x

Kedatangan Wataru Endo ke Anfield Bikin Fabrizio Romano Melongo

Minggu, 10 September 2023 16:49 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Jurnalis kenamaan, Fabrizio Romano, sama sekali tak menyangka langkah Liverpool mendatangkan Wataru Endo.

INDOSPORT.COM - Jurnalis kenamaan, Fabrizio Romano, sama sekali tak menyangka langkah klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, mendatangkan Wataru Endo.

Bursa transfer musim panas 2023/2024 telah usai. Sederet transfer mengejutkan terjadi, termasuk berlabuhnya gelandang Stuttgart, Wataru Endo ke Anfield.

Baca Juga

Seperti diketahui, Liverpool tengah berada dalam krisis gelandang. Oleh karenanya, The Reds berupaya mendatangkan pemain tengah anyar pada bursa transfer musim panas lalu.

Salah satu pemain yang menjadi incaran adalah Moises Caicedo. Pemain Brighton & Hove Albion ini dinilai mampu mengisi kekosongan di lini tengah Liverpool usai ditinggal sederet pemain senior.

Namun, kenyataan berkata lain. Moises Caicedo memilih bergabung ke klub rival, Chelsea. Demikian pula dengan Romeo Lavia, yang sudah menjadi incaran Liverpool sejak lama.

Di tengah kebuntuan tersebut, Liverpool mengumumkan perekrutan Wataru Endo. Pemain yang sebelumnya hampir tak pernah dihubungkan dengan Liverpool tersebut menjadi rekrutan ketiga sepanjang musim panas ini.

Baca Juga

Transfer Wataru Endo ke Liverpool tidak hanya mengejutkan para fans, namun juga jurnalis kenamaan, Fabrizio Romano. Pria Italia tersebut mengaku kaget dengan langkah Liverpool mendatangkan Wataru Endo.

"Buat saya, transfer Endo ke Liverpool sangat lucu. Soalnya, setelah saga Caicedo, saya ingin memberikan kabar terkini soal perburuan gelandang Liverpool," ujar Fabrizio Romano, dikutip dari DaveOckop.com.

"Saya akhirnya menemukan kisah Endo yang membuat saya terkejut. Mereka mengatakan kepada saya soal Endo dan langkah kejutan ini."

"Liverpool telah mendatangkan pemain yang spesial. Dia merupakan seorang petarung, pemain yang super profesional, dan luar biasa di ruang ganti. Lucunya, saya sama sekali tidak memperkirakan langkah ini," pungkas Fabrizio Romano.

Baca Juga

1. Bukan Tanpa Alasan

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, usai laga kontra Leeds United (30/10/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Adapun keputusan Liverpool mendatangkan Wataru Endo bukannya tanpa alasan. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, bahkan sudah punya rencana untuk pemain barunya tersebut.

"Bagaimana kami mengakhiri pertandingan, selalu James Milner yang masuk, dan menyelesaikan laga dengan cara yang super-profesional," ujar Jurgen Klopp, dikutip dari Liverpool Echo.

Baca Juga

"Pada akhirnya, dalam beberapa pekan dan bulan terakhir, dia lebih sering menyelesaikan pertandingan. Kami punya pemain-pemain untuk peran itu. Mereka yang muda kami butuhkan untuk membuka pintu. Sebagai tim, kami ingin melakukan semua sesuai rencana," imbuh Jurgen Klopp.

Dengan demikian, kemungkinan besar Wataru Endo memiliki peran yang kurang lebih sama dengan James Milner, yakni sebagai jembatan antara pemain muda dan senior.

Ya, Wataru Endo mungkin bukan pemain investasi jangka panjang seperti Moises Caicedo, Romeo Lavia, atau bahkan Aurelien Tchouameni. Namun, pemain berpaspor Jepang tersebut akan menjadi James Milner baru, yang berperan penting sebagai penghubung pemain antargenerasi.

Dengan demikian, meski sudah berusia 30 tahun, Wataru Endo dinilai akan tetap memberikan kontribusi signifikan untuk Liverpool.

Baca Juga

Salah satu hal yang menonjol dari Wataru Endo adalah pengalaman dan jiwa kepemimpinannya. Diketahui, sang pemain memiliki rekam jejak membela Timnas Jepang dalam dua kesempatan Piala Dunia.

Secara karakter, ia seorang pemain senior yang memiliki jiwa leadership dan bahkan pernah menuai pujian dari mantan pelatih VfB Stuttgart, Pellegrino Matarazzo.

Menurutnya, Wataru Endo adalah kapten yang bisa merangkul seluruh pemain dan memberi mereka ruang untuk bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing.

Kedatangan Wataru Endo ke Liverpool pun diharapkan akan menambah kualitas lini tengah skuad Jurgen Klopp - tidak hanya soal skill dan hal-hal teknis, tetapi juga kepribadian.

Baca Juga
LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisFabrizio RomanoWataru Endo

Berita Terkini