x

Barcelona dan 5 Wonderkid yang Punya Klausul Rp16 Triliun, Enggan Kehilangan?

Selasa, 3 Oktober 2023 15:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, menjadi salah satu klub yang kerap memasang klausul mahal untuk para pemainnya.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, menjadi salah satu klub yang kerap memasang klausul mahal untuk para pemainnya.

Klausul mahal tersebut kerap dipasang untuk para pemain bintang yang didatangkannya, entah itu dengan biaya transfer maupun secara gratis.

Baca Juga

Sebagai contoh ada Ilkay Gundogan yang didatangkan secara gratis. Tapi Barcelona memasang klausul rilis sebesar 400 juta euro atau Rp6,5 triliun.

Lalu ada pula Robert Lewandowski yang didatangkan dengan mahar besar tapi punya klausul rilis hingga 500 juta euro (Rp8,1 triliun).

Klausul rilis keduanya terbilang mahal meski keduanya telah berusia kepala tiga. Sehingga tak dibayangkan bagaimana klausul rilis pada pemain muda di Barcelona.

Tercatat, Barcelona memiliki lima pemain muda yang ternyata punya klausul rilis hingga 1 miliar euro atau Rp16 triliun lebih. Siapa saja pemain itu?

Baca Juga

1. Pedri

Pada 2021 lalu, Barcelona memiliki pemain muda top pada diri Pedri. Karena kemunculannya yang bombastis, Blaugrana langsung memasang klausul tak masuk akal.

Saat itu, Barcelona memasang klausul tak masuk akal pada kontrak barunya yakni dengan klausul rilis sebesar 1 miliar euro (Rp16 triliun).

Klausul itu diberikan dalam kontraknya agar tak ada klub yang berani menebusnya dan harus menunggu hingga kontraknya habis pada 2026.

Baca Juga

2. Gavi

Usai kemunculan Pedri, Barcelona kembali melahirkan pemain muda. Kali ini, pemain muda itu lahir dari akademinya, yakni Gavi.

Gavi muncul sejak musim 2021/2022 lalu, di mana ia bermain dengan kontrak pemain akademi yang habis pada tahun 2023 lalu.

Tapi sebelum kontraknya habis, Barcelona memberinya kontrak baru hingga 2026 dengan klausul rilis yang fantastis, yakni 1 miliar euro (Rp16 triliun).

Baca Juga

1. 3. Ronald Araujo

Ronald Araujo saat laga LaLiga Spanyol antara Cadiz vs FC Barcelona

Barcelona juga memiliki pemain muda top lainnya. Kali ini dari sektor belakang pada diri Ronald Araujo yang berhasil menembus tim utama sejak 2020/21.

Sejak musim tersebut, dirinya menjadi andalan di lini pertahanan Barcelona, yang membuat Blaugrana memperpanjang kontraknya pada April 2022 lalu.

Kontrak yang diberikan berdurasi empat tahun atau hingga 2026. Lagi-lagi klausul sebesar 1 miliar euro (Rp16 triliun) dimasukkan dalam kontraknya.

Baca Juga

4. Ansu Fati

Sebelum Pedri, Gavi, dan Araujo, Barcelona punya pemain muda dari La Masia yang digadang-gadang sebagai The Next Messi, yakni Ansu Fati.

Ansu Fati yang langsung mencuri perhatian saat menembus tim utama, kemudian diberikan kontrak baru oleh Barcelona pada Oktober 2021 dengan durasi hingga 2027 dan klausul rilis Rp16 triliun.

Sayangnya cedera membuat kariernya di Barcelona terhambat. Kini, Ansu Fati pun terbuang ke Brighton usai jarang mendapat tempat di tim utama Blaugrana.

Baca Juga

5. Lamine Yamal

Pemain muda yang baru-baru ini masuk daftar klausul rilis termahal Barcelona adalah Lamine Yamal. Meski baru berusia 16 tahun, ia telah diberi kontrak selama empat tahun.

Kontrak itu membuat Yamal pun akan bertahan di Barcelona hingga 2026 dan bagi klub yang ingin menebusnya, harus siap membayar sebesar 1 miliar euro (Rp16 triliun).

Dengan performanya saat ini, banyak klub yang jelas menginginkan jasanya. Tapi dengan klausul rilis itu, sulit melihat ada klub yang mau jor-joran untuk menebusnya.

Baca Juga
BarcelonaLaLiga SpanyolIn Depth SportsLiga SpanyolAnsu FatiRonald AraujoPedriGaviIndepthLamine Yamal

Berita Terkini