x

Diramal Pep Gantikan Dirinya, 5 Bintang Brighton yang Cocok De Zerbi Boyong ke Manchester City

Minggu, 22 Oktober 2023 07:32 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Apa yang dilakukan di Brighton & Hove Albion bakal membawa Roberto De Zerbi mendapatkan job terbaik Liga Inggris (Premier League) yakni melatih Manchester City.

INDOSPORT.COM - Apa yang dilakukan di Brighton & Hove Albion bakal membawa Roberto De Zerbi mendapatkan job terbaik Liga Inggris (Premier League) yakni melatih Manchester City.

Manajer The Citizens saat ini, Pep Guardiola, bahkan menyatakan jika pria asal Italia itu adalah sosok yang bisa menggantikannya bila suatu hari nanti meninggalkan Etihad Stadium.

Baca Juga

Statistik memang menunjukkan jika dalam tiga pertemuan mereka sejauh ini di touchline, termasuk di pekan kesembilan Liga Liga Inggris 2023/2024, De Zerbi belum pernah sekalipun menang atas Guardiola namun impresi yang ditinggalkan sangat mendalam.

Dilansir dari The Telegraph, Guardiola secara pribadi menyampaikan pada staf kepelatihan Manchester City jika De Zerbi bisa menjadi suksesornya.

Pep Guardiola sendiri pernah menyebut jika Roberto De Zerbi sebagai salah satu juru taktik paling berpengaruh dalam 20 tahun terakhir. Kebiasaan eks bos Barcelona itu untuk melebih-lebihkan pujian memang sudah dikenal lama namun publik pun juga tahu jika subjek yang ia sanjung memang hebat.

Di tangan De Zerbi, Brighton menjadi salah satu kuda hitam terkuat Liga Inggris saat banyak yang mengira The Seaguls sudah mencapai puncak potensinya dalam asuhan Graham Potter.

Sukses Brighton lolos ke kompetisi Eropa untuk kali pertama dalam sejarah mereka pun juga karena jasa De Zerbi dan skema atraktif yang ia jalankan di Amex Stadium.

Baca Juga

Maka dari itu jangan heran bila kemudian Manchester City benar-benar menunjuknya sebagai pengganti Guardiola di masa depan. Bila demikian, kans untuknya membawa sejumlah bintang Brighton ke kota pelabuhan pun membesar dan berikut lima di antaranya yang cocok ikut ke Manchester Biru.

1. Pervis Estupinan

Dalam dua musim terakhir tren penggunaan bek tengah sebagai bek kiri di Manchester City semakin menguat.

Saat ini hanya ada Sergio Gomez yang berstatus sebagai left back murni dan itupun jam terbangnya sangat dibatasi oleh Nathan Ake dan Josko Gvardiol.

Akan tetapi itu adalah preferensi taktik Pep Guardiola dan bila Roberto De Zerbi ingin pendekatan yang lebih tradisional, jelas bukan masalah besar. Ia bisa membawa Pervis Estupinan bersamanya.

Estupinan adalah salah satu pemain terbaik di posisinya musim ini di Liga Inggris. Dari enam pertandingan eks Villarreal tersebut sudah mampu menyumbang satu gol dan dua assist untuk Brighton & Hove Albion.

Baca Juga

1. 2. Facundo Buonanotte

Pemain Brighton & Hove Albion, Evan Ferguson. (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

Brighton adalah penemu bakat yang handal dan Facundo Buonanotte adalah salah satu di antaranya. Usianya baru 18 tahun dan berposisi sebagai gelandang serang.

Musim ini eks Rosario Central tersebut baru bermain tiga kali di semua ajang dan belum bikin gol maupun assist namun talentanya tidak perlu diragukan.

Baca Juga

Masih segar dalam ingatan bagaimana musim lalu Brighton dan Roberto De Zerbi memainkannya sebanyak 14 kali usai mendarat di bursa transfer Januari 2023 dan langsung menyihir banyak mata. Cocok digaet apabila Manchester City ingin memastikan masa depan cerah tim mereka.

3. Julio Enciso

Selain Buonanotte, Julio Enciso juga layak De Zerbi pehitungkan bila ingin membawa para pemain potensial dari Brighton ke Manchester City.

Musim ini penyerang versatile Paraguay tersebut dipercaya mengemban nomor punggung 10 peninggalan Alexis Mac Allister dan hal itu dijawabnya dengan sumbangan dua assist dari dua laga Liga Inggris.

Sayangnya Enciso harus mengalami cedera meniscus dan harus beristirahat untuk waktu yang lama.

4. Kaoru Mitoma

Sensasi Kaouru Mitoma yang tidak kunjung padam sejak kedatangannya musim lalu membuatnya diburu banyak klub besar termasuk Manchester City.

Baca Juga

Diyakini The Citizens akan terus mengejar winger Jepang tersebut meski ia baru meneken kontrak anyar hingga 2027 bersama Brighton.

Permainannya yang direct dengan dribel lengket mungkin tidak begitu ideal bagi skema Pep Guardiola namun De Zerbi jelas bisa memaksimalkan potensi Mitoma.

5. Evan Ferguson

Manchester City saat ini sudah punya Erling Haaland dan sepertinya striker manapun akan sulit bersaing dengan sang sensasi spektakuler Norwegia namun bukan berarti Evan Ferguson tidak layak didatangkan.

Ferguson punya potensi untuk menjadi goal getter besar dengan usianya yang baru 19 tahun. Ditambah lagi ia punya status homegrown yang selalu menggiurkan bagi para klub Liga Inggris.

Haaland pun selalu punya kans untuk pergi ke klub yang lebih besar seperti Real Madrid atau Barcelona. Maka dari itu De Zerbi bisa membawa Ferguson ke Etihad bila tiba saatnnya menggantikan Guardiola.

Baca Juga
Manchester CityPep GuardiolaBrighton & Hove AlbionLiga InggrisRoberto De ZerbiIndepth

Berita Terkini