☰
x

Tangguh di Liga Champions, Kevin Diks Masih Tebar Kode Ingin Dinaturalisasi Indonesia?

Kamis, 21 September 2023 16:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Kevin Diks Bakarbessy, bek kanan FC Copenhagen, menjadi sorotan usai tampil di Liga Champions 2023-2024 dan isyarat ingin dinaturalisasi Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Kevin Diks Bakarbessy, bek kanan klub asal Belanda, FC Copenhagen, kembali menjadi sorotan usai tampil di Liga Champions 2023-2024 dan isyarat ingin dinaturalisasi membela Timnas Indonesia.

Sebelumnya, nama Kevin Diks sempat masuk dalam daftar calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia bersama dengan Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Baca Juga

Namun Kevin Diks kemudian dicoret alias batal dinaturalisasi karena tidak mendapat izin dari orang tuanya dan sedang pada kariernya bersama FC Copenhagen.

Namun setelah setahun berlalu, Kevin Diks kembali dikabarkan telah siap, untuk bergabung menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Kabar tersebut diungkap oleh akun Instagram @indonesiaabroad_, yang menyebutkan Hasani Abdulgani menyatakan peluang Kevin Diks bergabung Timnas Indonesia cukup besar.

Akun tersebut juga menjelaskan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong rupanya masih berharap PSSI mau memproses naturalisasi Kevin Diks.

Baca Juga

Terlepas dari benar atau tidaknya kabar tersebut, pemain kelahiran Apeldoorn, 6 Oktober 1996 tersebut juga masih menebar kode bahwa dia berpeluang membela Timnas Indonesia.

Kode tersebut ditunjukkan oleh Kevin Diks dengan memasang bendera Indonesia yakni Merah Putih dan dipadukan dengan bendera Belanda di profil akun Instagram pribadinya.

Jika rumor tersebut benar, maka Kevin Diks bisa menambah kekuatan di lini belakang Timnas Indonesia menjelang periode sibuk tahun depan, terutama di ajang Piala Asia 2024.

Nilai plusnya, Kevin Diks bakal membuat skuat Timnas Indonesia semakin mentereng karena pengalaman sang pemain mentas di panggung Liga Champions 2023-2024.

Baca Juga

1. Kevin Diks Debut di Liga Champions Bareng FC Copenhagen

Kevin Diks, Pemain Keturunan Indonesia

Bisa dibilang, Liga Champions 2023-2024 menjadi pengalaman pertama Kevin Diks tampil di kompetisi Eropa bersama Copenhagen FC.

Sebenarnya, Kevin Diks sudah tampil enam kali di babak kualifikasi Liga Champions, ini laga imbang 2-2 Copenhagen melawan Galatasaray pada Rabu (20/09/23) jadi debutnya di putaran final.

Baca Juga

Kevin Diks diberikan kesempatan tampil sebagai starter di laga yang berlangsung di kandang Galatasaray tersebut. Pemain 26 tahun itu tampil sebagai bek tengah.

Posisinya itu menunjukkan bahwa Kevin Diks bisa bermain secara versatile. Sebab meski dimainkan sebagai bek tengah, posisi asli Kevin Diks sebenarnya adalah bek sayap kiri.

Namun beberapa netizen menilai bahwa Kevin Diks diproyeksikan menambah kedalaman bek sayap kanan Timnas Indonesia, jika benar-benar dinaturalisasi.

Saat ini, Timnas Indonesia senior baru memiliki pemain bek kanan yakni Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, sedangkan bek kiri baru memiliki Edo Febriansyah, menurut data Transfermarkt.

Baca Juga

Tampil selama 90 menit, penampilan Kevin Diks melawan Galatasaray cukup mengesankan. Dia mampu mencatat 4 sapuan dan 2 kali sukses lakukan duel udara.

Selain itu, Kevin Diks mencatat 47 kali sentuhan bola dengan akurasi umpan mencapai 76 persen serta 1 kali umpan kunci untuk FC Copenhagen.

Kevin Diks sendiri telah bergabung bersama klub FC Copenhagen semenjak 5 Juli 2021 lalu sebagai bek kanan. Kevin Diks ini dikontrak FC Copenhagen hingga 30 Juni 2025 mendatang.

Pada musim 20232-24, Kevin Diks telah menjadi pemain inti FC Copenhagen  dengan torehan menyumbang 1 gol dan 2 assist dalam 15 penampilan di semua kompetisi musim ini.

Baca Juga
Liga ChampionsNaturalisasiTimnas IndonesiaKevin Diks BakarbessyFC CopenhagenKevin Diks

Berita Terkini