Lena-Leni: Dari Mulung, Ditawari jadi TKW Hingga Raih Medali di Asian Games 2018

Kamis, 6 September 2018 01:09 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rafif Rahedian
© Humas Kemenpora
Atlet Sepak Takraw Indonesia, Lena dan Leni bersama Menpora Imam Nahrawi. Copyright: © Humas Kemenpora
Atlet Sepak Takraw Indonesia, Lena dan Leni bersama Menpora Imam Nahrawi.

INDOSPORT.COM - Cabang olahraga sepak takraw mungkin tidak terkenal seperti bulutangkis ataupun sepak bola bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi, cabor ini mampu mengharumkan nama bangsa seperti yang terjadi di Asian Games 2018.

Bertindak sebagai tuan rumah, sepak takraw mampu mempersembahkan satu medali emas, satu perak dan tiga perunggu. Menariknya, salah satu dari medali perunggu itu disumbangkan oleh dua atlet kembar yakni Lena dan Leni.

Bermain di nomor quadrant, Lena cs mampu melangkah hingga babak semifinal sebelum akhirnya kalah melawan Vietnam dengan skor akhir 1-2. Namun, pencapaian itu lantas melambungkan nama Lena dan Leni.

Pasalnya, selain sebagai atlet kembar, keduanya juga memiliki kisah dan perjalanan hidup yang menginspirasi banyak orang. 

Kedua atlet asal Indramayu, Jawa Barat ini ternyata mengawali karirnya sebagai pemulung. Hal itu terjadi saat mereka masih duduk di bangku sekolah dasar, karena ingin membantu perekonomian keluarga.

Tak hanya itu, Lena bahkan mengakui jika ada yang menawarkan mereka untuk menjadi tenaga kerja wanita (TKW) di luar negeri.

"Ya dulu memang sempat seperti itu (mulung) buat bantu orang tua. Jadi kalau saya pergi harus sama Leni dan pulangnya juga mesti berdua. Kalau gak, pasti dicariin," tuturnya.

"Dulu juga sempat ditawarin jadi TKW," imbuhnya saat berbincang dengan Menpora, Imam Nahrawi, Rabu (05/09/18) di Kantor Kemenpora, Jakarta.

Lebih lanjut, Lena dan Leni bercerita bagaimana awalnya berkenalan dengan sepak takraw. Semua bermula dari keinginannya melanjutkan sekolah ke tingkat SMA.

Namun, karena terkendala biaya, Lena dan Leni pun berkenalan dengan sepak takraw. Awalnya coba-coba dengan alasan melanjutkan pendidikan dan meraih beasiswa, keduanya pun mulai jatuh cinta, bahkan mampu menunjukkan prestasi.

Di sisi lain, komitmen untuk terus mengenyam pendidikan itu pun dibuktikan Lena dan Leni. Keduanya tercatat sebagai alumnus Fakultas Hukum angkatan 2009 Universitas Wiralodra di Indramayu. Keduanya lulus tepat waktu pada 2013. Kini, keduanya telah bekerja di kantor pemerintah di daerah Indramayu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%