x

Alan Varela, Calon Sergio Busquets-nya Liverpool dari Tanah Argentina

Minggu, 18 Juni 2023 16:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Boca Juniors, Alan Varela, bisa menjadi Sergio Busquets-nya Liverpool. Foto: REUTERS/Luisa Gonzalez.

INDOSPORT.COM - Mengenal Alan Varela, pemain Boca Juniors dari tanah Argentina yang bisa jadi Sergio Busquets-nya klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Liverpool nampaknya sedang akrab dengan pemain Argentina. Usai mendatangkan Alexis Mac Allister beberapa waktu lalu, mereka kini bisa mendatangkan rekan senegaranya.

Adalah Alan Varela, gelandang muda berusia 21 tahun jebolan Barcelona Lujan yang saat ini bermain untuk Boca Juniors.

Ketertarikan Liverpool terhadap pemain yang satu ini sejatinya sudah bergema sejak beberapa waktu lalu.

Meski begitu, namanya perlahan tenggelam menyusul kemunculan nama-nama gelandang baru yang lebih populer di bursa transfer.

Baca Juga

Namun belakangan, Alan Varela kembali mencuat ke permukaan sabagai salah satu kandidat pemain yang bisa mendarat di Liverpool dalam waktu dekat.

Seperti diwartakan akun Planeta Boca Juniors yang bercentang biru di Twitter, Liverpool konon sudah mengirim perwakilan untuk memantau permainan Alan Varela.

Baca Juga

Perwakilan tersebut kabarnya hadir di pertandingan Boca Juniors melawan Tigre belum lama ini di Liga Primera Division Argentina.

Masih dalam laporan yang sama, sang pemain disebut-sebut baru akan pergi dari Boca Juniors apabila klub peminat mau membayar setidaknya Rp224 miliar.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Alan Varela ini?

Baca Juga

1. Sehebat Apa Alan Varela?

Pemain Boca Juniors, Alan Varela. Foto: REUTERS/Luisa Gonzalez.

Sektor gelandang sudah menjadi bagian vital dalam sepak terjang Liverpool dalam beberapa tahun terakhir.

Hanya saja, dengan perginya sejumlah pemain, Liverpool harus mencari pengganti dan melakukan regenerasi untuk pos super penting ini.

Alan Varela menjadi salah satu pemain yang cocok dalam sistem Jurgen Klopp di Liverpool saat ini. Ia unggul dalam melakukan blokir dan intersep.

Selain itu, ia juga memiliki jangkauan umpan yang luas. Namun tentu saja, kualitas Alan Varela tidak sampai di situ saja.

Sebagai gelandang bertahan, pemuda kelahiran Isidro Casanova ini juga mengantongi skill mumpuni untuk membantu melindungi lini belakang.

Baca Juga

Kemudian, ia juga memiliki kemampuan memecah serangan lawan dan mendistribusikan bola secara efektif.

Di sisi lain, Alan Varela pun sudah sering dibanding-bandingkan dengan pentolan dan legenda sepak bola asal Spanyol, Sergio Busquets.

Baca Juga

Bahkan, berkat penampilannya yang menonjol di Boca Juniors, ia digadang-gadang bisa menjadi the next Sergio Busquets - tapi dari Argentina.

Yang uniknya lagi, tampilan fisik keduanya bahkan mirip. Tidak ayal, Alan Varela bisa menjadi Sergio Busquets-nya Liverpool jika merapat ke klub Liga Inggris itu di bursa transfer.

Kini, mari mengintip sepak terjang dan perjalanan karier pemain yang satu ini, seseorang yang lahir dari negara penghasil bakat-bakat hebat sepak bola, Argentina.

Baca Juga
 

2. Sekilas tentang Perjalanan Karier Alan Varela

Pemain Boca Juniors, Alan Varela. Foto: REUTERS/Luisa Gonzalez.

Alan Gonzalo Varela lahir pada 4 Juli 2001 dan bergabung dengan Boca Juniors pada 2012 dari klub Barcelona Lujan.

Ia bermain untuk tim muda mereka sebelum disodori kontrak profesional pada 2019. Ia pun berhasil menembus skuad utama asuhan  Miguel Angel Russo pada 2020.

Sejauh ini, Alan Varela belum berpindah hati dari Boca Juniors untuk berburu tim yang lebih baik dan rumput yang lebih hijau.

Karena bersama Boca Juniors saja, ia sudah berhasil meraih cukup banyak trofi, mulai dari Primera Division hingga Copa Argentina.

Selain itu, ia juga pernah memenangkan Copa de la Liga Profesional dan Supercopa Argentina. Dengan kata lain, sepak terjangnya cukup cemerlang di timnya sekarang.

Hanya saja, untuk level timnas Alan Varela masih butuh perjuangan ekstra keras untuk dipanggil ke skuad utama.

Terakhir kali, ia hanya dipanggil ke tim U-18 pada 2019 untuk bermain di sebuah turnamen bernama  L'Alcúdia International Football Tournament.

Situasi Alan Varela di Boca Juniors

Pada musim 2022/23, Alan Varela tampil di 25 pertandingan Boca Juniors di seluruh kompetisi dan mencetak 1 gol.

Di klub Liga Argentina ini, ia pun masih terikat kontrak hingga 2026 setelah menyetujui perpanjangan pada 2022 lalu.

Liverpool sendiri masih punya kans mendatangkan Alan Varela sebagai salah satu slot pemain luar negeri mereka.

Tentu patut dinanti apakah pemain yang satu ini bisa merapat ke skuad Jurgen Klopp dan bergabung dengan rekan senegaranya, Alexis Mac Allister.

Bursa TransferLiverpoolArgentinaBoca JuniorsBerita Bursa TransferOne FootballIndepth

Berita Terkini