x

Apa Kabar Alen Halilovic si Messi Kroasia? Dulu di AC Milan, Kini Hilang Jati Diri

Senin, 5 Juni 2023 17:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Alen Halilovic, pemain yang dijuluki Lionel Messi Kroasia. Foto: Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Alen Halilovic, pemain berjuluk Lionel Messi Kroasia jebolan Dinamo Zagreb, yang dulu sempat membela klub Liga Italia (Serie A), AC Milan?

Ternyata, ada satu titik dalam kariernya yang cukup membuat orang-orang mengelus dada. Belum lama ini, ia pernah ditolak klub Yunani, Aris Thessaloniki.

Seperti diwartakan milanreports.com pada Februari 2023 ini, Alen Halilovic mengalami pengalaman kurang menyenangkan saat akan direkrut oleh klub tersebut.

Ia tidak lolos tes medis padahal sudah berpose dengan syal klub di bandara, tempat yang tentu saja super ramai dan membuatnya jadi perhatian banyak orang.

Bahkan mungkin, tidak sedikit yang telah mengabadikan gambarnya melalui kamera. Namun memang sayang, ia ternyata gagal merapat.

Baca Juga

Gelandang kelahiran 1996 tersebut kabarnya kelebihan berat badan dan membutuhkan setidaknya beberapa bulan untuk kembali ke performa top.

Aris Thessaloniki memutuskan untuk tidak memasukkannya ke daftar pemain mereka, apalagi setelah mendengar pihak sang pemain meminta gaji dua kali lipat.

Baca Juga

Gaji dua kali lipat tersebut, konon kabarnya berada di luar kesepakatan yang sudah mereka bicarakan sebelumnya.

Lantas bagimana nasib Alen Halilovic setelah serangkaian drama ini? Ia kembali ke bandara kemudian pergi meninggalkan Yunani.

Sebuah kisah yang mungkin cukup mengenaskan bagi seorang pemain yang dijuluki Lionel Messi Kroasia. Nama besar La Pulga nampak berat ia sandang di bahunya.

Baca Juga

1. Alen Halilovic dan Julukan Lionel Messi Kroasia

Alen Halilovic, pemain yang dijuluki Lionel Messi Kroasia. Foto: Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images.

Ya, Alen Halilovic memang pernah disebut-sebut Lionel Messi-nya Kroasia, namun kini sangat sayang ia malah berstatus tanpa klub.

Yang teranyar, ia tercatat sebagai pemain klub Kroasia, Rijeka, sebelum gagal ke Aris Thessaloniki. Akan tetapi kontraknya diputus secara mutual pada Januari 2023 lalu.

Sebelumnya, Alen Halilovic pernah membela klub yang membesarkan nama Lionel Messi, Barcelona, saat usianya masih 18 tahun.

Ia bahkan sempat menggegerkan publik dengan sepak terjangnya yang debut di Liga Champions saat berusia 16 tahun pada 24 Oktober 2012.

Karena hal ini pula ia kemudian dijuluki Lionel Messi dari Kroasia. Apalagi kalau bukan karena sepak terjangnya yang menjanjikan saat usia muda tersebut.

Baca Juga

Akan tetapi, tidak berbeda dari sejumlah wonderkid atau pemain-pemain muda yang kariernya tidak melesat jauh, julukan Alen Halilovic itu sekarang patut dipertanyakan.

Apakah ia masih layak menyandang jati diri dan predikat Lionel Messi Kroasia? Karena setelah dari Barcelona pun, ia juga dihempas oleh AC Milan.

Baca Juga

Alen Halilovic, bermain di tim Barcelona B dan dikirim sebagai pinjaman, sampai akhirnya AC Milan datang untuk menyelamatkannya dari keterpurukan karier.

Namun di AC Milan nasibnya ternyata tidak banyak berubah. Ia lagi-lagi dikirim ke klub lain sebagai pinjaman.

Bukan hanya itu. Ia juga dimainkan tiga kali saja selama musim 2018-2019 di Liga Europa, tanpa satu pun kans unjuk gigi di Serie A Liga Italia.

Baca Juga

2. Karier yang Meredup

Alen Halilovic, pemain yang dijuluki Lionel Messi Kroasia. Foto: Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images.

Setelah kegagalan di Barcelona dan AC Milan, Alen Halilovic memilih bermain di Liga Inggris bersama Birmingham City dan Reading.

Pada musim 2020-2021, ia mencatatkan 17 penampilan untuk Birmingham City di Divisi Championship dan hanya mencetak satu gol.

Setelah itu, ia melanjutkan perjalanan kariernya di Divisi Championship, kali ini bersama Reading FC, yang merekrutnya pada Agustus 2021.

Kabarnya sempat ditawari kembali ke Kroasia dan bahkan menuju ke klub China, namun Alen Halilovic tetap setia bermain Liga Inggris sebelum merapat ke Rijeka pada 2022.

Jika harus merangkum perjalanan karier Alen Halilovic, ia memang sudah melalui banyak hal, yang pelan-pelan menghilangkan jati dirinya sebagai Lionel Messi Kroasia.

Reputasinya berubah dari wonderkid sensasional Dinamo Zagreb menjadi pengelana dan petualang yang kerap berpindah klub.

Bahkan, ia sudah mengalami hal menyakitkan bagi seorang pesepak bola yang sedang mencari klub baru untuk berlabuh: kelebihan berat badan.

Aris Thessaloniki pun menjadi klub selain Barcelona dan AC Milan yang menambah luka Alen Halilovic dalam kisah perjalanan kariernya.

Selain berstatus tanpa klub pada 2023 ini, Alen Halilovic juga sudah mengakhiri kariernya bersama Timnas Kroasia pada 2019 lalu.

Selanjutnya, apa yang akan terjadi pada Lionel Messi Kroasia ini? Akankah ia bisa bangkit demi meraih kesuksesan di sisa kariernya?

Sumber: milanreports.com

BarcelonaLionel MessiAC MilanAlen HalilovicBola Internasional

Berita Terkini