x

Demi Kyle Walker, Jurgen Klopp Sampai Rela Ubah Formasi Liverpool Jadi 3 Bek

Rabu, 21 Juni 2023 17:35 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, bisa mengubah penempatan pemain bahkan formasi The Reds kalau mereka sukses memboyong Kyle Walker dari Manchester City.

INDOSPORT.COM - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, bisa mengubah penempatan pemain bahkan formasi The Reds kalau mereka sukses memboyong Kyle Walker dari raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester City.

Liverpool saat ini sedang santer dirumorkan ikut dalam perebutan bek kanan Manchester City yang bernama Kyle Walker pada bursa transfer musim panas 2023.

Sebelumnya, Bayern Munchen dan AC Milan yang dikaitkan dengan pemain berusia 33 tahun itu. Namun, sang pemain menolak Munchen yang mendekatinya.

Melihat situasi seperti ini, Milan pun akhirnya dikabarkan berpikir dua kali untuk mendekati Walker. Sebab, tim dengan finansial besar seperti Munchen saja ditolak, apalagi Milan.

Melihat hal ini, Liverpool akhirnya masuk dalam perburuan Walker. Meskipun mereka belum memberi tawaran, tapi dibanding Munchen dan Milan, Liverpool bakal jadi pelabuhan yang lebih atraktif bagi sang pemain.

Baca Juga

Melansir dari Four Four Two, andai The Reds sukses menggaet Walker pada bursa transfer, maka pelatih mereka yang bernama Jurgen Klopp bisa mengubah susunan pemain dalam startingnya.

Pemain yang menjadi fokus dalam perubahan skema ini adalah Trent Alexander-Arnold, yang selama ini dipasang sebagai bek kanan oleh Klopp.

Baca Juga

Menurut Four Four Two, Alexander-Arnold bisa dipasang sebagai gelandang di lini tengah dan Walker menempati posisinya sebagai bek kanan.

Apalagi, Alexander-Arnold sendiri juga memang mumpuni untuk berperan sebagai gelandang. Sehingga, pergantian posisi ini tidak akan memberi masalah bagi sang pemain.

Bahkan, bisa juga Jurgen Klopp mengubah formasi Liverpool menjadi formasi dengan tiga bek. Sebab, Kyle Walker bisa diposisikan sebagai bek tengah berdasarkan WhoScored.

Baca Juga

1. Kyle Walker Bisa Jadi Tandem Alexander-Arnold dalam Skema 3 Bek Liverpool

Kyle Walker bisa dipasang sebagai bek dan Trent Alexander-Arnold maju menjadi gelandang dalam formasi baru Jurgen Klopp di Liverpool.

Masih dari Four Four Two, jika Klopp mengubah formasi Liverpool menjadi tiga bek, maka Kyle Walker bisa menjadi kunci The Reds di lini belakang.

Alexander-Arnold sendiri bisa menempati posisi sebagai gelandang lengah. Klopp bisa menggunakan skema 3-5-2 atau 3-4-3.

Sebab, berdasarkan WhoScored, rating Alexander-Arnold sebagai gelandang tengah justru paling tinggi (8,34) dibanding kalau menjadi bek kanan (7,18).

Di sisi lain, Kyle Walker paling tepat diposisikan sebagai bek kanan. Berdasarkan WhoScored, ratingnya sebagai bek kanan adalah 6,72 dibanding kalau menjadi bek tengah (6,52).

Namun, Klopp juga kemungkinan tetap mengandalkan Alexander-Arnold di sisi kanan dalam formasi 4-3-3 dan hanya menempatkan Walker sebagai cadangan saja.

Baca Juga

Meski demikian, untuk saat ini masih belum bisa diprediksi apakah The Reds benar-benar akan mengejar Walker di bursa transfer musim panas 2023.

Berdasarkan Transfermarkt, nilai jual Walker sendiri hanya 13 juta euro. Angka semurah ini tentu bakal memudahkan The Reds kalau memang meminatinya.

Baca Juga

Lebih lanjut, sang pemain diyakini masih ingin bertahan di Etihad Stadium bersama Manchester City. Sebab, The Citizen sendiri terbukti mampu jadi tim terbaik Eropa dengan meraih trebel musim 2022/23.

Itulah alasan ia menolak pinangan dari Bayern Munchen, meskipun Munchen memberikan tawaran kepada Manchester City lebih besar dari harga sang pemain, yakni 15 juta poundsterling.

Kyle Walker dikabarkan ingin mencoba memperjuangkan posisinya dalam skuat Manchester City. Jika rumor tersebut benar, maka bisa jadi Liverpool pun akan gagal menggapainya.

Baca Juga
LiverpoolJurgen KloppKyle WalkerLiga InggrisTrent Alexander-Arnold

Berita Terkini