x

5 Legenda AC Milan yang Cocok Gantikan Stefano Pioli Sebagai Pelatih

Senin, 30 Oktober 2023 19:38 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih AC Milan Stefano Pioli dan pelatih Napoli Rudi Garcia di laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

INDOSPORT.COM – Para mantan legenda AC Milan yang mungkin layak gantikan Stefano Pioli sebagai pelatih anyar Rossoneri. Siapa sajakah mereka?

Masa depan Stefano Pioli memang sedang di ujung tanduk belakangan ini. Hal tersebut tak lepas dari inkonsistensi penampilan AC Milan di Liga Italia.

Baca Juga

Awal mula kemunduran performa AC Milan ditandai dengan hasil imbang 0-0 kontra Dortmund di matchday kedua Liga Champions.

Setelah hasil imbang tersebut, Rossoneri cuma bisa sekali menang lawan Genoa dan telan dua kekalahan ketika bertemu Juventus serta PSG.

Pada pertandingan teranyarnya pun AC Milan tak bisa raih poin penuh, setelah hanya imbang 2-2 kontra Napoli di Estadio Diego Armando Maradona.

Dengan rapor buruk tersebut, AC Milan yang sempat rasakan capolista kini harus melorot di urutan ketiga klasemen Liga Italia dengan jarak tiga poin dari Inter Milan sebagai pemuncak.

Baca Juga

Meski belum ada pernyataan resmi terkait pemecatan Pioli, namun jika AC Milan ingin cari pelatih baru untuk akhiri tren negatif, mungkin sejumlah legenda Rossoneri berikut bisa jadi alternatif.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT mengulas deretan eks legenda AC Milan yang bisa gantikan peran Pioli sebagai pelatih kepala:

Jon Dahl Tomasson
Nama pertama adalah Jon Dahl Tomasson. Eks mesin gol AC Milan era 2002 hingga 2005 ini sukses menjelma sebagai pelatih berkualitas di Liga Inggris.

Menukangi Blackburn sejak tahun 2022, Jon Dahl Tomasson hampir membawa klubnya dapat tiket play off promosi musim lalu, namun sayangnya mereka kalah selisih gol dari Sunderland.

Sebelum melatih Blackburn, striker kelahiran Denmark ini juga sukses membawa Malmo FF juara Allsvenskan atau kasta teratas liga Swedia pada tahun 2020 dan 2021.

Baca Juga

1. Mark van Bommel

Kaka dan Clarence Seedorf saat masih membela AC Milan

Gelandang bertahan asal Belanda ini pernah berseragam AC Milan pada tahun 2011 hingga 2012. Walau sebentar, namun Van Bommel sukses memenangi scudetto dan Supercoppa Italiana buat Rossoneri.

Setelah pensiun sebagai pemain, Mark van Bommel beralih karier sebagai pelatih dan punya rekam jejak cukup apik.

Baca Juga

Terutama saat memperkuat Royal Antwerp di Liga Belgia. Bersama klub tersebut, Van Bommel berhasil memenangi Belgian Pro League, Belgian Cup dan Belgian Super Cup musim lalu.

Gennaro Gattuso
Berikutnya ada Gennaro Gattuso. Pemain dengan caps 468 pertandingan buat AC Milan ini merupakan salah satu gelandang sentral Rossoneri di awal 2000-an.

Setelah pensiun tahun 2013 silam, Gennaro Gattuso melanjutkan kiprahnya di lapangan hijau sebagai pelatih dan sempat menangani sejumlah klub.

Pencapaian terbaiknya sebagai pelatih terjadi saat menukangi Napoli tahun 2019. Bersama klub tersebut, Gattuso sukses mempersembahkan gelar juara Coppa Italia musim 19/20.

Baca Juga

Clarence Seedorf
Saat masih aktif sebagai pemain, Clarence Seedorf dikenal sebagai gelandang enerjik yang mampu menjaga lini tengah AC Milan tetap mendominasi ball possession.

Usai tak lagi bermain, tercatat Seedorf pernah tangani beberapa tim seperti Shenzhen, Deportivo de La Coruna hingga mantan klubnya, AC Milan.

Meski belum pernah juara, namun Clarence Seedorf pernah torehkan rekor sebagai pelatih dengan perolehan poin terbanyak keempat di Serie A meski cuma menjabat empat bulan di AC Milan.

Andrea Pirlo
Terakhir adalah Andrea Pirlo. Gelandang yang membantu AC Milan dua kali menjuarai Liga Champions ini layak masuk dalam daftar calon pelatih baru menggantikan Pioli.

Pasalnya selain cerdik saat masih aktif bermain, Pirlo juga punya taktik yang membuatnya sukses di dunia kepelatihan.

Salah satu prestasi terbaiknya sebagai pelatih adalah membawa Juventus menjuarai Coppa Italia musim 2020/21 serta Supercoppa Italiana tahun 2020.

Baca Juga
Bursa TransferAC MilanStefano PioliLiga ItaliaBerita Transfer

Berita Terkini