprofilTimnas Indonesia PutriBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini