x

Reece James Terlalu Sering Ambruk, 4 Pemain yang Pantas jadi Kapten Utama Chelsea

Senin, 11 Desember 2023 16:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Chelsea dihantui ancaman ditinggal Reece James lagi karena cedera jelang periode sibuk Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 memasuki musim dingin. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Chelsea dihantui ancaman ditinggal Reece James lagi karena cedera jelang periode sibuk Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 memasuki musim dingin.

Pada pertandingan melawan Everton pada Minggu (10/12/23) lalu, sang bek kanan tidak mampu bertahan di lapangan bahkan untuk setengah jam pertama.

Baca Juga

Ia sudah harus ditarik keluar dari permukaan padang Stamford Bridge pada menit ke-37 dan digantikan oleh Levi Colwill karena masalah pada hamstring.

Tentunya ini adalah musibah yang sangat berat bagi Chelsea dan James mengingat sang pemain belum lama ini juga baru pulih dari cedera yang sama yang memaksanya absen selama dua bulan dari Agustus sampai Oktober 2023.

Padahal James baru saja ditunjuk sebagai kapten utama tim musim ini. Sayangnya tubuh pemain 24 tahun itu terlalu sulit untuk fit dan bugar sepanjang waktu sehingga rasanya keputusan Chelsea menjadikannya skipper adalah sebuah kesalahan.

Apabila nanti manajer Mauricio Pochettino selaku manajer hendak mencari pengganti bagi Reece James, maka tampaknya empat pemain ini layak dipertimbangkan untuk diberikan ban lengan.

Baca Juga

1. Conor Gallagher

Chelsea meman masih sulit untuk konsisten di Liga Inggris namun setidaknya tetap ada sejumlah yang bersinar dengan caranya sendiri seperti Conor Gallagher.

Sempat dikritik karena tampil tidak sesuai harapan musim lalu, di 2023/2023 Gallagher mulai menjalani redemption arc-nya sendiri dan telah menyumbang empat assist Liga Inggris.

Tidak ada pemain The Blues yang lebih sering membidani gol ketimbang eks Swansea City dan Crystal Palace tersebut. Sempat dihukum kartu merah kontra Brighton, ia menjadi salah satu pemain yang masih tampil oke melawan Everton.

Saat ini Gallagher sudah menjabat sebagai deputi kedua Reece James untuk posisi kapten namun sepertinya Chelsea pelu memberi promosi pada jebolan akademi mereka yang satu ini juga.

Baca Juga

1. 2. Raheem Sterling

Gelandang sayap Chelsea, Raheem Sterling.

Salah satu kesulitan untuk mencari pengganti yang pas untuk Reece James adalah komposisi skuad Chelsea yang dipenuhi pemain-pemain muda. Hanya ada enam pemain di atas 25 tahun dari 30 pemain di tim inti.

Sangat minim pemain dengan material kapten bahkan James sendiri namun sepertinya Raheem Sterling masih lebih cocok.

Baca Juga

Ia punya pengalaman juara Liga Inggris saat masih bersama Manchester City dan usianya yang sudah menginjak 29 tahun membuatnya lebih senior ketimbang sebagian besar bintang-bintang Chelsea.

Tidak ketinggalan Sterling juga berpaspor Inggris sehingga ia tentunya lebih paham soal kultur klub.

3. Enzo Fernandez

Enzo Fernandes sering dikritik minim kontribusi untuk Chelsea soal gol maupun assist namun itu bukanlan tugas utama sang gelandang Argentina.

Ia adalah pemegang komando di lini tengah yang memimpin lewat permainan maupun tendensi menjadi vokalnya. Itulah kenapa Enzo layak dijadikan skipper.

Baca Juga

Peran tersebut kebetulan sudah beberapa kali dijalankan olehnya. Diharapkan seiring berjalannya waktu Enzo semakin melebur di Chelsea juga semakin lancar berbahasa Inggris.

4. Ben Chilwell

Reece James sebenarnya sudah punya wakil kapten yang cukup ideal yakni Ben Chilwell, salah satu pemain dengan jam terbang tinggi di Liga Inggris sekaligus juga terhitung senior.

Hanya saja sebenarnya sang bek kiri juga agak rentan cedera namun setidaknya ia lebih baik ketimbang James.

Chilwell masih cukup layak menjadi salah satu kapten Chelsea namun baru bermain empat kali di Liga Inggris menunjukkan bawah eks Leicester City ini pun harus menggenjot kebugarannya lebih keras lagi.

Baca Juga
ChelseaBen ChilwellLiga InggrisEnzo FernandezReece JamesConor GallagherIndepth

Berita Terkini