x

Bedah Formasi Ideal Timnas Indonesia Kontra Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 10 Oktober 2023 07:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

INDOSPORT.COM – Intip potensi formasi terbaik yang cocok digunakan Timnas Indonesia saat menghadapi Brunei Darussalam di babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (12/09/2023).

Perjuangan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2026 akan di mulai pekan ini, di mana skuat Garuda bakal menghadapi Brunei Darussalam dalam dua leg kualifikasi putaran pertama.

Baca Juga

Di leg pertama, Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu dan menjamu Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pada pertandingan ini, sebanyak 26 pemain dipanggil oleh Shin Tae-yong, termasuk sejumlah nama yang telah jadi langganan seperti Witan Sulaeman, Nadeo Argawinata, Marc Klok dan Rachmat Irianto

Skuat Garuda juga diharapkan bisa meraih kemenangan, mengingat kita memiliki rekor apik kala bersua Brunei Darussalam sepanjang sejarah.

Tercatat, Timnas Indonesia mampu meraih delapan kemenangan, dua kali hasil imbang dan dua kali kekalahan ketika menghadapi Brunei.

Baca Juga

Tak cuma rekor head to head yang jauh lebih unggul, secara materi pemain pun Timnas Indonesia lebih baik ketimbang tim lawan.

Jika melihat dari daftar pemain yang dibawa pelatih Shin Tae-yong, ada beberapa formasi potensial yang layak dipakai Timnas Indonesia saat hadapi Brunei Darussalam nanti.

Salah satunya adalah skema 3-4-3 yang telah jadi trademark Timnas Indonesia selama era kepelatihan STY.

Lantas bakal seperti apakah formasi tersebut jika kembali dipakai pada kualifikasi Piala Dunia 2026 nanti? Untuk mengetahuinya, berikut INDOSPORT coba mengulas:

Baca Juga

1. Formasi Timnas Indonesia vs Brunei

Selebrasi Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

Berkaca dari beberapa laga terakhir Timnas Indonesia, pelatih Shin Tae-yong memang cukup nyaman memainkan skema tiga bek di lini pertahanan skuat Garuda.

Berbekal banyaknya pemain naturalisasi serta bintang lokal yang mentas di luar negeri pada posisi ini, membuat STY tak terlalu pusing jika salah satu pilarnya harus absen.

Baca Juga

Dari daftar skuat yang ada, tiga pemain bertahan yang bakal pas untuk mengisi trio bek Timnas Indonesia nanti adalah Rizky Ridho, Elkan Baggott dan Sandy Walsh.

Ketiga bek tersebut akan jadi tembok kokoh untuk membantu tugas Nadeo Argawinata sebagai kiper utama tim Merah Putih.

Duet Rizky Ridho dan Elkan Baggott yang sudah teruji, ditambah pengalaman main Sandy Walsh di Eropa musim ini, membuat Nadeo cukup santai di laga nanti.

Kemudian di sektor gelandang, ada dua motor serangan Timnas Indonesia yang sudah jadi tumpuan sejak kualifikasi Piala Asia serta Piala AFF kemarin yakni Ricky Kambuaya dan Marc Klok.

Baca Juga

Sebagai pelapis, Timnas Indonesia juga bisa menggunakan Rachmat Irianto serta sang wonderkid, Marselino Ferdinan atau Arkhan Fikri saat para seniornya kelelahan.

Di sisi wide midfielder, ada Asnawi Mangkualam yang posisinya memang sulit tergantikan di sebelah kanan area permainan Timnas Indonesia.

Sedangkan di sisi kiri, Shayne Pattynama yang berpotensi membawa klubnya FK Viking menjuarai Liga Norwegia musim ini bakal membuat alur serangan timnas makin berbahaya.

Jangan lupakan pula sosok Pratama Arhan dan Edo Febriansyah yang bisa jadi supersub saat Timnas Indonesia alami deadlock pada babak kedua.

Baca Juga

2. Lini Serang Timnas Indonesia Mengerikan

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

Terakhir di posisi ujung tombak, Timnas Indonesia akan mengandalkan kecepatan para wingernya serta kemampuan finishing goal getter untuk mencetak gol.

Pada sektor ini, ada Saddil Ramdani yang tampil menggila bersama Sabah FC lewat hattrick assist nya di Piala AFC beberapa waktu lalu dan akan menempati posisi winger kiri.

Sementara di posisi kanan, sang anak hilang Egy Maulana Vikri sangat layak mendapat kesempatan starter setelah performa apiknya bersama Dewa United musim ini.

Berbekal kecepatan serta kemampuan cutting inside keduanya, baik Egy maupun Saddil bisa jadi supplier bola ke kotak penalti atau malah pemecah kebuntuan lewat tembakan jarak jauhnya.

Terakhir pada posisi ujung tombak, Ramadhan Sananta yang sukses mencetak 5 gol di Liga 1 musim ini bisa dicoba STY sebagai starter.

Namun tak menutup kemungkinan juga, jika sang pelatih lebih memilih memainkan Dendy Sulistyawan yang punya pergerakan lebih agresif sebagai striker utama.

Selain itu, ada opsi lain untuk menggunakan dua striker muda yang sedang naik daun yakni Rafael serta Hokky Caraka sejak menit awal.

Formasi Ideal Timnas Indonesia vs Brunei
Nadeo Argawinata; Rizky Ridho, Elkan Baggott, Sandy Walsh; Shayne Pattynama, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Asnawi Mangkualam; Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, Egy Maulana Vikri.

Brunei DarussalamTimnas IndonesiaPiala Dunia 2026Kualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini