x

Bukan Mohamed Salah, Ini Pemain Paling Bersinar di Laga Liverpool vs Everton

Minggu, 22 Oktober 2023 13:20 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Liverpool, Mohamed Salah. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

INDOSPORT.COM - Mohamed Salah dianggap bukan pemain terbaik di laga pekan ke-9 Liga Inggris (Premier League) antara Liverpool vs Everton.

Duel menarik tersaji pada pekan ke-9 Liga Inggris 2023/2024, akhir pekan ini. Dua klub asal kota Liverpool, Liverpool FC dan Everton, bersua dalam pertandingan bertajuk Derbi Merseyside.

Baca Juga

Laga akhirnya berkesudahan dengan skor 2-0 untuk kemenangan Liverpool. Kedua gol The Reds dicetak oleh pemain andalan mereka, Mohamed Salah.

Meski mencetak 2 gol, Mohamed Salah rupanya bukan pemain terbaik dalam laga ini. Jurnalis Liverpool Echo, Ian Doyle, justru memberikan penilaian terbaik untuk pemain yang sama sekali tidak mencetak gol.

Pemain yang dimaksud adalah Virgil van Dijk. Sang kapten Liverpool memang menunjukkan penampilan menawan sepanjang laga untuk membendung serangan Everton.

Salah satu momen terbaik Virgil van Dijk adalah ketika dirinya memenangi duel udara dengan Dominic Calvert-Lewin di awal laga. 

Baca Juga

Tak hanya "mengantongi" Dominic Calvert-Lewin, Virgil van Dijk juga sukses meredam eksplosivitas Beto dan Youssef Chermiti, membuat gawang Liverpool tetap perawan di laga ini.

Statistik pun membuktikan jika Virgil van Dijk digelari pemain terbaik di laga ini. Ia memuncaki daftar pemenang duel udara, tekel, dan sapuan untuk Liverpool.

Virgil van Dijk juga merupakan 1 dari 4 pemain Liverpool yang mencatatkan lebih dari 100 sentuhan di laga ini, termasuk membantu The Reds membukukan penguasaan bola di luar nalar, 77%.

Penampilan gemilang Virgil van Dijk pun turut membuat Liverpool memecahkan rekor yang sudah bertahan lebih dari 40 tahun. Rekor apakah itu?

Baca Juga

1. Rekor Clean Sheet 4 Laga Beruntun Kontra Everton

Virgil van Dijk mendapat pujian berkat penampilannya di laga Liverpool vs Everton, Sabtu (21/10/22). Foto: REUTERS/Susana Vera.

Sejak 1976, Liverpool tak pernah mencatatkan clean sheet dalam empat pertandingan berturut-turut kontra Everton. Hingga akhirnya, Virgil van Dijk datang.

Tercatat, sejak 24 April tahun lalu, Liverpool tak pernah kebobolan saat melawan Everton, baik saat bermain di Anfield maupun Goodison Park. 

Baca Juga

Dari 4 pertemuan terakhir, Liverpool secara berturut-turut menang 2-0, imbang 0-0, menang 2-0, dan menang 2-0. Dengan demikian, The Reds melesakkan 6 gol dalam 4 Derbi Merseyside.

Catatan ini masih bisa berlanjut pada 16 Maret tahun depan, saat Liverpool akan kembali menghadapi Everton di Liga Inggris.

Dengan sederet catatan impresif serta rekor yang diukir, sangat layak jika menyebut Virgil van Dijk sebagai pemain terbaik dalam laga Liverpool vs Everton tadi malam.

Bagaimanapun, Mohamed Salah tetap patut mendapat kredit. Tambahan 2 gol yang dicetaknya kali ini membuat pemain Timnas Mesir tersebut mencatatkan 7 gol dan 4 assist dari 9 laga perdana Liverpool di Liga Inggris musim ini.

Baca Juga

Terlepas dari penampilan dominan Liverpool, pertandingan sejatinya berlangsung cukup sengit di babak pertama. 

Namun, kartu merah yang didapat bek Everton, Ashley Young, pada menit ke-37 memberi keuntungan signifikan bagi Liverpool. Keunggulan jumlah pemain ini dimanfaatkan secara maksimal oleh tuan rumah.

Handball Michael Keane yang terjadi pada menit ke-75 membuat Liverpool mendapat hadiah penalti. Mohamed Salah, yang diberi tugas menjadi algojo, berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna.

Liverpool mendapatkan gol tambahan pada menit-menit terakhir lewat skema serangan balik ciamik. Tambahan 3 poin ini sempat melesatkan Liverpool ke puncak klasemen sebelum digeser kembali oleh Manchester City yang menang atas Brighton & Hove Albion. 

Baca Juga
LiverpoolEvertonMohamed SalahLiga InggrisVirgil van DijkBerita Liga Inggris

Berita Terkini