x

Cerdiknya Inter Milan, Tak Keluar Uang Sepeserpun Saat Bantai AC Milan

Minggu, 17 September 2023 18:46 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi Lautaro Martinez bersama Marcus Thuram dan Alessandro Bastoni di laga Inter Milan vs Fiorentina (03/09/23). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), Inter Milan berhasil melanjutkan performa impresif mereka musim ini bersama para pemain yang didatangkan tanpa merogoh kocek sepeserpun.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan Liga Italia pekan ke-4 antara Inter Milan vs AC Milan di Stadion Giuseppe Meazza, pada Sabtu (17/09/23) malam WIB.

Baca Juga

Pertandingan bertajuk Derby Milan itu berhasil dimenangkan oleh Inter Milan dengan skor telak 5-1. Tambahan tiga poin membawa tuan rumah kokoh di puncak klasemen Liga Italia dengan 12 poin.

Sementara AC Milan turun ke peringkat tiga dengan 9 poin. Tanda-tanda kemenangan Inter Milan sudah terlihat sejak menit awal, ketika mereka unggul cepat melalui gol Henrikh Mkhitaryan di menit ke-5.

Lalu digandakan oleh Marcus Thuram di menit ke-38. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum, memasuki babak kedua AC Milan merespons. Mereka memperkecil keadaan jadi 2-1 setelah Rafael Leao mencetak gol menit ke-57.

Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Rossoneri malah kebobolan tiga gol tambahan. Masing-masing dari Mkhitaryan menit ke-69, Hakan Calhanoglu menit ke-79 (penalti), dan Davide Frattesi menti ke-90+3.

Baca Juga

Skor 5-1 bertahan hingga laga bubar. Usai pertandingan terdapat fakta menarik yaitu Inter meraih kemenangan atas Milan tanpa uang sepeserpun karena para pemain yang mencetak gol didatangkan mayoritas berstatus gratisan.

Berbeda dengan AC Milan yang aktif di setiap bursa transfer dengan banyak membeli pemain berbanderol mahal seperti Christian Pulisic, Ruben Loftus-Cheek hingga Samuel Chukwueze.

Kegemaran Inter Milan mengumpulkan pemain gratisan sudah dimulai sejak beberapa musim lalu. Meski didatangkan tanpa biaya bukan berarti kualitas sang pemain abal-abal.

Padahal biasanya pemain gratisan kerap sulit mendapat klub baru, karena identik dengan kualitas yang sudah menurun sehingga dibuang secara cuma-cuma oleh klub lamanya.

Baca Juga

1. Lahirkan Banyak Prestasi

Selebrasi Henrikh Mkhitaryan saat mencetak gol di laga Inter vs AC Milan

Tetapi ternyata itu tidak berlaku bagi Inter Milan. Mereka memboyong pemain gratisan tetapi kualitasnya bisa mereka maksimalkan di tangan dingin pelatih Simone Inzaghi.

Misalnya musim panas 2022 lalu, mereka mendatangkan Henrikh Mkhitaryan, Andre Onana hingga Francesco Acerbi secara gratis. 

Baca Juga

Mkhitaryan dilepas oleh AS Roma, Andre Onana pergi dari Ajax sementara Acerbi dilepas oleh Lazio. Kemampuan ketiganya berhasil memberikan dampak positif untuk Inter Milan musim kemarin.

Mkhitaryan, Onana dan Acerbi menjadi kunci dalam keberhasilan Inter Milan merebut dua gelar penting, Coppa Italia dan Piala Super Italia. 

Tidak hanya di kompetisi domestik mereka tampil baik, tetapi juga di tingkat Eropa, Liga Champions. Siapa yang menyangka kalau Inter Milan melaju hingga partai final.

Sayang mereka dikalahkan oleh Manchester City di final dengan skor 1-0.  Musim ini, Inter Milan kembali melanjutkan kebijakan itu, ketika mereka mendatangkan Marcus Thuram, Davide Frattesi hingga Alexi Sanchez dan Juan Cuadrado.

Baca Juga

Thuram diboyong usai kontraknya tak diperpanjang oleh Borussia Monchengladbach, lalu Davide Frattesi dipinjam dari Sassuolo dengan opsi pembelian permanen.

Hasilnya, mereka langsung memberikan dampak positif. Thuram tampil gacor di empat pertandingan Liga Italia, dengan membuat 2 gol dan 3 assist, sementara Frattesi berkontribusi 1 gol dari 4 pertandingan.

Inter Milan beruntung bisa mendapatkan tanda tangan Thuram karena ia merupakan salah satu talenta berbakat di sepak bola Eropa. Ketajamanya juga sudah terbukti di Monchengladbach.

Empat musim memperkuat Borussia Monchengladbach, Marcus Thuram tampil cukup tajam di lini depan dengan menorehkan 44 gol dan 29 assist dari 134 penampilan di lintas ajang.

Baca Juga

Pemain-pemain gratisan dan yang dibeli murah Inter juga pernah membungkan AC Milan musim lalu di babak semifinal Liga Champions. 

AC Milan vs Inter Milan berlangsung di San Siro pada leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis (11/5/23) dini hari WIB. Inter Milan raih kemenangan dua gol tanpa balas.

Dua gol Inter Milan dibuat dalam skenario gol cepat. Edin Dzeko mencetak gol di menit keenam dan Henrikh Mkhitaryan di menit ke-11. 

AC MilanInter MilanLiga Italia

Berita Terkini