x

5 Pelatih Calon Pengganti Mauricio Pochettino di Chelsea: Ada The Godfather

Senin, 25 September 2023 18:17 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Ekspresi Mauricio Pochettino di laga West Ham vs Chelsea (20/08/23). (Foto: Reuters/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Mauricio Pochettino sedang dalam masalah besar, dan terancam terdepak dari kursi pelatih kepala Chelsea, usai rentetan hasil buruk The Blues.

Chelsea besutan Mauricio Pochettino harus menelan kekalahan 0-1 atas Aston Villa di pekan ke-6 Liga Inggris 2023-2024 pada Minggu (24/09/23) lalu.

Baca Juga

Hasil tersebut membuat Chelsea atau The Blues menghuni peringkat 14 dengan torehan lima poin, hasil dari 1 kali menang, 2 kali imbang, dan 3 kali kalah.

Melihat hal ini, Mauricio Pochettino pun melampiaskan rasa frustrasinya dengan berkata bahwa skuad asuhannya yang masih muda telah membuat banyak blunder.

"Pemain selalu ingin menang, tapi ketika mereka berusia muda dan belum punya pengalaman, mereka sering melakukan kesalahan," ujar Poch seperti dilansir dari The Sun.

"Itulah alasan kami kecewa. Kami sudah terlalu sering melihat banyak situasi seperti ini. Kami harus cepat berbenah. Kami harus cepat dewasa sebagai sebuah tim."

"Pemain seperti Nico (Nicolas Jackson) masih sangat muda dan ia butuh waktu untuk belajar. Kami harus belajar bersama. Sangat sulit untuk membahas hal positif di situasi seperti ini."

"Mereka (Todd Boehly dan manajemen Chelsea) kecewa. Mereka sudah bersemangat dengan proyek ini, tapi merasa kecewa. Mereka harus mendukung rencana kami."

Dari komentarnya itu, Pochettino seakan-akan mendesak Todd Boehly untuk tidak meninggalkan rencana awal (mengisi skuad Chelsea dengan pemain muda) dan terus memberi solusi.

Baca Juga

Namun, alih-alih ikut berperan dalam skuad Pochettino, Boehly malah sedang sibuk dengan ambisinya membangun Stadion Stamford Bridge.

Kondisi tersebut membuat posisi Mauricio Pochettino dipastikan sudah tidak aman. Bila kembali menelan kekalahan, maka Todd Boehly diprediksi bisa mencari calon pengganti.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima calon pelatih pengganti Mauricio Pochettino di Chelsea:

Baca Juga

1. Antonio Conte

Antonio Conte, pelatih Tottenham Hotspur. Foto: REUTERS/Paul Childs

Yang pertama ada Antonio Conte yang diketahui masih menjadi "pengangguran" seusai meninggalkan Tottenham Hotspur pada musim lalu.

Ia dinilai layak menjadi pengganti Mauricio Pochettino di Chelsea, karena sebelumnya pernah membesut The Blues.

Baca Juga

Bahkan Antonio Conte pernah membawa Chelsea meraih juara Liga Inggris pada musim 2016-2017 dan trofi Piala FA 2017-2018 lalu.

Antonio Conte dijuluki The Godfather oleh sebagian pemain asal Italia. Hal tersebut perna diungkapkan oleh Leonardo Bonucci.

Antonio Conte dijuluki The Godfather karena tidak ada pemain yang berani membantah intruksinya. Ia memang terkenal tegas dan keras dalam melatih.

Kharismanya sebagai pelatih mirip seperti kisah bintang utama di film The Godfather pada 1972 silam. Film ini menceritakan tentang pemimpin kelompok kriminal yang sangat terkenal.

Joachim Loew

Yang kedua ada mantan pelatih Timnas Jerman bernama Joachim Loew. Kehebatannya dalam meracik strategi memang tidak bisa dianggap remeh.

Selama 15 tahun menangani Timnas Jerman, Joachim Loew berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi FIFA 2017.

Joachim Loew meninggalkan timnas Jerman pada 2021 lalu dan kini diketahui belum mendapatkan job untuk menjadi pelatih lagi. Sebelum itu, ia juga pernah punya pengalaman menangani sejumlah klub seperti VfB Stuttgart, Fenerbahce, dan juga Austria Wien.

Zinedine Zidane

Sejak meninggalkan klub raksasa Liga Spanyol (La Liga), Real Madrid pada Juni 2021 lalu, Zinedine Zidane diketahui masih menganggur.

Sebenarnya sudah banyak tawaran datang kepada legenda Timnas Prancis tersebut. Bahkan Chelsea sempat dilaporkan mengajukan proposal pada awal tahun 2023 lalu.

Pemilik baru Chelsea, Todd Boehly, dilaporkan ingin menjadikan Zidane sebagai pengganti Graham Potter kala itu.

Hanya saja karena tak fasih berbahasa Inggris, Zinedine Zidane akhirnya gagal merapat ke kompetisi Liga Inggris.

Zidane mempunyai rekam jejak yang luar biasa ketika membesut Real Madrid. Ia berhasil memenangkan tiga gelar Liga Champions Eropa berturut-turut.

Ruud van Nistelrooy

Selanjutnya ada sosok Ruud van Nistelrooy yang kini menjadi pengangguran usai mundur sebagai pelatih klub Belanda, PSV Eindhoven.

Selama satu musim melatih PSV Eindhoven, legenda Timnas Bekanda itu meraih prestasi cukup bagus yakni juara Piala KNVB dan Johan Cruyff Shield.

Van Nistelrooy dinilai layak menjadi pelatih Chelsea karena sudah mengetahui karakter permainan Liga Inggris.

Sebelum menjadi pelatih, ia pernah menunjukkan keganasannya dalam urusan menjebol gawang lawan saat memperkuat Manchester United.

Baca Juga

Hansi Flick

Terakhir ada Hansi Flick yang kini menjadi pengangguran seusai dipecat sebagai pelatih kepala Timnas Jerman.

Kiprah Hansi Flick bersama Timnas Jerman bisa dikatakan sangat buruk. Namun, pelatih berusia 58 tahun tersebut punya prestasi gemilang saat menangani klub terutama Bayern Munchen.

Hansi Flick dipercaya menangani Bayern pada 2019 sampai 2021 lalu. Pada periode itu, Die Roten mampu memenangkan tujuh gelar termasuk treble winners pada 2020 lalu.

Baca Juga
ChelseaZinedine ZidaneAntonio ConteMauricio PochettinoLiga InggrisHansi Flick

Berita Terkini