x

5 Pemain Berlabel The Next Messi yang Gagal di Liga Spanyol, Arda Guler Selanjutnya?

Jumat, 7 Juli 2023 18:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kompetisi Liga Spanyol (LaLiga) kedatangan pemain berlabel The Next Messi usai Arda Guler bergabung Real Madrid di bursa transfer musim panas 2023.

INDOSPORT.COM – Kompetisi Liga Spanyol (LaLiga) kedatangan pemain berlabel The Next Messi usai Arda Guler bergabung Real Madrid di bursa transfer musim panas 2023.

Pemain berkebangsaan Turki itu resmi bergabung Real Madrid pada Kamis (06/07/23) malam WIB, di mana ia resmi didatangkan dari Fenerbahce.

Tim berjuluk Los Blancos itu mendatangkan Guler usai mengalahkan rival abadinya, Barcelona, yang juga menginginkan tanda tangannya.

Real Madrid mampu mengamankan jasanya dari Fenerbahce dengan total biaya sebesar 30 juta euro atau setara dengan Rp495 miliar.

Dana sebesar itu memiliki rincian 20 juta euro sebagai biaya transfernya dan 10 juta euro sebagai bonus untuk performanya.

Baca Juga

Kedatangan Arda Guler ke Real Madrid pun kemudian menjadi buah bibir. Bagaimana tidak, ia memiliki label sebagai The Next Messi.

Label ini didapatkannya karena penampilannya dan gaya bermainnya yang sama. Selain itu keduanya punya kemiripan yakni posisi bermain dan dominan menggunakan kaki kiri atau kidal.

Baca Juga

Namun Guler jangan terbawa suasana dulu. Sebab, label The Next Messi merupakan label yang memiliki beban berat bagi penyandangnya, terutama saat bermain di Liga Spanyol.

Sebab, sejarah mencatat banyak pemain dengan label The Next Messi justru gagal berkembang dan kariernya justru menurun.

Berikut INDOSPORT rangkum lima pemain berlabel The Next Messi yang justru gagal saat bermain di Liga Spanyol.

Baca Juga

1. 1. Alen Halilovic

Alen Halilovic

Pada 2014 lalu, Barcelona yang masih memiliki Lionel Messi, memboyong The Next Messi dari Kroasia pada diri Allen Halilovic.

Ia diboyong dari Dinamo Zagreb dengan harga 5 juta euro. Saat itu kedatangannya disambut dan digadang-gadang jadi tumpuan Barcelona di masa depan.

Tapi nasib berkata lain bagi Halilovic. Dirinya justru tak berkembang di Barelona dan didepak pada 2016. Sejak saat itu kariernya menurun hingga kini di usia 27 tahun ia tak lagi memiliki klub.

Baca Juga

2. Martin Odegaard

Jauh sebelum Arda Guler tiba, Real Madrid pernah mendatangkan The Next Messi dari Norwegia pada diri Martin Odegaard pada 2015 saat usianya baru 16 tahun.

Saat tiba pertama kali, Odegaard digadang-gadang akan jadi bintang masa depan. Nahas, dirinya justru malah dilempar ke sana ke sini oleh Real Madrid yang lebih banyak meminjamkannya.

Pada 2021, Arsenal datang meminjamnya dan menebusnya. Kini, Odegaard pun mendapati kariernya menanjak lagi usai hengkang dari Liga Spanyol.

Baca Juga

3. Takefusa Kubo

Barcelona dan Real Madrid secara kompak pernah memiliki The Next Messi dari Jepang, yakni Takefusa Kubo saat dirinya masih bermain di level akademi dan menembus senior.

Usai menimba ilmu di akademi Barcelona, Kubo kembali ke Jepang dan kemudian dipinang Real Madrid. Kiprahnya pun tak berjalan mulus meski punya label The Next Messi.

Pada 2022 lalu, Real Madrid memutuskan untuk melepaskan ke Real Sociedad. Kini, Kubo pun tengah membangun kariernya yang sempat meredup sebagai The Next Messi.

Baca Juga

2. 4. Luka Romero

Marko Marin ketika masih membela Chelsea

Pada tahun 2020 lalu, Luka Romero membuat geger Liga Spanyol usai melakukan debut di usia 15 tahun, yang membuatnya digadang-gadang sebagai The Next Messi.

Label itu didapatkannya karena asal keduanya yang sama-sama dari Argentina. Selain itu, ia juga berkaki kidal sama seperti Messi.

Tapi, Romero gagal berkembang di Mallorca dan memutuskan cabut ke Lazio pada 2021. Kini, di usia 18 tahun dirinya tengah menapaki kariernya di klub barunya, AC Milan.

5. Marko Marin

Jerman juga punya pemain berlabel The Next Messi pada diri Marko Marin. Ia pun sempat mencicipi Liga Spanyol setelah tak mendapat tempat di Chelsea.

Marin merapat ke Spanyol, tepatnya bergabung Sevilla pada 2013 dengan status pinjaman dari Chelsea selama satu musim.

Selama membela Sevilla, Marin lebih banyak berkutat dengan cedera, sehingga dirinya pun gagal mengeluarkan tajinya dan kariernya menurun drastis hingga pensiun di usia 33 tahun.

Real MadridMartin OdegaardAlen HalilovicMarko MarinLuka RomeroIn Depth SportsLiga SpanyolTakefusa KuboIndepthArda Guler

Berita Terkini