x

Bedah Formasi AC Milan Usai Kedatangan Bintang Muda La Liga Arnau Martinez dan Juan Miranda

Sabtu, 18 November 2023 22:27 WIB
Editor: Juni Adi
Olivier Giroud berselebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang Napoli bersama rekan tim Rafael Leao dan Theo Hernandez pada laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia, AC Milan bergerak cepat untuk mengamankan dua bintang muda asal Spanyol, Juan Miranda dan Arnau Martínez.

Bursa transfer di sepak bola Eropa saat ini memang sedang ditutup tetapi sejumlah klub bergerak lebih cepat, agar pemain incarannya tak bisa dibeli oleh klub lain.

Baca Juga

Salag satu pemain yang mulai agresif belakangan ini adalah AC Milan. Klub berjuluk Rossoneri itu ingin mendatangkan pemain baru di sejumlah sektor, salah satunya adalah lini belakang.

Sektor pertahana AC Milan akhir-akhir ini memang sangat rapuh terbukti mereka kesulitan mencari kemenangan, hingga berdampak pada performa mereka di papan klasemen Liga Italia.

Saat ini AC Milan berada di peringkat ke-3 dengan 23 poin tertinggal 7 angka dari Inter Milan di puncak, dan selisih 6 tahun dari Juventus di posisi kedua.

AC Milan juga sudah banyak kebobolan ketimbang dua tim lainnya di tiga besar. Rossoneri sudah ekbobo;an 14 gol, sedangkan Inter baru 6 gol dan Juventus baru kebobolan 7 gol.

Baca Juga

Catatan itu membuat AC Milan ngotot untuk membeli pemain belakang tambahan. Dua nama sudah masuk dalam daftar belanja klub. Dilansir dari TMW, AC Milan sudah punya dua nama yang ingin diboyong.

Mereka adalah bek muda bek kanan Arnau Martinez dan bek kiri Juan Miranda. Miranda, yang kontraknya dengan Real Betis akan berakhir pada Juni mendatang, menjadi target utama untuk mengisi posisi bek kiri,

Sementara itu, Arnau Martinez, yang bermain untuk tim puncak klasemen Girona, menjadi target Milan untuk memperkuat sisi bek kanan mereka. Pemain berusia 22 tahun ini telah menarik minat banyak klub top Eropa.

Lantas bagaimana sektor pertahanan AC Milan musim depan jika kedua bintang muda itu bergabung pada Januari 2024 mendatang? berikut ulasan formasinya.

Baca Juga
 

1. Bedah Formasi AC Milan

Selebrasi Olivier Giroud usai mencetak gol di laga Napoli vs AC Milan. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

Stefano Pioli nampaknya masih akan meracik formasi di AC Milan dengan sistem andalannya 4-2-3-1 dengan bertumpu satu penyerang dalam diri Olivier Giroud.

Empat bek sejajar di lini belakang akan banyak mengalami berpubahan dengan kedatangan Juan Miranda dan Arnau Martinez. 

Baca Juga

Pada pos bek tengah dahulu, dua nama sulit tergantikan yaitu Fikayo Tomori dan Malick Thiaw. Keduanya telah jadi bek tangguh dalam beberapa musim terakhir.

Perubahan akan terjadi di sektor bek sayap kiri yang ditempati oleh Theo Hernandez. Juan Miranda berpeluang jadi pilhan utama, menyusul performa menurun dari mantan pemain Real Madrid itu.

Musim lalu, Theo Hernandez tampil sangat apik di sisi kiri pertahanan AC Milan. Ia kerap menciptakan peluang saat melakukan overlap membantu serangan tim.

Tak jarang juga Theo Hernandez malah mencetak gol. Ketajamannya itu dibuktikan dengan torehan 4 gol dan 5 assist musim lalu di semua kompetisi.

Tetapi musim ini terutama dalam beberapa laga belakangan, ia mulai mengalami inkonsistensi penampilan. Yang lebih mencolok, dia tampak kesulitan dalam mengembangkan peran serangannya seperti biasanya.

Baca Juga

Sedangkan di sisi bek kanan, Arnau Martinez nampaknya harus bekerja ekstra untuk mencuri hati Pioli, guna merebut satu tempat reguler di posisi ini.

Pasalnya, Arnau Martinez harus bersaing dengan Davide Calabria. Sang pemain sulita tergantikan di bek kanan karena performanya cenderung stabil, ditambah lagi ia mengemban ban kapten.

Kemudian di posisi tengah, trio Ruben Loftus-Cheek, Tijjani Reijnders dan Yunus Musah akan jadi andalan Pioli. Ketiga sudah terbukti tangguh dalam menjaga lapangan tengah, saat menumbangkan PSG di Liga Champions beberapa waktu lalu.

AC Milan menang 2-1 di pertandingan itu. Trio Loftus-Cheek, Reijnders dan Musah mampu meredam agresifitas para pemain bintang PSG seperti Kylian Mbappe, Manuel Ugarte hingga Osmane Dembele.

Baca Juga

Sedangkan di lini depan, AC Milan akan mengandalkan satu penyerang dan dua penyerang sayap mereka adalah Rafael Leao, Christian Pulisic dan Olivier Giroud.

Tetapi saat ini ketiganya harus absen karena cedera dan hukuman kartu merah. Sebagai gantinya, pos sayap kiri bisa diisi oleh Noah Okafor dan sayap kanan diisi oleh Samuel Chukwueze.

Berikut Formasi AC Milan Jika Kedatangan Juan Miranda dan Arnau Martinez:

Mike Maignan; Juan Miranda, Fikayo Tomori, Malick Thiaw, Davide Calabria; Ruben Loftus-Cheek, Tijjani Reijnders; Yunus Musah, Rafael Leao, Olivier Giroud, Christian Pulisic.

AC MilanLiga Italia

Berita Terkini