x

Jangan Lionel Messi Terus! Victor Osimhen Juga Ukir Sejarah di Ballon d'Or 2023

Selasa, 31 Oktober 2023 14:33 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
Lionel Messi raih penghargaan Ballon d'Or 2023. Foto: REUTERS/Stephanie Lecocq.

INDOSPORT.COM - Tak hanya panggung bagi Lionel Messi, Ballon d'Or 2023 juga menjadi prestasi tersendiri bagi pemain klub Liga Italia (Serie A), Napoli, Victor Osimhen.

Ajang penghargaan paling bergengsi bagi pesepak bola, Ballon d'Or, kembali digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, pada Selasa (31/10/23) dini hari WIB.

Baca Juga

Dalam malam penghargaan tersebut, Lionel Messi dinobatkan sebagai Ballon d'Or 2023. Inilah Ballon d'Or kedelapan yang diraih pemain berjuluk La Pulga tersebut sepanjang kariernya.

Kapten timnas Argentina tersebut mengungguli 29 nominator lain, termasuk dua kandidat kuat, Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Sejumlah rekor pun berhasil ditorehkan pemain yang kini bermain di klub MLS, Inter Miami, tersebut. Lionel Messi kini menjadi pemain pertama dan mungkin satu-satunya yang bisa meraih 8 Ballon d'Or sepanjang sejarah sepak bola.

Tak hanya itu, La Pulga juga menjadi pemain pertama di luar kompetisi Eropa saat menerima penghargaan Ballon d'Or. Ia juga menjadi pemain pertama yang memenangi Ballon d'Or dengan tiga klub berbeda dan pemain tertua yang meraih Ballon d'Or.

Baca Juga

Namun, Ballon d'Or rupanya bukan hanya panggung milik Lionel Messi. Pemain Napoli, Victor Osimhen, juga mencatat pencapaian gemilang.

Nama pemain timnas Nigeria ini bertengger di urutan ke-8 suara terbanyak. Dilansir Football Italia, inilah pencapaian terbaik yang pernah diraih pemain Napoli sepanjang sejarah.

Sebelum Victor Osimhen, pencapaian terbaik pemain Napoli adalah peringkat ke-15, yang diraih oleh Ruud Krol pada 1980 silam.

Lantas, apa alasan Victor Osimhen meraih suara sebanyak itu? Apa saja prestasi yang diukir sang pemain sepanjang musim lalu bersama Napoli?

Baca Juga

1. Prestasi Osimhen

Victor Osimhen (kiri) merayakan golnya bersama Matteo Politano di laga Liga Italia 2022/23 Sampdoria vs Napoli (09/01/23). (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Musim lalu, Napoli sukses merebut gelar juara Liga Italia alias scudetto. Inilah scudetto pertama Partenopei setelah 33 tahun.

Victor Osimhen dan Kvicha Kvaratskhelia menjadi dua pemain yang dianggap paling berjasa dalam keberhasilan Napoli merebut scudetto musim lalu. Penampilan ciamik dari kedua pemain ini membuat Napoli begitu disegani.

Baca Juga

Gelar top skor musim 2022/23 menjadi bukti sahih kontribusi Victor Osimhen untuk Napoli. Ia mencetak 26 gol dalam 32 pertandingan, lebih banyak ketimbang bomber-bomber lain seperti Zlatan Ibrahimovic (AC Milan) atau Lautaro Martinez (Inter Milan).

Tak hanya itu, penampilan apik Victor Osimhen juga membuat Napoli melaju hingga perempat final Liga Champions 2022/2023, yang sekaligus menjadi pencapaian terbaik mereka di kompetisi elit Eropa.

Berbekal sederet prestasi tersebut, Victor Osimhen pun dinilai layak oleh para voters untuk menjadi salah satu kandidat peraih Ballon d'Or tahun ini.

Sayang, pemain berusia 24 tahun tersebut kalah bersaing dengan sederet nama besar lain, seperti Lionel Messi, Erling Haaland, Kylian Mbappe, Kevin de Bruyne, Rodri, Vinicius Junior, dan Julian Alvarez.

Baca Juga

Adapun keberhasilan Lionel Messi meraih Ballon d'Or tahun ini tak lepas dari kesuksesannya mengantarkan Timnas Argentina sebagai juara di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Saat itu, Lionel Messi juga mengemas tujuh gol sepanjang turnamen sehingga dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik di ajang empat tahunan tersebut.

Di sisi lain, meski gelar Ballon d’Or diraih oleh La Pulga, Erling Haaland tidak pulang dengan tangan kosong karena medapatkan penghargaan Gerd Muller Trophy atau striker terbaik.

Kemenangan ini juga berkat kontribusinya membantu Manchester City meraih treble winner, termasuk merebut trofi Liga Champions perdana.

Baca Juga
Lionel MessiNapoliBallon d'OrBola InternasionalVictor Osimhen

Berita Terkini