x

Bedah Formasi AC Milan Tanpa Olivier Giroud, Lini Depan Siap-siap Melempem

Minggu, 12 November 2023 19:09 WIB
Editor: Juni Adi
Ekspresi sedih pemain AC Milan Olivier Giroud saat kalah dari Udinese dengan skor 0-1 pada laga Liga Italia 2023/2024, Minggu (05/11/23), di San Siro (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A) AC Milan harus bernasib sial karena mereka kehilangan Olivier Giroud di lini depan akibat hukuman kartu merah. 

AC Milan kembali meraih hasil kurang memuaskan kala bertandang ke markas Lecce di lanjutan Liga Italia pekan ke-12 di Stadion Comunale Via del Mare, pada Sabtu (11/11/23) malam WIB.

Baca Juga

Rossoneri hanya bisa membawa pulang 1 poin usai bermain imbang 2-2. Padahal mereka mengawali pertandingan dengan sangat bagus karena dominan.

Bahkan AC Milan unggul lebih dahulu sebanyak dua kali  di babak pertama lewat gol Olivier Giroud menit ke-28, lalu digandakan oleh Tijjani Reijnders menit ke-35.

Skor 0-2 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, permainan solid AC Milan tampak kacau.

Alhasil tuan rumah Lecce bisa memperkecil kedudukan melalui gol Nicola Sansone menit ke-66, lalu empat menit berselang mereka menyamakan kedudukan jadi 2-2 lewat gol Lameck Banda menit ke-70.

Baca Juga

Sial bagi AC Milan karena jelang berakhirnya pertandingan menit ke-90+3, penyerang mereka Giroud harus mendapat kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran.

Dengan 10 pemain, AC Milan mampu menahan imbang Lecce 2-2 hingga laga usai. Hasil ini membuat AC Milan kain tertinggal dari persaingan scudetto.

Mereka bertengger di peringkat ke-3 dengan 23 poin, tertinggal 6 angka dari Juventus di puncak dan terpaut 5 angka dari Inter Milan di urutan ke-2.

Pelatih Stefano Pioli harus memutar otak menyusul absenya Giroud. Dia setidaknya akan diskors satu pertandingan Serie A. Namun, striker yang pernah membela Arsenal dan Chelsea itu bisa saja mendapat sanksi lebih berat.

Awalnya Giroud mendapat kartu kuning karena memprotes wasit Rosario Abisso yang tak memberi Milan tendangan bebas menyusul handball Marin Pongracic.

Namun, protes terus berlanjut dan dalam beberapa detik Giroud menerima kartu kuning kedua, sehingga dikeluarkan dari lapangan.

Setiap kartu merah secara otomatis akan mengakibatkan larangan satu pertandingan Serie A, tetapi ia berpotensi dapat hukuman larangan hingga empat pertandingan.

Namun, jika memprotes wasit, pemain berisiko mendapat hukuman lebih berat. Lantas bagaimana formasi AC Milan tanpa Giroud?

Baca Juga

1. Formasi AC Milan Tanpa Giroud

Ekspresi sedih pemain AC Milan Olivier Giroud saat kalah dari Udinese dengan skor 0-1 pada laga Liga Italia 2023/2024, Minggu (05/11/23), di San Siro (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

Formasi 4-2-3-1 masih akan menjadi andalan bagi Stefano Pioli dengan bertumpu satu penyerang tunggal dalam diri Olivier Giroud.

Meski sudah tak muda lagi, tetapi pengalaman dan insting mencetak gol Giroud masih diandalkan sehingga nampaknya sulit ia digeser jika tidak cedera.

Baca Juga

Tetapi Pioli harus mencoba alternatif penyerang lain mengingat Giroud harus absen. Dua sosok yang perlu dicoba adalah Luka Jovic dan Noah Okafor. 

Dari segi pengalaman, Luka Jovic seharusnya layak jadi pilihan Pioli sebab ia sudah mengenal sepak bola Italia sejak musim lalu, ketika memperkuat Fiorentina.

Bersama La Viola ia mampu mencetak 13 gol dan 5 assist dari 50 pertandingan di semua ajang. Namun sayangnya, ketajamannya di AC Milan belum terbukti.

Pemain asal Jerman itu belum mencetak satu pun gol dari 7 pertandingan. Berbanding terbalik dengan Okafor yang sudah membuat 2 gol dari 11 pertandingan Serie A.

Baca Juga

Melihat fakta di atas, tampaknya memainkan Okafor untuk menggantikan Giroud di lini depan cukup tepat di saat sang pemain absen karena kartu merah.

Kemudian di posisi tengah, dengan penambahan satu trequartista membuat barisan gelandang AC Milan bakal menumpuk.

Trio Ruben Loftus-Cheek, Tijjani Reijnders dan Yunus Musah akan jadi andalan Pioli. Ketiga sudah terbukti tangguh dalam menjaga lapangan tengah, saat menumbangkan PSG di Liga Champions tengah pekan ini.

AC Milan menang 2-1 di pertandingan itu. Trio Loftus-Cheek, Reijnders dan Musah mampu meredam agresifitas para pemain bintang PSG seperti Kylian Mbappe, Manuel Ugarte hingga Osmane Dembele.

Baca Juga

Sedangkan di sektor pertahanan, duet Fikayo Tomori dan Malick Thiaw sebagai centre back kemungkinan besar masih jadi pilihan utama. Kemudian Theo Hernandez dan Davide Calabria menempati posisi bek sayap kiri dan kanan.

Keempat pemain tersebut akan jadi tembok kokoh yang bakal membantu Mike Maignan menghalau berbagai serangan ke arah gawang AC Milan.

Potensi Formasi AC Milan Tanpa Olivier Giroud

AC Milan XI (4-3-2-1):

Mike Maignan; Theo Hernandez, Fikayo Tomori, Malick Thiaw, Davide Calabria; Ruben Loftus-Cheek, Yunus Musah, Tijjani Reijnders; Christian Pulisic; Rafael Leao, Noah Okafor.

AC MilanOlivier GiroudLiga Italia

Berita Terkini