☰
x

Deretan Fakta Mencengangkan Jelang AC Milan vs Newcastle: The Magpies Malah Langgar Aturan UEFA

Selasa, 19 September 2023 14:45 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Prediksi pertandingan antara AC Milan vs Newcastle United (Liga Champions).

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa fakta mencengangkan jelang pertandingan perdana Grup F Liga Champions Eropa 2023-2024 antara AC Milan vs Newcastle United.

Pertandingan perdana Grup F Liga Champions antara AC Milan vs Newcastle United bakal tersaji di San Siro pada Selasa (19/09/23) pukul 23.45 WIB.

Baca Juga

AC Milan akan menjalani musim ketiganya secara berturut-turut di Liga Champions walaupun harus tergabung di grup neraka.

Dalam drawing atau pembagian grup, Rossoneri tergabung bersama Newcastle United, Paris Saint-Germain (PSG) dan Borussia Dortmund.

Anak asuh Stefano Pioli tersebut dirasa lebih diunggulkan dalam partai menghadapi Newcastle United, karena mereka sudah terbiasa bermain di Liga Champions.

Terlebih lagi, AC Milan sukses menempuh semifinal Liga Champions pada musim 2022-2023 lalu, sebelum akhirnya kandas di tangan Inter Milan.

Pertandingan Liga Champions kontra Newcastle United ini kiranya juga akan menjadi pelampiasan AC Milan usai dihajar Nerazzurri lagi di laga lanjutan Liga Italia dengan skor 1-5.

Jelang duel AC Milan vs Newcastle United, ada beberapa fakta mengejutkan yang telah dirangkum oleh INDOSPORT. Apa saja itu?

1. Newcastle United Langgar Aturan UEFA

Jelang laga malawan tuan rumah AC Milan pada malam WIB nanti, tim berjulukan The Magpies dilaporkan malah melanggar aturan UEFA.

Dilansir dari Sky Sports, tim besutan Eddie Howe telat menggelar konferensi pers. UEFA sendiri telah membuat aturan kalau tim peserta harus menggelar konferensi pers antara pukul 12.00 siang hingga 08.00 malam waktu setempat.

Baca Juga

Newcastle United melakukan jumpa pers dengan melewati tenggat waktu karena disebabkan cuaca buruk. Kondisi itu menyebabkan penerbangan Alexander Isaak dkk tertunda dari Inggris pada Senin (18/09/23) waktu setempat.

Newcastle United kabarnya telat selama 2 jam 20 menit untuk terbang ke Kota Milan. Badai terjadi di Milan pada pukul 17.00 waktu setempat, tidak lama setelah skuat Eddie Howe dijadwalkan lepas landas.

Konferensi pers akhirnya dimulai pada pukul 21.00 waktu setempat atau terlambat dua jam dari agenda yang dijadwalkan. Namun, Eddie Howe mengatakan masalah cuaca tidak akan menghambat persiapan Newcastle United dalam misi mengalahkan AC Milan.

Baca Juga

1. 2. Ibrahimovic 'Comeback'

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic selebrasi setelah menjuarai Liga Italia 2021/2022. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo

Mantan penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, terlihat comeback ke Rossoneri jelang kontra Newcastle United di Liga Champions 2023/2024.

Seperti diketahui, Zlatan Ibrahimovic yang menjadi andalan lini depan AC Milan resmi gantung raket pada 1 Juli 2023 lalu di usia 41 tahun.

Baca Juga

Namun, baru-baru ini, Ibravimovic membuat geger media sosial usai terlihat hadir di latihan AC Milan jelang menghadapi Newcastle United di Liga Champions 2023/2024.

Melansir unggahan dari jurnalis kenamaan Eropa Fabrizio Romano, Zlatan Ibrahimovic hadir mendampingi Stefano Pioli bersama skuad Rossoneri.

Dalam unggahan tersebut, Ibrahimovic nampak berada di samping Stefano Pioli dengan mengenakan setelan kasual baju dan celana senada berwarna hitam.

Zlatan Ibrahimovic nampak ikut mengawasi skuad AC Milan bersama Stefano Pioli yang berambisi untuk meraih kemenangan melawan Newcastle di partai perdana Liga Champions.

3. AC Milan Habis Kena Mental

Jelang laga kontra Newcastle United, skuat asuhan Stefano Pioli baru saja kena mental usai dihajar oleh Inter Milan dengan skor 1-5 di pekan keempat Liga Italia 2023-2024.

Kekalahan tersebut membuat AC Milan melorot ke posisi tiga klasemen, serta memperpanjang rekor kekalahan mereka jadi lima kali beruntun ketika menghadapi Inter Milan sepanjang tahun 2023.

Berkaca dari hasil minor tersebut, AC Milan jelas sangat wajib melakukan perubahan saat menghadapi Newcastle United di Liga Champions nanti.

Salah satu taktik yang harus dirubah adalah skema inverted wing back yang sempat diperkenalkan Pioli pada awal musim serta beberapa laga pramusim.

Dalam skema ini, Pioli menekankan para bek sayap untuk lebih sering menusuk ke pertahanan lawan dengan dribbling atau off the ball movement.

Kemudian para inverted wing back tersebut kerap berada di area Half Space agar opsi serangan AC Milan bisa lebih variatif lantaran ada banyak pemain yang bisa diberikan umpan.

4. Penantian 21 Tahun Newcastle United 

Newcastle United bakal menjalani partai Liga Champions pertama mereka setelah absen selama 21 tahun, sejak musim 2002-2003 silam.

Saat itu, The Magpies tak bisa berbuat banyak di fase grup karena tergabung bersama Inter Milan, Barcelona, dan Bayer Leverkusen.

Pasukan Eddie Howe sendiri saat ini terseok-seok di peringkat ke-11 klasemen Liga Inggris musim ini dengan raihan enam angka saja dari lima pertandingan.

Maka dari itu, AC Milan harus bisa memanfaatkan keterpurukan Newcastle United untuk bisa mencuri tiga poin dari tangan Miguel Almiron cs di Liga Champions.

5. Laga Emosional Sandro Tonali

Duel melawan AC Milan di Liga Champions malam WIB nanti bakal menjadi laga emosional bagi bintang Newcastle United yakni Sandro Tonali.

Bukan tanpa alasan, Sandro Tonali baru saja dijual oleh AC Milan ke Newcastle United di bursa transfer musim panas 2023 kemarin.

Baca Juga

Untuk mendapatkan Tonali, The Magpies harus merogoh kocek hingga mencapai 64 juta euro atau sekitar Rp1,06 triliun.

Kepindahan Tonali dari AC Milan berjalan kurang mulus, karena menuai banyak protes dari berbagai pihak, terutama para fans Rossoneri.

Belum genap setahun pindah ke Inggris, Sandri Tonali kini sudah harus bereuni dengan mantan timnya, AC Milan, sebagai lawan.

Baca Juga
Liga ChampionsAC MilanNewcastle UnitedEddie HoweStefano PioliSandro Tonali

Berita Terkini