x

Sedang Butuh Uang, Barcelona Masih Waras Tak Lepas Aset 100 Juta Euro Mereka

Senin, 23 Oktober 2023 04:31 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Raksasa Liga Spanyol (La Liga), Barcelona, bersyukur tidak sampai harus melepas Frenkie de Jong dalam usaha melewati krisis finansial mereka. (Foto: REUTERS/Kevin Jairaj)

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Spanyol (La Liga), Barcelona, bersyukur tidak sampai harus melepas Frenkie de Jong dalam usaha melewati krisis finansial mereka.

Padahal gelandang asal Belanda tersebut bisa saja laku di bursa transfer dengan nilai 100 juta Euro namun Los Cules sadar bila tanpa kehadirannya, masa depan akan lebih suram.

Baca Juga

Hal itu disampaikan sendiri oleh presiden klub yakni Joan Laporta yang sebenarnya mengindikasikan jika penjualan De Jong sebenarnya adalah opsi realistis bagi Barcelona.

Laporta tidak menyebutkan klub mana yang siap menebus mahal De Jong namun diyakini Manchester United adalah subjek pembicaraannya.

The Red Devils adalah pengagum sang pemain terutama setelah dilatih oleh Erik ten Hag sejak musim 2022/2023 lalu.

Ten Hag dan De Jong pernah bahu membahu di Ajax Amsterdam sehingga sang manajer ingin agar si pemain ikut dengannya dalam proyek rebuild Manchester United namun alotnya negosiasi membuat Barcelona pada akhirnya tetap bisa menjadi pemilik sah.

Baca Juga

"Kami tidak akan bisa bersaing di kapangan apabila ekonomi kami tidak sehat," beber Joan Laporta seperti yang dikutip dari GOAL.

"Ada kesempatan untuk menjual Frenkie de Jong seharga 100 juta Euro namun kami enggan karena jika ia pergi maka kami akan melemah," tambahnya.

Keputusan Barcelona untuk tidak melepas midfielder 26 tahun tersebut sudah sangat tepat.

De Jong punya peran besar dalam sukses El Barca dalam pemenangan titel Liga Spanyol musim lalu dengan 33 penampilan berbuah dua gol dan empat assist.

Baca Juga

1. Godok Kontrak Anyar Bersyarat

Ousmane Dembele, Frenkie de Jong, dan Jules Kounde. (Foto: REUTERS/Kevin Jairaj)

Jasa tersebut cukup membuat Barcelona semakin yakin jika Frenkie de Jong adalah kunci sukses jangka panjang mereka.

Maka dari itu jebolan akademi Ajax Amsterdam dan Willem II tersebut akan mereka berikan perpanjangan kontrak.

Baca Juga

Saat ini De Jong masih terikat deal sampai Juni 2026 namun Barcelona ingin agar yang bersangkutan menghabiskan kariernya di Camp Nou.

Sport mengklaim jika saat ini proposal kontrak seumur hidup untuk De Jong sedang Barcelona susun namun belum diketahui apakah si pemain siap untuk berkomitmen.

De Jong memang mencintai Barcelona namun pihak klub akan mencantumkan syarat khusus dalam kontrak barunya yakni pemangkasan gaji untuk dua musim penuh.

Saat ini pemilik 54 caps tim nasional Belanda itu adalah pemain termahal La Blaugrana dengan bayaran 37 juta Euro per tahun.

Baca Juga

Ada gap sampai 17 juta Euro dengan pemain termahal kedua yakni Robert Lewandowski. Tidak heran jika Barcelona berencana untuk melakukan sedikit penyesuain agar kantong mereka tidak jebol.

De Jong sepenuhnya punya kuasa untuk menentukan masa depannya. Jika tidak senang dengan penawaran Barcelona, ia masih bisa pergi ke mana saja.

Dalam dua musim terakhir namanya sudah dikaitkan dengan tim-tim seperti Bayern Munchen, Manchester City, dan tentu saja Manchester United yang jelas bisa memberikannya materi berlimpah.

Menarik untuk melihat nanti apakah pada akhirnya Frenkie de Jong akan tetap bersama Barcelona untuk waktu yang lama atau justru terpaksa pergi mencari penghidupan yang lebih baik.

Baca Juga
Manchester UnitedBarcelonaJoan LaportaLiga SpanyolFrenkie de Jong

Berita Terkini