x

3 Wonderkid Jebolan La Masia yang Bersinar di Liga Jerman, Barcelona Menyesal?

Senin, 16 Oktober 2023 05:00 WIB
Editor: Juni Adi
Aksi Xavi Simons di laga Young Boys v RB Leipzig. (Foto: REUTERS/Denis Balibouse)

INDOSPORT.COM - La Masia merupakan salah satu akademi sepak bola terbaik saat ini. Akademi milik Barcelona tersebut telah menghasilkan sejumlah bintang lapangan hijau kenamaan.

Bahkan, tak jarang pemain lulusan La Masia menjadi tulang punggung skuad senior Barcelona. Beberapa di antaranya seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Gerard Pique dan Lionel Messi.

Baca Juga

Saat ini ada beberapa pemain lulusan La Masia yang menghuni tim senior Barcelona asuhan Xavi Hernandez. Sebut saja Ansu Fati, Gavi, Alejandro Balde hingga yang terbaru Lamine Yamal.

Di musim 2022/2023 saja misalnya, ada nama Eric Garcia, Gavi, serta Ansu Fati. Sebelumnya, sempat ada Lionel Messi, Jordi Alba, Sergio Busquets, serta beberapa nama tenar lainnya.

Masih banyak pastinya pemain hebat lain yang berasal dari akademi La Masia. Sayangnya, tidak semua bisa mendapat kesempatan bermain di Barcelona.

Alhasil, banyak pemain lulusan La Masia yang harus berkarier di tempat lain, Liga Jerman salah satunya.

Baca Juga

Memang Bundesliga merupakan salah satu tempat yang bersahabat dengan para pemain muda potensial, untuk mengembangkan kualitasnya.

Iklim kompetisi yang bagus membuat para pemain muda mudah berkembang. Berikut beberapa nama pemain muda jebolan La Masia yang saat ini bermain apik dan memiliki potensi besar untuk jadi bintang. Siapa saja?

Xavi Simons

Xavi Simons adalah pemain sepak bola berkewarganegaraan Belanda dengan darah campuran Suriname. Meski dari Negeri Kincir Angin, ia rupanya cukup lama tinggal dan besar di Spanyol.

Bakat sepak bolanya diasah saat ia menimba ilmu di tim akademi lokal Thader, tidak lama kemudian ia pindah ke tim akademi Barcelona pada 2010, La Masia, setelah bakatnya terpantau oleh tim scouting Blaugrana.

Pada tahun 2018, Xavi Simons kemudian dipromosikan ke tim U-16 Barcelona. Sayangnya karier pemain berposisi winger kanan itu mentok di tim U-16 karena kesulitan naik level ke tim U-21 atau promosi ke senior.

Hal itu membuat ia memutuskan untuk pergi dan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2019.

Sayangnya, Xavi kesulitan menembus skuad utama PSG yang masih memiliki banyak pemain bintang, seperti Neymar, Lionel Messi, dan Kylian Mbappe. Ia memutuskan pindah ke PSV Eindoven pada Juli 2022.

Di Belanda, Xavi menunjukan kemampuan terbaiknya. Ia bermain apik dengan catatan 48 penampilan dan menorehkan 22 gol serta 12 assist di musim 2022/2023 lalu.

Alhasil, PSG mengaktifkan klausul pembelian kembali Xavi pada musim panas 2023. PSG kemudian meminjamkan Xavi kepada RB Leipzig pada 2023/2024.

Pemain berusia 21 tahun itu membuktikan dirinya mampu tampil apik di Bundesliga. Xavi sejauh ini sudah tampil dalam 11 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 4 assist di seluruh kompetisi. 

Baca Juga

1. Dani Olmo

Aksi Dani Olmo di laga final Olimpiade Tokyo 2020 Spanyol vs Brasil.

Selanjutnya ada Dani Olmo. Namanya mungkin tak akan terdengar asing di telinga para pelatih tim muda Barcelona mengingat ia sudah sejak 2007 bergabung La Masia.

Ia menapaki kariernya di tim muda Barcelona sampai level U-18. Olmo lalu memilih bergabung dengan Dinamo Zagreb pada Juli 2014.

Baca Juga

Di Liga Kroasia, Olmo bermain impresif dengan total 124 penampilan dan mencetak 34 gol serta 28 assist di semua ajang pada periode 2014 hingga 2020.

Kemampuan Olmo yang berkembang pesat, membuat Barcelona tertarik untuk memboyongnya pulang. Tetapi ia tak berminat kembali ke Camp Nou.

Pemain berposisi sebagai gelandang tengah ini akhirnya memilih untuk pergi ke Liga Jerman. RB Leipzi menjadi klub yang beruntung bisa mendapatkan tanda tangannya.

Olmo tampil luar biasa selama membela RB Leipzig. Ia sudah bermain dalam 127 penampilan dengan catatan 26 gol dan 30 assist di seluruh kompetisi.

Baca Juga

Salah satu penampilan ciamik Olmo terjadi ketika mencetak hattrick ke gawang Bayern Muenchen dalam pertandingan DFL Super Cup 2023 pada 12 Agustus 2023.

Berkat aksinya itu, RB Leipzig berhasil meraih gelar juara DFL Super cup 2023.

Alejandro Grimaldo

Alejandro Grimaldo bergabung dengan Barcelona U-16 dari tim muda Valencia pada Juli 2008. Bek kiri asal Spanyol itu menapaki kariernya ke tim U-19 dan Barcelona B dalam waktu 4 tahun.

Sayangnya, Grimaldo tidak kunjung mendapatkan kesempatan tampil di skuad utama Barca. Ia lalu hengkang ke Benfica pada Januari 2016.

Baca Juga

Grimaldo sukses menjadi bek kiri andalan Benfica selama 7 tahun. Ia tampil dalam 303 laga dan mencetak 27 gol serta 66 assist di seluruh kompetisi.

Grimaldo sebenarnya menjadi incaran banyak klub top Eropa, seperti Barcelona, Arsenal, dan Manchester United. Akan tetapi, ia secara mengejutkan memilih pindah ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2023.

Grimaldo sejauh ini mampu tampil dalam 10 pertandingan dan mencetak 2 gol dan 5 assist di seluruh kompetisi pada 2023/2024.

Baca Juga
BarcelonaBundesliga JermanLa MasiaLiga Jerman

Berita Terkini