x

Ivan Kolev, Satu-satunya Pelatih yang Bawa Timnas Indonesia Menang di Piala Asia

Kamis, 22 Juni 2023 17:03 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Persija Ivan Kolev saat latihan Persija Jakarta jelang leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia lawan Bali United di Lapangan PS AU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (03/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Kabar terkini Ivan Kolev, satu-satunya pelatih yang mampu membawa Timnas Indonesia menang pada gelaran Piala Asia.

Setelah absen selama hampir 16 tahun, akhirnya Timnas Indonesia mampu kembali mentas di ajang Piala Asia 2023 yang mulai bergulir tahun 2024 mendatang.

Perjuangan Timnas Indonesia lolos ke babak penyisihan grup Piala Asia 2023 terbilang cukup berat, lantaran skuat Garuda harus menghadapi lawan tangguh dari Timur Tengah serta bermain di luar Indonesia.

Tergabung di Grup A babak kualifikasi, Timnas Indonesia lolos ke babak penyisihan grup Piala Asia dengan status runner up Grup A, di bawah Yordania yang mampu meraup tiga kemenangan beruntun selama kualifikasi.

Dalam sejarahnya, ini merupakan kali kelima Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia setelah sebelumnya juga lolos pada tahun 1996, 2000, 2004 serta 2007.

Baca Juga

Dari keempat edisi Piala Asia yang diikuti Timnas Indonesia, gelaran tahun 2007 mungkin jadi yang paling diingat.

Selain Indonesia yang berstatus tuan rumah, pada edisi tersebut juga timnas Garuda terakhir kali rasakan kemenangan di Piala Asia.

Baca Juga

Timnas Indonesia berhasil menang 2-1 atas Bahrain di partai pembuka penyisihan Grup A Piala Asia 2007 melalui gol Budi Sudarsono serta Bambang Pamungkas.

Dibalik kemenangan langka tersebut, ada sosok Ivan Kolev yang jadi otak permainan Timnas Indonesia di luar lapangan.

Pelatih asal Bulgaria itu mampu meracik skuat Merah Putih hingga membawa timnas menang, dan sampai sekarang belum bisa terulang lantaran Timnas Indonesia tak pernah lagi lolos ke penyisihan grup Piala Asia.

Usai berjasa mengantarkan Timnas Indonesia menang di Piala Asia 2007, seperti apakah perjalanan karier dari Ivan Kolev dan kabarnya saat ini? Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum:

Baca Juga

1. Profil Ivan Kolev

Ivan Kolev dalam jumpa pers jelang Persija vs Shan United. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

Ivan Venkov Kolev adalah mantan pemain sepak bola asal Bulgaria yang kini telah beralih profesi sebagai pelatih. Beberapa klub Eropa dan Indonesia pernah rasakan jasa pria kelahiran Sofia, 14 Juli 1957 ini.

Meski namanya tenar di Indonesia, namun Ivan Kolev lebih banyak habiskan karier awal kepelatihannya di Bulgaria.

Tim-tim seperti Levski Sofia, FC Iskar, Slavia Sofia, Dunav Ruse, FC Kremikovtsi hingga Timna Bulgaria U19 jadi batu loncatan Ivan Kolev sebelum tampil di Indonesia.

Pada tahun 1999, Ivan Kolev pertama kali datang ke Indonesia dengan menerima tawaran dari Persija Jakarta. Akan tetapi, kerja sama keduanya hanya bertahan satu musim.

Sempat kembali ke Bulgaria dan jadi pelatih skuat U-21, namun pada tahun 2002 Ivan Kolev dipercaya untuk menangani skuat senior Timnas Indonesia.

Baca Juga

Prestasi terbaik Ivan Kolev di era pertamanya membesut Timnas Indonesia adalah membawa skuat Merah Putih menjadi runner-up di ajang Piala AFF 2002.

Hingga tahun 2004 menjadi pelatih Timnas Indonesia, Ivan Kolev melanglang buana dengan melatih Myanmar, Mitra Kukar serta Persipura Jayapura.

Baca Juga

Di tahun 2007, PSSI kembali menunjuk Ivan Kolev sebagai pelatih untuk memimpin Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2007.

Pada debut keduanya di Timnas Indonesia, Ivan Kolev berhasil ciptakan rekor manis dengan sukses mengalahkan Bahrain 2-1 di matchday pertama penyisihan grup.

Ivan Kolev berhasil mengulang prestasi serupa, yakni membawa Timnas Indonesia menang di Piala Asia setelah sebelumnya ia juga mampu mengantarkan skuat Garuda raih tiga poin di Piala Asia 2004.

Sampai saat ini, belum ada lagi pelatih yang bisa memberikan kemenangan buat Timnas Indonesia di penyisihan grup Piala Asia selain Ivan Kolev.

Baca Juga

2. Karier Setelah Timnas Indonesia

Pelatih Ivan Kolev (kanan) saat memberikan arahan kepada pemainnya.

Usai gagal membawa Timnas Indonesia lolos ke fase knock out Piala Asia 2007, kontrak Ivan Kolev pun berakhir dan sang pelatih kembali ke Bulgaria untuk membesut timnas Bulgaria U21.

Hanya berselang dua tahun, Ivan Kolev kembali lagi ke Indonesia dan memimpin skuat Sriwijaya meraih double winner di ajang Indonesian Community Shield serta Inter Island Cup 2010.

Sempat bereuni dengan Persija di musim 2019, namun kebersamaan sang pelatih dan skuat Macan Kemayoran hanya bertahan enam bulan.

Selama enam bulan menukangi Persija, pelatih yang kini berusia 65 tahun itu mampu berikan 7 kemenangan, 4 kali hasil seri serta 8 kekalahan.

Tak lagi membesut Persija, Ivan Kolev kembali ke Bulgaria dan melatih klub lokal, Lokomotiv Sofia.

Pencapain Ivan Kolev terbilang apik di klub tersebut, lantaran sukses membawa Lokomotiv Sofia promosi ke kasta teratas Liga Bulgaria untuk musim 21/22.

Sayangnya pada Mei 2022, Ivan Kolev meninggalkan Lokomotiv Sofia setelah memberikan 28 kemenangan, 15 kali hasil serta serta 21 kekalahan dalam dua musim terakhir.

Sampai saat ini, Ivan Kolev belum lagi mendapat pekerjaan baru usai meninggalkan Lokomotiv Sofia.

Timnas IndonesiaIvan KolevPiala Asia 2023Piala AsiaBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini