x

Berkat Khephren Thuram, Liverpool Bakal Punya Kloningan Ilkay Gundogan

Jumat, 9 Juni 2023 11:22 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Liverpool belum lama ini dikaitkan dengan Khephren Thuram, pemain yang saat ini merumput di Liga Prancis. Foto: REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Khephren Thuram berpeluang menjadi kloningan Ilkay Gundogan bagi klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, jika didaratkan pada bursa transfer mendatang.

Meski bukan jadi buruan pertama di daftar, gelandang muda asal Prancis ini punya kans yang cukup besar untuk merapat ke skuad The Reds.

Pasalnya, tidak cukup Alexis Mac Allister yang sudah sah kemarin, Liverpool nampaknya masih butuh tambahan pemain untuk mengisi daftar gelandang mereka.

Alhasil, Khephren Thuram yang namanya sempat mencuat di rumor transfer Liverpool beberapa waktu lalu pun menjadi salah satu kandidat utama.

Jika betulan merapat ke Liga Inggris, pemain berusia 22 tahun ini akan merasakan kali pertama merumput di luar negeri.

Baca Juga

Sebelumnya, ia hanya membela sejumlah klub lokal Prancis seperti AS Monaco, Boulogne-Billancourt, hingga kini berada di tim utama Nice.

Meski memiliki pengalaman yang relatif minim, Khephren Thuram bisa menjadi gelandang penting bagi Liverpool layaknya Ilkay Gundogan di Manchester City.

Baca Juga

Keduanya adalah pembawa bola kreatif dengan kemampuan assist, operan progresif, mencetak gol, dan jumlah sentuhan dalam kotak yang impresif.

Di sisi lain, Ilkay Gundogan juga tidak hebat dalam semalam. Butuh waktu baginya untuk berkembang dan menjadi nama besar di Liga Inggris seperti sekarang.

Ia sempat bermain untuk Borussia Dortmund pada periode 2011 hingga 2016, menggondol gelar DFB-Pokal, Bundesliga, dan DFL-Supercup sebelum angkat kaki ke Manchester City.

Baca Juga

1. Tentang Khephren Thuram

Khephren Thuram, pemain OGC Nice. Foto: Instagram@k_thuram.

Khephren Thuram saat ini masih bertatus pemain Nice. Ia mendarat di klub Liga Prancis ini pada 2019 dari AS Monaco.

Cukup gesit untuk pemain berpostur tinggi sepertinya (192 cm), Khephren Thuram sejauh ini telah mencatat 138 penampilan untuk Nice, dengan raihan 8 gol dan 11 assist.

Sejumlah pengamat sepak bola terutama di Liga Prancis pun menyebutnya sebagai pemain yang tidak hanya gesit, tetapi juga energik dan kuat.

Selain itu, ia pasti mewarisi DNA sepak bola yang pastinya luar biasa dari sang ayah, Lilian Thuram, sang legenda Timnas Prancis.

Khephren Thuram beberapa waktu lalu juga sudah dipanggil ke skuad Les Blues menyusul kakaknya yang sudah terlebih dulu merapat, Marcus.

Baca Juga

Ia juga apik dalam melakukan ball recovery dan membawa bola ke depan. Postur yang tinggi besar pun nampak bukan halangan baginya untuk bergerak.

Oleh sebab itu, tidak heran banyak yang menilai gelandang kelahiran Italia ini sebagai pemain dengan atribut kecepatan dan kegesitan.

Baca Juga

Ia juga memiliki kemampuan menerobos dan menemukan ruang untuk rekan satu timnya dengan kiriman-kiriman umpan yang layak.

Berdasarkan data Football Transfers, di kompetisi Liga Prancis 2022/2023, Khephren Thuram mencatatkan 2.679 menit bermain, dengan akurasi passing 88% dan crossing 10%.

Dari 35 penampilan di level Ligue 1, ia telah mencatatkan 2 gol plus 4 assist - jumlah yang masih bisa ditingkatkan seiring bertambahnya pengalaman dan menit bermain.

Baca Juga

2. Menyoal Khephren Thuram dan Ilkay Gundogan

Khephren Thuram, pemain OGC Nice. Foto: Instagram@k_thuram.

Jika merapat ke Liverpool, Khephren Thuram mungkin tidak akan langsung dimainkan oleh Jurgen Klopp mengingat klub baru saja mendatangkan Alexis Mac Allister dari Brighton.

Namun terlepas dari itu, jurnalis Liverpool yakni Neil Jones belum lama ini mengungkap opininya soal kualitas Khephren Thuram.

Kepada Anfield Index Podcast, ia meyakini bahwa Liverpool akan menyukai pemain seperti putra Lilian Thuram tersebut.

“Ada sesuatu dalam dirinya, yang menurut saya mereka [Liverpool] bisa lihat. Dia tipe gelandang yang langka,” ucapnya.

“Dia sangat mengesankan secara fisik, tetapi dia [juga] punya keterampilan bermain sepak bola yang hebat dan kualitas teknis luar biasa,” tambahnya lagi.

Ilkay Gundogan Saat Ini

Sementara itu, Ilkay Gundogan belum lama ini berhasil mencuri perhatian saat tampil di final Piala FA bersama Manchester City.

Hanya saja, kontraknya bersama The Citizens akan berakhir bulan Juni ini. Ia pun konon mendapat tawaran untuk bermain di Liga Arab Saudi.

Adalah Public Investment Fund yang dikabarkan sedang membidik para pemain bintang untuk mereka bawa ke liga.

Selama membela Borussia Dortmund dan sekarang Manchester City, Ilkay Gundogan, tidak berbeda jauh dari Khephren Thuram, sering disebut-sebut sebagai pemain yang energik.

Sebagaimana dideskripsikan di profil resminya di laman Manchester City, misalnya. Ia digambarkan sebagai sosok gelandang energik dan cerdas.

LiverpoolIlkay GundoganLiga InggrisOGC NiceKhephren Thuram

Berita Terkini